Pengaruh Blogger Indonesia dalam Arah Tren Bisnis Nasional

blogger indonesia
blogger indonesia

Saat seorang pengusaha butuh ide, ia bertanya ke konsultan bisnis. Saat masyarakat kehabisan ide bisnis, mereka dapat inspirasi dari para Blogger Indonesia. Dewasa ini, dunia blogging benar-benar mencuri pandangan dari banyak pelaku bisnis. Tidak jarang orang membuka blog atau berkunjung ke blog untuk mengetahui informasi tren hari ini, termasuk juga tren bisnis.

Siapakah Para Blogger Indonesia?

Mereka adalah pemikir-pemikir kreatif yang memaksimalkan Blog untuk personal branding, bisnis dan sumber income utama. Membangun sebuah blog pribadi maupun bisnis tidaklah ringan. Butuh konsistensi tinggi dan waktu yang lama.

Sekarang ini, banyak selebriti yang mulai dari blog, sebut saja Raditya Dika, Iwan Banaran, Mas Sugeng, hingga Bena Kribo. Biasanya,dalam menulis artikelnya, blogger-blogger terkenal ini memiliki gaya bahasa sendiri untuk diterapkan dalam blog miliknya.

Contohnya Raditya Dika, dalam blog-nya, dia kerap kali membagikan keresahan hidupnya yang dikemas dengan sejenaka mungkin. Namun jangan salah, dibalik kejenakaan itu, Raditya Dika biasanya menyelipkan nilai-nilai kehidupan yang menjadi salah satu alasan Raditya Dika menjadi salah satu blogger Indonesia terfavorit saat ini.

Passion Bisnis Blogger Indonesia

Jangan tanya berapa banyak Blog yang sudah dimaksimalkan untuk mendongkrak bisnis produk maupun jasa. Menjamur! Yang susah adalah mencari para Blogger yang mengkhususkan diri untuk mengulas tentang kiat bisnis itu sendiri! Bukan sekedar me-list jenis bisnis yang bakal jadi tren tahun ini ya, tapi mengulas “ceruk-ceruk terdalam dan puncak-puncak tertinggi” tiap jenis bisnis! Tiap jenis bisnis punya lika-liku berbeda.

Meskipun buku-buku bisnis paling suka menggeneralisir, kenyataan di lapangan sering berbeda jauh. Mungkin hanya pengalaman first hand yang bisa mengulas secara faktual. Mungkin karena para pebisnis terlalu sibuk untuk menulis, atau enggan berbagi insight karena alasan tertentu, atau mungkin para Blogger Indonesia memang nggak mood aja ngebahas bisnis.

Ide Bisnis vs Ide Suka-Suka

Kalau visitors cermati isi blog Blogger Indonesia, lebih dari 50% topiknya berkutat di sekitar pengalaman dan pengamatan pribadi terhadap fenomena masyarakat yang lucu-lucu, seru-seru, kreatif, inspiring, entertaining.

Mungkin topik-topik tersebut mudah menerbitkan passion dan kebahagiaan menulis, bagaikan Secret Garden-nya Alice in Wonderland! Sementara mungkin topik bisnis terasa rumit, “kering” dan “tandus” seperti Operasi Gurun Pasir. Sejauh ini, hanya Pandu Anim, Raditya Dika, dan Maxmanroe yang lumayan sering nyentil dan mengulas masalah bisnis serta wawasan keuangan.

Situasi Ekonomi Bangsa

Sebelumnya, mari luangkan waktu sejenak untuk mengamati nasib ekonomi negri tercinta ini. Jumlah wirausaha Indonesia baru 3,1% dari total jumlah penduduknya. Semoga itu belum termasuk ledakan startup Indonesia yang tahun ini menduduki posisi ke-5 setelah Amerika Serikat, India, Inggris, dan Kanada.

Sementara untuk bisa mencapai kestabilan ekonomi seperti negara maju, jumlah wirausaha seharusnya berada di kisaran 14% dari total jumlah penduduk. Bukankah ini momennya kaum Milenial untuk mendapatkan segudang sharing, pembinaan dan coaching di bidang bisnis?

Bagaimanapun sexy-nya cita-cita menjadi selebriti, youtuber, hingga super star sekalipun, businessman/businesswoman adalah the real superhero yang mengangkat negara dari lembah hutang dan kemiskinan.

Ide Bisnis = Life Guard

Menemukan ide bisnis bagus tidak mudah. Apalagi membuktikannya. Tapi ada kan bukti suksesnya? Lagi-lagi Gojek, Bukalapak, dan Tokopedia harum namanya. Gimana nggak, mereka sudah terbukti menjadi life-guard ekonomi bangsa dengan membuka lapangan kerja skala raksasa hingga ke negri tetangga.

Masa Indonesia berhenti sampai di situ aja? Kaum Milenial dianugerahi kucuran ide kreatif dilengkapi optimisme jawara. Jika semua menyadari peran heroik wirausaha, semoga minimum mau menyelami khasanah bisnis Indonesia, mengamati, menganalisa, dan mengambil pembelajaran, mengulas dan mengunggahnya di Blog, sebagai bahan sharing dan inspirasi masyarakat. Lebih keren lagi jika pentolan bisnis Indonesia pun sukarela ikut menyumbangkan ide dan coaching-nya.

Potensi Blogger Indonesia Menyelamatkan Bangsa

Semoga para Blogger Indonesia tergerak jadi ksatria pembela ekonomi bangsa dengan mengulas lebih banyak lagi ide segar, realitas dan lika-liku bisnis, untuk “membangunkan” kegarangan founder-founder startup Indonesia. Benih (seeds) kemajuan ekonomi tanah air ada di ketak-ketik mereka!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait