Bisnis & Kerja Sampingan

Tips dan Contoh Gambar untuk Beriklan Di Facebook Ads

Tips & Contoh Gambar untuk Beriklan Di Facebook Ads

Ajaib.co.id – Memasang iklan di Facebook sekarang menjadi jurus ampuh untuk digital marketing. Hanya saja materi iklan bagi Facebook Ads perlu didukung dengan konten yang menarik misalnya saja gambar. Ada beberapa contoh gambar dan pengaturannya yang terbukti efektif untuk menarik perhatian pengguna Facebook.

Media sosial Facebook bertahan menghadapi berbagau perubahan dan tren dalam dunia digital. Salah satunya dengan terus menghadirkan inovasi yang kekinian. Jika sebelumnya hanya dikenal sebagai media sosial tempat orang bisa menuliskan status dengan bebas maka kini Facebook punya banyak kelebihan lainnya.

Salah satu yang paling diminati sekarang adalah sistem iklan yang bermanfaat untuk bisnis lewat Facebook Ads. Fitur ini dibuat khusus untuk mempromosikan Fan Page yang sudah dibuat salah satunua untuk kepentingan bisnis. Daya jangkaunya yang luas menjadikan fitur ini salah satu layanan iklan online yang paling digemari para pengusaha.

Meski demikian, hasil terbaik ini membutuhkan sejumlah trik tertentu. Misalnya saja dengan menggunakan contoh gambar yang sesuai dengan teks dan berbagai detail lainnya. Kecenderungan pengguna media sosial pada visual menjadi salah satu penggunaan gambar lebih efektif untuk menjual produkmu.

Contoh Gambar dan Komposisi yang Efektif Bagi Facebook Ads

Facebook dan Instagram menjadi dua jenis social media yang paling digemari pelaku bisnis untuk beriklan. Meski demikian, Facebook Ads memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan Instagram. Nyatanya penggunaan iklan di medsos dengan warna ikonik biru semaki masif semakin tahunnya.

Facebook sendiri memiliki pengguna yang sangat banyak di seluruh dunia sehingga sangat cocok untuk beriklan menggunakan Facebook ads. Salah satu keunggulan Facebook Ads yang digarisbawahi adalah format iklannya yang tergolong komplet.

Facebook menyediakan format iklan yang lengkap sesuai dengan kebutuhan promo masa kini. Perusahaan ini menyadari jika iklan yang menarik saat ini tak bisa lepas dari penggunaan cntih gambar yang tepat.

Karena itu, kamu bisa membuat iklan di Facebook dengan menggabungkan unsur gambar, teks dan video sekaligus. Format iklan gambar saat ini memang menjadi pilihan favorit dan mampu menarik perhatian calon-calon konsumen dan tergolong mudah untuk dibuat bahkan oleh pelaku usaha kecil-kecilan.

Selain format iklan teks, foto dan video,Facebook Ads juga menawarkan format carousel ads, slideshow ads, messenger ads, lead ads dan collection ads yang powerful dan kekinian untuk menjaring konsumen-konsumen potensial. Biaya beriklannya juga relatif terjangkau dibandingkan memasang iklan di media sosial lainnya.

Penggunaan digital marketing seperti Facebook ads saat ini makin marak digunakan. Karena lebih hemat biaya dan efisien. Sering tersandung karena beberapa hal seperti contoh gambar yang salah memang menjengkelkan. 

Jika kamu memiliki produk atau jasa, tidak ada salahnya mencoba Facebook ads untuk meningkatkan omzet. Namun ada beberapa syarat yang harus kamu ikuti. Seperti contoh gambar yang tidak sesuai syarat maka kamu tidak akan bisa beriklan. Berikut kebijakan dan contoh gambar yang harus ada dalam iklan atau promo yang kamu buat agar diterima Facebook.

  • Gunakan 20% Teks Gambar Agar Lebih Optimal

Facebook telah mengonfirmasi bahwa gambar dengan teks gambar kurang dari 20% akan lebih optimal. Semakin banyak teks gambar, kemungkinan iklan mu tidak akan ditayangkan oleh pihak Facebook.

Contoh gambar yang mendapat pengecualian adalah sampul album atau sampul buku, kemasan produk, game, poster acara, dan lain sebagainya. Teks gambar adalah teks yang terdapat di gambar iklan kamu. Harap diingar pula bahwa teks gambar tidak termasuk teks di luar gambar.

Berikut Contoh Gambar Untuk Facebook yang dikutip dari situs resmi Facebook

Contoh Teks Gambar Untuk Facebook Ads

No 1 adalah Teks isi 

No 2 adalah gambar iklan atau bisa juga menggunakan mini video

No 3 adalah teks gambar

  • Cek Apakah Terlalu Banyak Teks yang Digunakan

Semakin banyak teks gambar yang ada dalam iklan kamu, maka iklan akan menjangkau lebih sedikit pengguna Facebook . Pihak Facebook sudah menyediakan alat untuk mengecek iklanmu. Dengan fitur tersebut kamu akan dipandu saat hendak mengajukan iklan di Facebook.

Contoh gambar dengan terlalu banyak teks yang dimuat akan mengurangi daya jangkau iklan yang kamu pasang. Karena itu, pastikan kamu cek ulang jumlah teks yang tertera dalam iklanmu. Facebook menyediakan fitur untuk memudahkanmu mengecek ulang iklanmu. Ada baiknya kamu menggunakannya sehingga iklanmu sesuai dengan panduan teks gambar dari Facebook.

  • Hindari Banyak Teks Agar Lebih Optimal

Kamu bisa menggunakan alat yang disediakan Facebook sebagai panduan untuk mengecek tingkat teks dalam gambar iklan mu. Jika sudah kamu akan mendapatkan notifikasi. Gunakan sedikit teks, jangan menutupi gambar dan maksimalkan teks pada teks isi.

Contoh Gambar Dalam Facebook Ads yang Mungkin Ditolak

Kamu bisa menemukan banyak contoh gambar iklan di Facebook di internet. Namun ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk memastikan iklanmu tayang. Misalnya saja sejumlah elemen yang harus dihindari di gambar yang kamu pasang.

Pertama ialah penggunaan logo yang berbasis teks akan dihitung sebagai teks, untuk berjaga-jaga maka hindari logo berbasis teks untuk memperlancar saat hendak beriklan. Kedua, hindari tanda air atau angka, karena keduanya akan dianggap sebagai teks walaupun sifatnya wajib atau sesuai dengan panduan merek.

Terakhir jangan menggunakan angka karena angka akan dikategorikan sebagai teks dan membuat iklanmu tidak optimal. Selain itu. ada sejumlah contoh gambar yang juga dilarang dalam Facebook Ads berkenaan dengan kebijakan pengelola media sosial ini.

Larangan Gambar Iklan Facebook Ads

  • Tidak boleh mengandung unsur seksual, politik dan informasi yang negatif.
  • Tidak boleh mengandung unsur menakutkan atau mengejutkan.
  • Gambar tidak boleh terlalu atau mengacu pada telanjang dan menonjolkan bagian tubuh tertentu yang tidak perlu.
  • Gambar tidak boleh mengandung sesuatu yang tidak memiliki fungsi seperti tombol play button.
  • Tidak boleh menggunakan logo facebook tanpa izin.
  • Tidak boleh menggunakan kode QR.

Larangan Teks Iklan Facebook Ads

Jika kamu ingin diiklankan dengan Facebook ads bagian sponsored story, berikut panduannya:

  • Tidak boleh mengandung info pembayaran atau harga.
  • Tidak boleh menampilkan informasi kontak seperti no telpon, email atau website.
  • Tidak boleh membawa perintah ajakan seperti share atau klik download sekarang, dan sebagainya.

Gambar yang original dengan kualitas yang bagus untuk iklan akan memberikan rasa emosional dan lebih memungkinkan untuk diklik oleh target pasar mu. Hindari manipulasi gambar juga kurangi teks dalam gambar.

Pastikan pula gambar yang kamu sertakan sesuai dengan konteks iklanmu. Misalnya saja gambar kebun dengan sinar matahari untuk promosi les ilmu pengetahuan atau kegiatan berbasis alam.

Tips Gambar yang Digunakan Untuk Facebook Ads

Gambar yang digunakan dalam Facebook harus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan agar iklanmu tayang dan bermanfaat bagi bisnismu. Meski demikian, ada trik lain yang bisa kamu coba agar iklanmu jauh lebih menarik dengan konten gambar yang mendukung.

Facebook sendiri telah memberikan tips mudah yang bisa dilakukan yang bisa diterapkan oleh para pengguna Facebook yang ingin beriklan antara lain:

  • Rasio Aspek

Gunakan rekomendasi rasio aspek untuk setiap penempatan. Penempatan yang berbeda memerlukan rasio aspek gambar dan video yang berbeda. Beda jenis gambar yang digunakan juga membutuhkan rasio aspek yang berbeda. Kamu bisa cek panduan dari Facebook untuk tahu mana rekomendasi terbaik aspek rasio yang kamu butuhkan.

  • Resolusi Gambar

Iklanmu akan jauh lebijh optimal jika kamu menggunakan gambar beresolusi tinggi. Sama seperti aspek rasio, Facebook juga telah menetapkan rekomendasi yang bisa kamu gunakan. Setiap jenis Facebook Ads, baik posisi maupun modelnya, punya rekomendasi yang berbeda.

  • Tunjukkan Merek

Kamu beriklan di Facebook untuk memperkenalkan produkmu dan menggaet lebih banyak konsumen. Karena itu, pastikan ikllan yang kamu pasang menunjukkan merek bisnismu atau produk yang kamu jual. Para pengguna Facebook umumnya scroll halaman berandanya dengan cepat sehingga kamu hanya punya waktu singkat untuk menarik perhatian mereka.

Karena itu, pastikan iklan yang kamu sampaikan efektif dan efisien. Tampilkan apa yang kamu jual, merek, atau logo usahamu untuk menyampaikan pesan secara efisien.

  • Hindari terlalu banyak teks gambar

Kita sudah tahu bahwa iklan dengan terlalu banyak kata tidak akan menarik perhatian konsumen. Namun yang lebih penting lagi, kemungkinan iklanmu tidak akan ditampilkan oleh Facebook apabila mengandung terlalu banyak teks gambar. Jadi cek lagi panduan iklan dari Facebook ya.

  • Fokus pada pesan dalam iklan

Buatlah pesan dalam iklanmu singkat dan terfokus. Jangan buang waktu untukbertele-tele agar pesan iklanmu tersampaikan dengan tepat pada pengguna Facebook. Potong rapat-rapat di sekeliling bagian penting gambar. Untuk menampilkan beberapa gambar, gunakan format carousel.

  • Pratinjau Iklan yang Kamu Buat

Banyak kasus ketika menyusun materi untuk Facebook Ads namun hasilnya tidak sesuai dengan keinginan. Karena itu, untuk menghindari kesalahan ini, pastikan kamu mengambil langkah pratinjau untuk iklan yang kamu buat. Gunakan Hub Materi Iklan untuk melihat tampilan iklan seperti yang akan dilihat pemirsamu di komputer dan ponsel.

Itulah beberapa tips beriklan di Facebook beserta contoh gambar aturan terbaru dari Facebook. Gunakan dan manfaatkan dengan teliti agar iklanmu bisa maksimal menjangkau seluruh target pasar yang kamu inginkan.

Untuk biaya iklan di akun Facebook juga beragam, kamu bisa menyesuaikannya dengan budget yang kamu miliki. Perhatikan juga target audiencemu, jangan sampai kamu salah target, karena iklan yang efektif untuk target audience orang lain belum tentu efektif untuk targetmu.

Yuk mulai memasang iklan di Facebook untuk mendapatkan kemudahan dalam promosi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait