Ide Bisnis Menguntungkan untuk Ibu Rumah Tangga

Ide bisnis menguntungkan bisa direalisasikan oleh siapa saja termasuk kamu yang menjadi ibu rumah tangga. Memiliki kewajiban utama untuk merawat rumah dan keluarga tidak lantas membuatmu kehilangan kesempatan untuk mulai berbisnis.

Sebagai ibu rumah tangga, kamu bisa mulai mengembangkan ide bisnis rumahan dan membantu perekonomian keluarga. Lalu, apa saja usaha rumahan yang bisa dimulai ibu rumah tangga? Berikut inspirasi!

Manfaatkan Mesin Cuci dengan Membuka Bisnis Laundry

Jika kamu baru pertama kali ingin memulai sebuah bisnis, cobalah menekuni usaha yang tidak jauh dari tugas utama sebagai ibu rumah tangga. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mengelola bisnis dan membagi waktu dengan tanggung jawab.

Kamu tentu tidak bisa lepas dari pekerjaan-pekerjaan rumah seperti mencuci baju atau membersihkan rumah. Memulai bisnis dari kegiatan yang tidak jauh dari rutinitas adalah ide yang brilian.

Manfaatkan mesin cuci di rumah untuk membuka bisnis laundry. Selain untuk mencuci pakaian keluarga, manfaatkan mesin cuci ini untuk menghasilkan tambahan dari layanan laundry.

kamu bisa mulai menawarkan jasa laundry untuk tetangga-tetangga di sekitar. Tawarkan terutama kepada pasangan yang sama-sama bekerja. Karena kesibukan kerja, biasanya pasangan ini kekurangan waktu dan tenaga untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Jasa mencuci pakaian tentu akan sangat membantu mereka.

Kelebihan dari bisnis laundry adalah kamu tidak perlu memulainya dengan modal yang besar. Hal itu karena karena peralatan rumah tangga yang sudah dimiliki bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha ini. Kamu bisa mengembangkan bisnis laundry dengan menawarkan tidak hanya jasa mencuci pakaian tetapi juga sepatu, boneka, karpet, dan barang-barang lain yang sulit dicuci sendiri.

Hobi Memasak? Cobalah Membuat Bisnis Catering

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Oleh karena itu, ide bisnis makanan akan selalu menguntungkan. Usaha catering adalah salah satunya.

Apakah kamu sangat suka memasak? Lebih dalam lagi, apakah kamu ahli dalam hal memasak? Jika demikian, ide bisnis ini paling tepat untukmu. Bisnis ini bisa menjadi cara untuk mendapatkan penghasilan lewat hal yang disenangi dan dikuasai.

Bisnis catering bisa dimulai dari skala yang kecil. Misalnya, kamu menawarkan diri untuk membuat tumpeng pada saat perayaan 17 Agustus di RT. Dari situ, para tetangga bisa mengetahui cita rasa masakan yang kamu buat.

Bisnis ini juga bisa dimulai dengan menawarkan jasa catering harian untuk orang-orang yang tidak sempat memasak. Bisnis catering harian menyasar para mahasiswa atau orang kantoran yang sibuk bekerja. Kamu bisa menjamin kesehatan dan juga kebersihan makanan untuk para pelanggan super sibuk ini.

Berbisnis Dropship Tidak Memerlukan Banyak Ruangan

Mau menjalankan ide bisnis online tapi tidak memiliki banyak ruang untuk menyimpan stok produk? Bisnis dropship jawabannya. Selain tidak memerlukan banyak ruangan, bisnis ini juga tidak memerlukan modal uang.

Pada dasarnya, kamu tidak perlu memiliki sebuah produk untuk dijual. Siapkanlah ponsel pintar, koneksi internet, dan juga foto-foto produk yang dijual oleh supplier. kamu hanya perlu memasarkan produk miliki supplier dengan memasang foto-foto produk tersebut di media sosial dan juga marketplace.

Jika ada pelanggan yang mau membeli barang, kamu akan memesan produk tersebut ke supplier. Selanjutnya, supplier akan mengirimkan barang ke pelanggan atas nama toko online-mu. Keuntungan bisnis ini dihitung dari selisih harga jual supplier dengan harga jualmu.

Mengajar Les Privat

Membuka tempat les privat di rumah bisa menjadi salah satu ide bisnis sampingan menguntungkan untuk ibu rumah tangga. Jika kamu memiliki keahlian dalam mata pelajaran sekolah, tawarkan jasa les privat untuk anak-anak di sekitar rumah.

Anak-anak membutuhkan bimbingan guru privat untuk ulangan, ujian akhir semester, ujian nasional, maupun ujian masuk perguruan tinggi. Kamu bisa memanfaatkan ruang tamu atau garasi mobil untuk disulap menjadi ruang belajar bersama anak-anak.

Tidak hanya tentang pelajaran sekolah, mengajar keterampilan alat musik, bahasa asing, atau dance juga bisa menghasilkan. Keahlian khusus dalam bidang-bidang tersebut bisa membantu kamu menghasilkan uang.

Jasa Menjahit Pakaian dan Les Menjahit

Selain makanan, pakaian juga merupakan kebutuhan pokok manusia. Karena itulah, jasa menjahit pakaian akan selalu dibutuhkan. Kamu bisa membuka jasa menjahit pakaian ini di rumah tanpa perlu menyewa tempat.

Tetangga juga tentu akan senang karena tidak kesulitan dan jauh-jauh mencari penjahit untuk memperbaiki pakaian yang rusak. Jika memiliki kain, mereka bisa membuat pakaian sesuai model yang mereka inginkan dengan bantuanmu.

Di samping itu, keahlian menjahit ini bisa dimanfaatkan untuk mendapat keuntungan dengan cara yang berbeda. Bukalah kelas untuk les menjahit di rumah. Kamu akan terkejut melihat banyak orang yang mau belajar menjahit dan membuat pakaiannya sendiri.

Kelas menjahit ini bisa dilakukan setiap akhir minggu. Dengan begitu, orang-orang yang bekerja juga bisa ikut belajar menjahit. Tidak hanya orang dewasa, kelas menjahit juga bisa dibuka untuk anak-anak yang masih pemula.

Menyewakan Kamar Untuk Indekos

Jika kamu memiliki kamar kosong di rumah, sewakanlah kamar tersebut untuk indekos. Hal ini akan semakin menguntungkan apabila rumahmu dekat dengan kampus atau wilayah perkantoran. Akan ada banyak orang membutuhkan kamar untuk tinggal.

Lengkapi kamar tersebut dengan kasur, lemari, dan meja belajar. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu membeli atau membawa perabotan terlalu banyak. Kamu juga bisa menambahkan perabotan lain seperti AC dan juga TV di kamar tersebut jika memiliki budget yang cukup.

Bisnis indekos akan sangat menguntungkan. Kamu bisa mendapatkan passive income setiap bulan tanpa harus berusaha sangat keras. Namun, perawatan terhadap kamar yang disewakan juga perlu diperhatikan. Perbaikilah kerusakan yang ada agar kamar bisa tetap laku disewa.

Itulah beberapa ide bisnis menguntungkan yang bisa dicoba oleh ibu rumah tangga. Sebelum memulai bisnis ini, kamu harus jeli melihat peluang-peluang, mencari modal usaha, dan menentukan strategi marketingmu. Selamat berbisnis!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait