Teknologi & Investasi Dukung Bisnis Dunia Musik, Idealisme Kreatif Subur

Teknologi & Investasi Dukung Bisnis Dalam Dunia Musik untuk Suburkan Idealisme Kreatif
Teknologi & Investasi Dukung Bisnis Dalam Dunia Musik untuk Suburkan Idealisme Kreatif

Banyak musisi yang pe-de mengelola sendiri karir musik mereka, menghindari manajemen dalam proses membangun tim dan menjemput peluang. Namun perjuangan bisnis dalam dunia musik selalu penuh liku. Banyak musisi yang tadinya independen, akhirnya setengah jalan. Tidak menandatangani kontrak dengan label dan berhasil memasarkan karya lewat platform streaming secara gratis, tapi di tengah jalan kesepakatan periode streamingnya dikurangi oleh si platform streaming.

Ada lagi yang setelah semangat berkarya, bayar ini-itu, dan menata portfolio demi mendaki peluang besar, tiba-tiba ditolak audisi oleh perusahaan label dengan alasan resume belum bagus, padahal belum cek demotape! Namun tetap saja banyak musisi menempuh cara klasik, mem-booking tour sendiri, mengumumkan musiknya, membuat merchandising, belajar dari sesama musisi sepikiran, dan membangun komunitas pendengar yang akan mensupport mereka. 

Pergeseran Peran Teknologi Bagi Bisnis Dalam Dunia Musik

Masa depan industri musik di era industri 4.0 masih menjanjikan. Kemajuan teknologi saat ini memberi peluang besar bagi musisi baru, seperti diungkap para produser musik yang ikut andil dalam diskusi akhir tahun yang digelar Forum Wartawan Hiburan (Forwan) dengan tema “Masa Depan Industri Musik Digital di Era Industri 4.0”. Saat ini lebih mudah dan murah bagi penyanyi dan para produser untuk menyiarkan popularitas dan memantau pendatang baru yang viral di media sosial, untuk dikontrak.

Mitos Idealisme Kreatif Vs Selera Pasar

Tapi konsekuensi dari kemudahan ini adalah potensi kreativitas akhirnya direpresentasikan oleh selera pasar, bukan ide besar kreatif. Kejelian asli dan keberanian produser dalam “menciduk” bakat baru menipis, tergilas saringan selera awam. Tak heran bila saat ini sulit menemukan terobosan kreativitas baru dalam industri musik.  

Musisi vs Pebisnis

Tulisan ini bukan dibuat untuk menyurutkan semangat sukses idealis para musisi berbakat, malah sebaliknya, untuk memastikan ide kreatif besar bisa hidup dan memotori bisnis dalam dunia musik. Ini tips dan triknya:

1. Susun perancanaan matang

2. Sadari bahwa ini tentang penjualan (sales)

Musisi yang ingin memproduseri musiknya sendiri pada dasarnya adalah seorang produser musik. Maka ia haruslah menyadari semua ini tentang sales. Musik memang sebuah bentuk seni –– sebuah instrument yang mematahkan batas bahasa hingga penjuru dunia. Namun, ia juga sebuah hiburan (entertainment).Untuk bisa meneruskan keberseniannya, seorang seniman dan entertainer harus digaji untuk waktu dan upayanya. Seni itu pun harus mampu menerusakan keberadaannya. Musisi idealis harus mau mempelajari, melaksanakan dan menghargai sales. Tanpa sales, ide kreatif musik tak sampai ke telinga audience

3. Networking

4. Kolaborasi dan kemitraan

5. Kelilingi diri dengan para firelighters – pendorong passion

6. Ambil risiko 

7. Optimis 

8. Profesional

9.Update dengan berita industry musik. 

10. Jadilah luar biasa

Semua ini adalah tentang menjadi “terkenang”, bukan cuma terkenal. Karenanya, jadilah keren dan otentik dalam apapun yang dikerjakan. Nggak sulit, asal sungguh mencintai apa yang dikerjakan. 

Inovasi Investasi Back Up Resiko “One Time Success’

“Jangan letakkan semua telur emas dalam satu sarang”. Di luar kepusingan bisnis dalam dunia musik tadi, ada 1 pe-er lagi yaitu mengupayakan keamanan finansial bisnis. Pilih dan susunlah portfolio investasi yang fleksibel untuk mengakomodasi  “twist ‘n turn”-nya kondisi keuangan bisnis dalam dunia musik. Kalau ada “sekoci”, hati lebih tenang, ide lebih kreatif!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait