Apakah Hobi Kamu Bisa Menghasilkan Uang?

Apakah Hobi Kamu Bisa Menghasilkan Uang?

Pundi-pundi rupiah bisa didapatkan dari mana saja, tak terkecuali dari hobi atau bakat yang kamu miliki saat ini. Hobi bermanfaat juga loh, untuk mencari peluang! Oleh karena itu, bersyukurlah bagi kamu yang diberikan talenta dari Sang Pencipta.

Di mana talenta tersebut harus terus diasah dan dilatih, agar bisa menjadi hobi bermanfaat baik bagi diri sendiri atau orang lain. Saat ini kita telah memasuki era industri kreatif dimana, mau tidak mau kita harus mengikuti tren yang berkembang di masyarakat.

Salah satu peluang yang paling besar adalah mendapatkan uang dari hobi kamu, menarik bukan? Pada industri kreatif seperti sekarang, kamu dituntut harus memiliki kreatifitas dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Sebut saja memanfaatkan laptop, smartphone, internet, dan lain sebagainya yang biasanya menemani hari-hari kamu ketika beraktivitas. Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari hobi kamu tersebut? Memang bisa hobi dijadikan pekerjaan? Daripada tambah penasaran langsung saja yuk, simak artikel berikut ini!

Benarkah Hobi Bisa Menghasilkan Uang?

Jika ada yang bertanya, apakah hobi bermanfaat dan bisa menghasilkan uang? Jawabanya bisa iya dan bisa tidak, itu tergantung dari diri kamu sendiri. Mengapa? Tidak semua orang yang pandai dalam menawarkan bakat sekaligus hobi, ke masyarakat luas.

Namun, berkat kemajuan teknologi seperti sosial media dan situs-situs kerja freelance. Kamu bisa dengan mudah menunjukkan portofolio kamu disana, jika ada yang tertarik dengan portofolio kamu.

Mungkin saja kamu akan ditawarkan untuk mengerjakan project. Yang mana itu berarti, kamu bisa menghasilkan uang dari hobi dan bakat kamu tersebut.

a. Hobi Menulis

Jika kamu memiliki bakat dan pandai dalam merangkai kata menjadi sebuah kalimat yang indah, hati-hati! Kamu bisa dilirik oleh agensi-agensi untuk mengerjakan tugas sebagai content writer. Dimana kamu bisa dibayar sebesar Rp200.000.

Kamu bisa memulai dengan menekuni hobi membuat konten dan memajangnya di situs pribadi. Dengan memasang google adsense di situsmu, juga dapat menghasilkan uang dari internet.

b. Hobi Bermain Game

Bagi kamu yang mengaku gamers sejati dan suka menghabiskan waktu kamu, berjam-jam di depan layar gadget. Kamu bisa mencoba mendaftarkan diri kamu ke berbagai ajang kompetisi game, jika menang kamu akan mendapatkan uang yang lumayan.

Kamu juga bisa mendaftarkan diri sebagai game tester ke perusahaan game developer. Kamu akan mendapat bayaran dari hasil mengetes game yang sedang mereka produksi, menarik bukan?

Cara menghasilkan uang lainnya, kamu juga bisa berkarir di perusahaan pengembang game dan tergabung dalam divisi R&D dan menjadi seorang pro player.

c. Hobi Membuat Karya Seni

Karya seni yang baik merupakan gabungan dari dua hal, yaitu kreatifitas dan imajinasi dari tangan-tangan handal seniman. Jika kamu merasa hebat dan memiliki hobi dalam membuat karya seni. Ini menjadi peluang hobi yang menghasilkan uang. Di mana, kamu bisa menawarkan bakat dan hasil karya seni kamu ke berbagai kolektor pecinta seni.

d. Hobi Bermusik

Musik dianggap bisa mengubah dunia seseorang, apakah itu benar? Tentu saja benar, buktinya saja ada seniman jalanan yang hobi bermusik, mendapatkan kesempatan untuk rekaman di studio label musik. Bahkan mereka dikontrak secara profesional.

Jika kamu hobi bermusik, kamu bisa mengisi waktu luang kamu dengan bermain musik pada berbagai acara. Diantaranya pernikahan, pentas seni, ataupun di tempat-tempat nongkrong anak muda. Hobi yang satu ini menjadi hal yang positif untuk dilakukan. Selain menyalurkan hobi, kamu bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari hobi bermusik kamu tersebut.

e. Hobi Memasak

Saat ini banyak pengusaha yang memulai bisnis kuliner, kenapa? Karena bisnis ini menjadi salah satu tren di kalangan pengusaha dan juga dianggap tidak ada matinya. Semua orang berlomba-lomba untuk mencoba makanan atau masakan baru dan menguploadnya melalui media sosial.

Nah, jika kamu memiliki hobi memasak dan bisa menyajikan makanan yang lezat dan juga unik, kamu bisa menjadi salah satu pengusaha kuliner sukses di Indonesia. Cobalah mulai usaha kuliner ini dengan mencari sesuatu yang unik dan belum dimiliki banyak orang. Sehingga, target konsumen kamu bisa penasaran dan ingin mencicipi. Selain itu, kunci sukses yang harus kamu pertahankan ketika memilih menjalankan bisnis ini adalah kualitas makanan itu sendiri. Jangan pernah kamu menurunkan kualitas hanya demi kuantitas dan mencari banyak pelanggan.

f. Hobi Traveling

Senang traveling ke mana pun? Sekarang kamu bisa traveling sambil mendapat keuntungan. Bagaimana caranya? Coba manfaatkan peluang bisnis travel, mulai dari membuat travel planing, tour guide, dan sebagainya. Dengan pengalaman travelingmu yang banyak, kamu bisa membuat bisnis ini lebih maju. Kenapa? Karena kamu bisa mengetahui seluk beluk di dunia traveling misalnya destinasi terbaik di suatu tempat wisata, makanan yang cocok dengan konsumen, dan sebagainya.

g. Hobi Fotografi

Sekarang ini banyak sekali orang yang senang difoto. Nah bagi kamu yang suka memotret dan punya hobi fotografi, kami bisa jadikan hobi ini sebagai peluang bisnis. Kamu bisa mulai dengan memotret teman-temanmu, kemudian jadikan itu portfolio kamu. Setelah mengantongi banyak portfolio, kamu bisa mulai menawarkan jasamu melalui media online, mulai dari Instagram, mengirimkan penawaran ke perusahaan, dan sebagainya. Untuk membuat konsumen percaya, sertakan juga testimoni pelanggan-pelanggan kamu.

h. Hobi Otomotif

Saat ini banyak orang-orang yang hobi otomatif dan sering mengoprek kendaraannya. Nah, jika kamu memahami dunia otomotif dengan baik, ini bisa jadi salah satu kesempatan buat kamu memulainya. Ada banyak yang bisa kamu lakukan, mulai dari membuka jasa modif motor, menjual aksesoris touring, hingga menjual motor yang sudah berhasil kamu modif. Menarik bukan? Keuntungannya pun sangat besar untuk ini lho!

i. Hobi gadget

Hobi mengotak-atik gadget? Mungkin kamu bisa coba membuka jasa service gadget maupun instalasi software yang belum dipahami beberapa orang. Bisnis ini mudah untuk kamu yang suka gadget. Kenapa harus gadget? Yes benar, karena saat ini gadget sudah jadi makanan sehari-hari oleh kebanyakan orang. Di mana, ketika mereka mendapatkan kondisi gadget yang rusak, mereka pasti membutuhkan jasa service yang benar-benar memahami gadget dan bisa membantu lebih cepat. Karena kebanyakan dari mereka pasti beranggapan bahwa membawa gadget untuk diservice di Layanan Service Pusat pasti membutuhkan banyak uang.

Menjalankan hobi bermanfaat di atas hanyalah beberapa referensi saja. Tentu di luar sana masih banyak hobi-hobi lainnya, yang tidak kalah keren dan sama-sama bisa menghasilkan uang.

Terbukti bukan? Bahwa talenta, hobi, dan bakat yang kamu miliki saat ini bisa bermanfat untuk mendapatkan uang atau pekerjaan. Yang tentu bisa menghasilkan uang. Asalkan, kamu tekun untuk terus mengasah kemampuan hobi kamu tersebut. Dan jangan lupa jeli melihat situasi. Siapa tahu hobi kamu tersebut bisa menjadi peluang pekerjaan yang menjanjikan.

Bacaan menarik lainnya:

Tjiptono, Fandy. (2007). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait