Bisnis & Kerja Sampingan

Contoh Blog Marketing untuk Menarik Pengunjung

contoh blog marketing

Ajaib.co.id – Digital marketing sekarang menjadi sistem terbaik untuk menarik konsumen di era serba internet ini. Terbukti sejumlah contoh blog maupun sosial media yang lebih efisien dalam promosi dibandingkan di media cetak atau elektronik. Namun, dibandingkan format lainnya, blog memang memiliki kelebihan tersendiri.

Blog baru booming pada akhir tahun 1997 yang murujuk pada istilah weblog. Istilah ini dipakai oleh Jon Barger untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Orang yang memiliki blog menjadikan laman digital ini sebagai sarana untuk mengasah kemampuan menulisnya. Bukan hanya tulisan, dalam perkemabngannya kemudian banyak yang menjadikan blog wadah untuk memampilkan karya lainnya termasuk multimedia. Pembuat blog yang kemudian disebut dengan blogger jumlahnya semakin bertambah dengan minatnya masing-masing.

Saat ini menjadi blogger juga sangat mudah karena cara membuat laman digital ini semakin praktis. Berbeda pada awal kelahirannya di mana hanya kalangan terbatas yang bisa menjadi blogger. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Contoh Blog Marketing Yang Efisien dan Efektif Untuk Digital Marketing

Jika pada awalnya pembuat blog ditujukan untuk menjadi laman pribadi namun sekarang fungsinya sudah semakin luas. Banyak yang memulai blog hanya sekedar untuk berbagai konten pribadi namun ternyata sekarang peminatnya semakin banyak. Hal ini menjadikan nilai jual dari sebuah blog bertambah.

Karena itu kemudian banyak contoh blog yang dijadikan ajang promosi digital. Pada akhirnya, ini menjadi kesempatan untuk mendapatkan uang bagi pemilik blog tersebut. Salah satu blogger ternama dari luar negeri misalnya saja Perez Hilton yang berhasil dikenal sebagai salah satu content creator ternama dan merambah berbagai platform lainnya. Contoh blog miliknya berisikan gosip artis Hollywood terkini dari sudut pandang yang menarik.

Peluang untuk menambah penghasilan inilah yang kemudian menghadirkan banyak blogger pemula. Karena itu, sekarang semakin banyak blog tersedia dengan berbagai tema yang menarik. Pembacanya juga semakin banyak yang menjadikan blog menjadi platform yang cocok untuk promosi secara online.

Bahkan bisa dikatakan pangsa pasarnya lebih luas dan promosi yang dilakukan bisa mendetail. Meskipun saat ini Youtube dan sosial media lainnya semakin populer sebagai sarana promosi digital namun eksistensi blog tetap bertahan dengan peminatnya sendiri. Kelebihannya memang pembaca diberikan kesempatan lebih banyak untuk memahami produk atau tema yang dibahas lewat tulisan yang detail dan komprhensif.

Untuk mencari blog yang diinginkan juga mudah cukup dengan mengetikkan kata kunci saja. Hal yang kemudian menjadi cikal bakal artikel SEO based yang menjadi jurus pamungkas marketing kekinian. Efektifitas blog sebagai sarana marketing juga disadari benar oleh banyak pelaku usaha.

Pada era digital, banyak orang yang ingin mengetahui contoh blogmarketing yang menarik. Hal itu disebabkan banyaknya orang yang tertarik memasarkan produknya melalui sebuah blog.

Sebuah usaha memerlukan strategi marketing agar dapat berhasil. Tapi, di zaman digital ini, strategi marketing seperti apa yang baik untuk sebuah usaha? Jawabannya adalah blog marketing. Saat ini, memasarkan produk menggunakan blog telah menjadi strategi yang bagus untuk usaha apapun. Terutama bisnis online.

Supaya strategi pemasaran dengan blog berjalan maksimal, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Di bawah ini ada 5 hal yang perlu diperhatikan supaya blog marketing kamu menarik untuk dikunjungi dan dibaca.

1. Buatlah Konten Blog Yang Bermacam-macam 

Kamu perlu membuat konten blog yang bermacam-macam agar traffic mengalami peningkatan. Bikinlah beragam jenis tulisan, seperti misalnya “bagaimana caranya,” “daftar,” artikel hingga “fitur,” artikel yang memiliki bobot nilai.

Sangat penting untuk menulis berbagai macam tulisan, sebab para pembaca cenderung mempunyai perbedaan ketika membagikan konten-konten dalam waktu yang berbeda. Adanya berbagai macam artikel, sangat penting untuk perkembangan blog.

2. Update Berbagai Hal kekinian 

Kamu tentu saja tidak ingin menulis postingan yang cenderung kuno dan membosankan. Karena hal itu tidak akan menarik banyaknya pembaca. Apabila kamu berniat menarik pembaca sebanyak mungkin, maka perlu menulis topik yang viral dan banyak diminati.

Namun jangan karena ada sebuah topik yang viral, kemudian kamu dapat memposting tulisan apapun tanpa disaring. Pikirkan bagaimana supaya topik itu dapat berhubungan dengan produk atau usaha yang sedang kamu bangun. Update kekinian merupakan hal wajib sebagaicontoh blogmarketing yang menarik.

3. Buatlah Judul Yang Menarik

Judul mempunyai peran yang sangat penting dalam blog marketing, sebab seringkali menentukan dibaca atau tidaknya blog tersebut. Semisal artikel tersebut berkualitas, tapi judulnya tidak cukup memiliki daya tarik, maka isi artikel menjadi sia-sia. Contoh blog marketing yang bagus adalah memiliki judul yang menarik untuk dapat menarik minat orang agar membacanya.

4. Manfaatkan Gambar, Video, Dan Infografis

Apabila dalam sebuah blog terdapat berbagai macam konten visual, maka akan menambah daya tarik. Sehingga bakal mendorong pembaca untuk membagikan konten tersebut. Karena sebagian warganet ada yang tertarik dengan gambar, video, atau infografis saja.

Adanya berbagai macam konten visual akan mengakomodasi pengunjung blog yang mempunyai berbagai macam selera. Ingat, 3 hal di atas sangat menunjang blogmarketing yang menarik.

5. Kenali Pengunjung Blog Kamu

Untuk menentukan topik sebuah artikel, maka kamu perlu meneliti pengunjung blog. Manfaatkan Google Analytics dalam hal ini. Dengan Google Analytics, kamu dapat mengetahui usia, jenis kelamin, dan ketertarikan dari para pembaca blog.

Informasi tersebut akan sangat membantu menentukan artikel jenis apa yang cocok untuk ditulis dalam blog kamu. Jika sebagian besar pengunjung blog adalah perempuan usia 40-50 tahun, maka tidak mungkin kamu menulis artikel sepakbola.

Perlu kecermatan untuk membaca permasalahan, kebutuhan, atau ketertarikan para pembaca blog kamu. Jika kamu telah menemukannya, maka artikel –artikel dalam kontenmu telah sempurna dan bermanfaat untuk pembaca. Ketika pengunjung blog telah kamu kenali, maka kamu telah menyelesaikan tahapan akhir dari blog marketing kamu untuk menarik pengunjung.

Blog yang Harus Dibaca Untuk Dapat Inspirasi Digital Marketing

Membuat blog untuk kebutuhan promosi memang tidak mudah. Ada trik tersendiri yang harus diterapkan sebagaimana poin yang telah disampaikan sebelumnya. Kamu bisa mulai melakukannya dengan mencari inspirasi dari contoh blog yang sudah ada.

Jika kamu sedang mencari daftar yang baik untuk memulai, berikut adalah 10 contoh blog pemasaran yang harus dibaca oleh setiap marketer antara lain:

Marketing Land dan Search Engnie Land

Marketing Land adalah blog pemasaran sebagai sumber terpercaya berita terbaru dalam pemasaran online. Meliputi berbagai topik, dari SEO dan pemasaran konten hingga platform periklanan terbaru, Marketing Land bekerja dengan sejumlah kontributor tamu yang berbeda dan ahli materi pelajaran untuk menyediakan artikel ringkas tentang yang terbaru di dunia pemasaran. Search Engine Land, publikasi dari perusahaan yang sama, membahas masalah SEO, pemasaran konten, dan pencarian berbayar secara spesifik .      

Blog Google “Inside AdWords”

Jika strategi kamu melibatkan asosiasi apa pun dengan Google, ada baiknya berlangganan blog Inside AdWords . Sebagai permulaan, ini adalah di mana sebagian besar pembaruan dan perkembangan baru terkait dengan iklan PPC Google yang baru dirilis. 

Tetapi bahkan jika kamu tidak menggunakan iklan berbayar, ini adalah sumber informasi yang berharga. Misalnya, banyak alat AdWords dapat digunakan untuk kampanye SEO organik juga, dan Google sering menerbitkan poin berita dan data utama di sini, yang dapat kamu gunakan di hampir semua jenis kampanye pemasaran. 

Moz Blog

Jika kamu tertarik dengan SEO, Moz Blog mungkin merupakan sumber informasi terbaik di internet. Moz memiliki beberapa kontributor reguler, termasuk CEO Rand Fishkin, yang membuat “Friday Whiteboard” atau “papan tulis Jumat” untuk menjelaskan topik SEO yang kompleks dalam istilah sederhana. Moz juga meliput berita, serta strategi dan studi kasus, tetapi nilai sebenarnya ada di kedalaman artikel yang ditawarkan. Kamu akan menemukan penelitian asli, bahan visual, dan diskusi yang lumrah di sini.

Social Media Today

Social Media Today mungkin sumber informasi daring terbaik yang terkait dengan berita media sosial. Memperbarui secara konstan, situs web ini menawarkan pembaruan terbaik dan terbaru tentang dunia media sosial, dari laporan baru tentang perilaku pengguna sosial, hingga algoritma umpan berita baru pada platform favorit kamu. Jika kamu mencari peluang strategis baru untuk kampanye sosial kamu, ini adalah tempat yang baik untuk memulai brainstorming

Social Media Exmainer

Dimana Social Media Today adalah tentang berita dan informasi terbaru tentang media sosial, Social Media Exmainer lebih tentang sisi pemasaran praktis media sosial. Ini juga mencakup berita, tetapi tidak secepat kilat, karena penulisnya lebih suka menggali lebih dalam tentang bagaimana item baru dan pembaruan dapat digunakan untuk strategi pemasaran. Ini adalah suatu keharusan-baca jika kamu ingin menyimpan strategi sosial kamu secara up to date.      

eMarketer

eMarketer adalah sumber berita pemasaran yang lebih umum di bidang Marketing Landtetapi lebih condong ke konten berbasis data, seperti studi kasus atau riset pasar. Jika kamu mencari lebih banyak informasi demografis, seperti penggunaan ponsel di pasar target kamu, ini adalah tempat yang bagus untuk berkonsultasi.   

Copyblogger

Seperti namanya, Copyblogger adalah sumber berita khusus yang berfokus pada perencanaan strategis dan eksekusi strategi blogging. Menjalankan keseluruhan pemasaran konten, Copyblogger sesekali menggali topik seperti distribusi konten dan strategi periferal seperti SEO, tetapi sebagian besar artikelnya berfokus pada pembuatan blog dan mempromosikannya. Ini adalah tempat yang bagus untuk membaca tren terbaru dalam blogging, dan ada banyak suara untuk dipilih.   

Content Marketing Institute

Meskipun pasti ada tumpang tindih antara pemasaran konten dan SEO (seperti dua sisi dari koin yang sama), namun Content Marketing Institute bagaikan otoritas tertinggi dalam pemasaran konten dengan cara Moz (sebagai otoritas tertinggi pada SEO). Di sini, kamu akan menemukan strategi yang bermanfaat, informasi tentang tren, pembaruan berita dari merek-merek besar dan bahkan studi kasus berskala luas tentang bagaimana pemasaran konten berkembang. Tidak mengherankan, Content Marketing Institute menganggap serius konten yang mereka terbitkan, dan sulit untuk menelusuri situs tanpa mendapatkan setidaknya satu kunci utama.   

Quick Sprout

Quick Sprout tidak menghasilkan berita yang cepat secara berkala, atau memperbarui cara beberapa konten yang pernah dibahas, jadi itu bukan sumber untuk berkonsultasi jika kamu hanya mencari informasi terbaru tentang jadwal. Alih-alih, blognya sangat rinci, menawarkan posting seukuran ebook yang akan membawa kamu langkah demi langkah melalui beberapa taktik dan strategi pemasaran yang cukup rumit. Ini adalah sumber pembelajaran yang sangat baik, untuk pemasar baru dan lama, pada topik apa pun yang berkaitan dengan pemasaran online. 

Hubspot

Hubspot blog adalah sumber daya fantastis lain yang mencakup berbagai topik yang berkaitan dengan pemasaran online. Kamu akan menemukan perpaduan yang bagus dari berbagai topik di sini, mulai dari laporan penelitian mendalam hingga rekap berita terbaru di berbagai bidang pemasaran online.

Intinya adalah untuk tetap terhubung ke area yang paling penting untuk pengembangan online merek kamu, dan membacanya secara teratur. Blog apa yang akan kamu tambahkan ke daftar ini untuk bahan refrensimu? 

Artikel Terkait