Membuat Surat Lamaran Kerja Menjadi Peluang Bisnis

surat lamaran kerja
surat lamaran kerja

Salah satu usaha tanpa modal, adalah jasa membuat surat lamaran kerja. Bagaimana mengoptimalkan peluang bisnis ini? Simak ulasan berikut ini.

Banyak yang masih ragu-ragu untuk terjun berwisausaha atau berbisnis karena memikirkan masalah modal. Mendengar kata modal, memang identik dengan uang dengan nominal besar. Padahal, sebuah keterampilan juga merupakan modal dalam berbisnis. Bahkan, dengan adanya modal skill, bisa membuat seseorang mampu membuka usaha dengan modal minim, atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Salah satu usaha tanpa modal, adalah jasa membuat surat lamaran kerja. Tentu bukan hal yang asing bagi para pencari kerja dengan dokumen pelengkap yang satu ini. Namun rupanya, dengan kreativitas yang tinggi, hal sederhana seperti membuat surat lamaran pekerjaan pun bisa menjadi peluang usaha.

Potensi Usaha Jasa Membuat surat lamaran kerja dan CV yang Kreatif

Saat ini, kreativitas dalam membuat surat lamaran dan juga CV bisa jadi pertimbangan tersendiri dari sebuah perusahaan. Apalagi, jika perusahaan tersebut berkaitan dengan bisnis kreatif. Dengan surat lamaran kerja yang unik dan menarik, bisa membuat seorang pelamar kerja lebih menonjol. Sehingga bisa memberikan kesan tersendiri bagi pihak perusahaan pada kandidat tersebut.

Siapkan Template Desain

Siapkan beberapa template surat lamaran kerja dan CV yang menarik. Template tersebut bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan setiap ada permintaan. Sehingga bisa lebih mudah dan menghemat waktu jika kemudian ada permintaan untuk membuat surat lamaran kerja lagi.

Pelajari Cara Membuatnya

Tentunya saat kamu menawarkan jasa kepada orang lain, kamu harus memiliki keahlian yang dibutuhkan. Selain membuat desain untuk surat lamaran kerja, kamu juga harus paham cara membuat lamaran kerja yang menarik. Baik dalam Bahasa Indonesia atau dalam Bahasa Inggris. Tentu kamu juga bisa saja menawarkan jasa desainnya saja tergantung permintaan.

Promosikan Jasa Membuat Surat Lamaran Kerja Secara Tepat

Kamu bisa mulai menawarkan jasa membuat lamaran kerja pada orang-orang terdekat yang mau kenal terlebih dahulu. Misalnya pada teman-teman yang belum punya kerja, atau adik kelas yang baru lulus. Selain itu, kamu juga bisa mempromosikan jasa di group whatsapp,

Agar usaha jasa yang kamu buat bisa lebih dikenal luas, tawarkan grup pencari kerja yang ada di facebook atau instagram, juga forum-forum yang menyediakan lowongan pekerjaan. Karena di sanalah pasar tempat para pengguna jasamu yang potensial berada. Jangan sembarangan beriklan dimana saja, karena bisa jadi hanya membuang-buang waktumu saja.

Membuat Website Untuk Para Pencari Kerja

Saat ini sudah cukup banyak website yang menyediakan desain CV yang menarik secara gratis untuk pilihan terbatas. Namun pengunjung harus membayar untuk mendapat template CV yang lebih variatif.

Untuk membuat bisnis ini lebih serius, kamu bisa mulai membuat website-mu sendiri. Selain menawarkan jasa membuat surat lamaran kerja, kamu juga bisa melengkapinya dengan tips-tips terkait membuat CV beserta lamaran yang baik, atau tips menghadapi wawancara dan lain sebagainya.

Kamu bisa juga mengembangkan websitemu sendiri dengan mempelajari website yang sudah ada dan mengembangkannya. Namun tentu saja, memaintain sebuah website memerlukan komitmen tinggi. Sehingga usaha jasa membuat dokumen untuk bekerja ini bisa maju dan berkembang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait