7 Website Gratis untuk Mengembangkan Usaha Online Milikmu

Website gratis
Website gratis

Ajaib.co.id. Sebelum sosial media, orang bergantung pada website untuk mempromosikan bisnisnya secara online. Website menjadi solusi untuk uraian yang detail sekaligus tampilan visual yang memukau. Saat ini juga banyak yang menfaatkan website gratis untuk membantu promosi usahanya.

Awalnya orang harus mengeluarkan dana yang besar untuk memiliki website yang jempolan. Baik menghasilkan tampilan website yang bagus, alamat situs web yang original, sampai mengelola situs tersebut agar mendapatkan hasil terbaik untuk promosinya. Namun cara ini menyulitkan untuk pemula dalam bisnis online karena biaya yang dikeluarkan.

Belakangan mulai muncul layanan hosting murah yang bisa dipakai oleh toko online kecil-kecilan. Selain itu, kini juga tersedia aplikasi website builder sebagai cara membuat website gratis yang mudah tanpa perlu melakukan coding. Fungsinya juga untuk mengubah website menjadi sesuai dengan konsep yang dibutuhkan untuk menarik pembeli.

Keberadaan website gratis ini sekaligus menjadi jawaban bagi pemilik bisnis online pemula sepertimu yang masih berusaha menekan biaya. Kamu tak perlu mengeluarkan dana untuk membangun situs khusus toko online milikmu asalkan telaten membangun dari website gratis yang kini banyak tersedia.

Manfaatkan Website Gratis Untuk Promosi Online yang Optimal

Kini website tidak hanya dimiliki oleh media massa dan perusahaan saja. Para pelaku usaha menengah ke bawah pun bisa memilikinya. Tidak perlu berpikir berapa besar biaya yang akan keluar untuk pembuatan website. Ada website gratis yang tersedia bagi para pelaku usaha.

Bagi pelaku usaha, menjual jasa atau barang dagangan pada zaman sekarang tidak hanya cukup membuka toko secara konvensional. Saat ini perilaku konsumen tengah bergeser ke jagat maya. Agar usahanya bertahan dan semakin berkembang, pelaku usaha dituntut beradaptasi dengan perilaku konsumen.

Membuat website adalah salah satu cara untuk beradaptasi dengan perkembangan dunia digital. Jika hanya mengandalkan toko konvensional, pendapatan hanya akan stagnan atau bahkan bisa menurun, karena pangsa pasarmu terbatas. Sedangkan jika mempunyai website kemungkinan akan datang konsumen baru yang mungkin jauh dari jangkauan tokomu. Mau tidak mau kamu harus membuat website untuk mengembangkan bisnis yang saat ini dijalani.

Jangan khawatir anggaran minim, karena ada cara fasilitas website gratis untuk mengawali usaha di jagat maya. Berikut beberapa referensi yang bisa kamu manfaatkan:

1. WordPress

Referensi pertama adalah WordPress. Membuat website gratis dengan WordPress menjadi salah satu yang paling banyak dipilih di seluruh dunia dengan populasi 24 persen.

Dengan dukungan open-source , kamu dapat memodifikasi pengaturan mulai dari tema, template, widget dan plugins. Di sini juga kamu akan mendapatkan informasi trafik, beserta 3GB ruang penyimpanan dan bandwith unlimited.

2. Blogger

Selanjutnya ada Blogger yang bisa menjadi alternatif selain menggunakan Wordpress. Salah satu website yang bisa kamu gunakan secara gratis dengan menawarkan tampilan antarmuka yang cukup mudah dipahami oleh pemula. Selain itu jika kamu berniat untuk melakukan monetisasi, Blogger sangat cocok karena sangat mudah memasangnya lewat Google Adsense.

3. Wix

Kemudian ada Wix yang sangat memudahkan bagi kamu yang masih pemula dalam dunia website. Kenapa ini mudah? Karena membangun website menggunakan Wix yang perlu kamu lakukan hanya tinggal klik dan drop, semudah membuat tampilan presentasi pada powerpoint. Kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan 500MB dan bandwith 1GB secara Gratis.

 4. Weebly

Situs membuat website gratis keempat adalah Weebly. Ini hampir sama cara menggunakannya seperti Wix, cara membuat website dengan Weebly juga menggunakan cara kustomisasi click-and-drag untuk mengatur layout. Kamu juga bisa mengedit tampilan Weebly langsung dari aplikasi mobile.

5. Tumblr

Tumblr merupakan salah satu situs untuk membuat website gratis yang sangat cocok untuk kalangan anak muda. Tumblr seperti layaknya buku harian, cocok bagi kamu yang senang bercerita di dalam blog pribadi. Situs ini dapat kamu manfaatkan secara gratis, tanpa ada opsi premium. Yang paling menyenangkan, kamu akan memiliki hosting dan bandwith unlimited.

6. Squarespace

Bagi kamu yang suka ngeblog, Squarespace mungkin bukanlah website gratis terbaik. Namun Squarespace lebih diperuntukkan untukmu yang hendak presentasi lewat website ke klien. Website ini memberikan kemudahan dalam mengelola konten seperti tulisan dan video tanpa kemampuan coding. Kamu akan mendapatkan dua buah halaman website saja dengan batasan 500 pengunjung saja.

7. Yola

Kemudian yang terakhir ada Yola. Website ini akan memberikanmu pilihan untuk membuat lima website secara gratis. Yola sangat cocok digunakan untukmu yang memulai bisnis online. Yola juga menyediakan hosting dengan kapasitas penyimpanan 1GB, website statis, serta bebas banner dan pop-up iklan.

Dari ketujuh referensi tersebut manakah yang membuat tertarik dan sesuai dengan tujuanmu? Semoga kamu bisa memanfaatkan salah satu dari website gratis ini. Jadi buat kamu yang baru memulai usaha dan ingin mengembangkannya secara online dengan anggaran terbatas, ketujuh situs buat website gratis itu bisa menjadi solusi.

Beradaptasilah dengan perkembangan zaman, agar dapat mempertahankan usahamu tetap stabil, dan bahkan bisa jadi penjualannya semakin meningkat. Internet adalah penghubung terbaik antara konsumen dan penjual untuk zaman sekarang.

Jika mampu memaksimalkannya, bisa mendatangkan pelanggan baru produk atau jasa yang kamu jual. Bahkan bisa jadi mendapatkan pengunjung dari luar kota maupun luar negeri yang tertarik pada produk atau jasa yang kamu miliki. Tidak ada salahnya mencoba website gratis.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait