Gaya Hidup Milenial, Alokasikan Cashback Untuk Investasi Reksa Dana

Cashback Online Shop

Generasi milenial selalu dekat dengan perkembangan teknologi. Salah satunya memanfaatkan kemudahan berbelanja secara online. Saat berbelanja online, pasti tidak asing dengan istilah cashback.

Apa Itu Cashback?

Cashback adalah penawaran persentase pengembalian, bisa berupa uang atau barang, dengan memenuhi syarat pembelian tertentu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Cashback biasanya dijadikan fitur daya tarik dalam online shop

Saat ini, banyak milenial yang menyukai cashback karena merasa lebih hemat dan uang tersebut bisa digunakan untuk membeli barang lainnya. Padahal uang tersebut bisa dialokasikan sebagai tabungan masa depan.

Reksa Dana Sebagai Investasi Generasi Milenial

Tabungan masa depan ada banyak jenisnya, salah satunya adalah investasi reksa dana. Investasi reksa dana sendiri tidak memerlukan modal besar seperti saham. Yang terpenting, investasi reksa dana itu minim risiko.

Dengan menyisihkan uang cashback sebagai investasi reksa dana, dari setiap transaksi belanja online yang kamu lakukan, kamu sudah mempersiapkan diri untuk masa depan. Investasi reksa dana bisa dimulai dengan modal kecil, yaitu Rp10.000.

Meskipun kamu sama sekali tidak tahu tentang investasi reksa dana, uangmu tetap aman. Karena uang tersebut akan dikelola oleh manajer investasi profesional yang telah diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu tidak mungkin uangmu disalahgunakan. 

Pilih Tujuan

Sebelum kamu menginvestasikan uang cashback di reksa dana, pilih tujuan investasimu. Apakah untuk membeli rumah, modal menikah atau untuk dana pensiun kelak. Karena akan berhubungan dengan jangka waktu investasi.

Jenis-Jenis Reksa Dana

Ada beberapa jenis investasi reksa dana yang perlu kamu tahu:

  1. Reksa Dana Pasar Uang, yaitu seluruhnya ditempatkan di deposito Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Jatuh tempo kurang dari setahun. Relatif lebih aman dari jenis yang lainnya dengan keuntungan sedikit di atas deposito.
  2. Reksa Dana Pendapatan Tetap, yaitu seluruh dana dialokasikan ke obligasi, minimal 80%. Umumnya, return bisa mencapai 10% setiap tahunnya.
  3. Reksa Dana Terproteksi, yaitu menempatkan sebagian dana dalam obligasi yang mampu memberikan perlindungan pada nilai investasi saat jatuh tempo. Jenis ini memiliki perlindungan 100% jika dicairkan sesuai jangka waktu yang telah kamu tentukan.
  4. Reksa Dana Campuran, yaitu mengalokasikan dana pada berbagai instrumen keuangan. Seperti deposito, saham dan obligasi. Returnnya termasuk lebih tinggi dari reksa dana pendapatan tetap.
  5. Reksa Dana Saham, yaitu menempatkan danamu ke saham sekitar 80%. Dengan begitu kamu berpotensi mendapatkan keuntungan besar, paling besar jika dibanding dengan jenis reksa dana yang lain.

Menentukan Jangka Waktu

Melakukan investasi reksa dana dengan uang cashback, tentu tidak ada salahnya. Namun semua investasi memerlukan jangka waktu yang berbeda-beda.

Untuk kurang dari satu tahun, pilih reksa dana pasar uang. Investasi untuk satu sampai tiga tahun, kamu pilih reksa dana pendapatan tetap.

Sementara tiga sampai lima tahun, gunakan reksa dana campuran. Untuk jangka panjang di atas lima tahun, gunakan reksa dana saham.

Kamu masih bisa mencari berbagai informasi lebih lanjut di internet atau menghubungi kami untuk informasi terkait reksa dana, tentang biaya pembelian dan penjualan yang dikenakan. Kamu bisa memulainya dimulai dengan uang cashback juga menyisihkan dari pendapatanmu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait