Jenis Kopi Modern Terbaik untuk Bisnis 2020

Jenis Kopi Modern Terbaik untuk Bisnis 2019

Masyarakat Indonesia memang terkenal suka minum kopi. Kebiasaan minum kopi setiap pagi sebelum beraktivitas dan ketika jam istirahat sudah menjadi lumrah. Kebiasaan ini sudah tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia.

Bagi sebagian orang, datang ke coffee shop bukan hanya untuk menikmati secangkir kopi saja. Melainkan ingin berdiskusi dan bercengkrama dengan teman, rekan kerja, bahkan meeting dengan atasan.

Saat ini cara mengelola dan menyajikan kopi sudah sangat bervariasi, yang dulunya hanya disajikan dalam kondisi panas. Kini kopi dapat disajikan dalam kondisi dingin atau disebut es kopi yang menyasar target anak-anak muda milenial.

Para milenial butuh sesuatu hal yang baru, yang mendorong keingintahuan anak-anak muda zaman sekarang. Dalam mencoba kopi dalam sajian yang berbeda dengan penambahan berbagai variasi topping.

Jika kamu ingin membuka usaha kedai kopi, tren bisnis kopi modern 2020 masih tetap menjadi peluang bisnis potensial untuk dijalankan. Hal ini dikarenakan penggemar kopi semakin meningkat.

Tetapi sudahkah kamu tahu, jenis-jenis “kopi modern” terbaik apa saja yang bisa kamu coba sajikan di kedai kopi kamu? Jika belum tahu, simak yuk saran jenis kopi modern terbaik untuk bisnis 2020 berikut ini!

1.  Kopi Espreso

Kopi espreso merupakan jenis kopi populer yang banyak disajikan di café dan coffee shop. Rasa pahit dari kopi espreso menjadi suatu hal yang ingin dinikmati oleh para penggemar kopi. Biji kopi espreso diolah dengan mesin khusus sehingga mengeluarkan cairan murni.

Seiring dengan berjalan waktu, jenis kopi espreso ini banyak dicampur dengan variasi-variasi lainnya, yang tentu saja akan menambah sensasi rasa dari kopi tersebut, salah satunya espresso susu. Jenis ini sangat populer saat ini, dan banyak bisnis kopi yang membuat menu ini mulai dari Kopi Tuku, Kopi Kenangan, Janji Jiwa, hingga kopi-kopi lainnya.

2. Kopi Americano

Kopi Americano adalah minuman kopi yang berasal dari espreso dan air panas. Kopi Americano juga memiliki ciri khas pahit tetapi tidak sekuat kopi espreso. Nama kopi Americano merupakan ejekan bagi orang-orang Amerika yang meminta agar espreso mereka dibuat lebih encer.

3. Kopi Cappuccino

Kopi Cappuccino adalah minuman khas Italia yang biasanya disajikan dengan campuran espreso dan susu. Namun kopi cappuccino tidak seperti minuman latte, terdapat perbedaan dari penggunaan bahan campurannya yaitu susu. Campuran susu yang digunakan untuk kopi cappuccino memiliki ciri susu dangan foam yang lebih tebal.

Kopi Cappuccino merupakan kopi terbaik yang kamu bisa sajikan dalam cangkir keramik. Panas dari kopi tersebut lebih tahan lama ketimbang menggunakan gelas kaca. Selain itu, kamu juga bisa menyajikan kopi cappuccino untuk pelanggan kamu ditambahkan dengan bubuk cokelat diatasnya.

4. Caffe Latte

Caffe Latte berbedadengan kopi cappuccino, sajian kopi satu ini memiliki tampilan yang cantik dengan foamdiatasnya dan biasanya ditambahkan seni gambar hati. Caffe Latte merupakan campuran susu sapi dan espreso. Kopi satu ini merupakan kopi favorit untuk kalangan anak muda.

5. Mocha Latte

Kopi Mocha Latte terlihat sama dengan caffe latte, namun berbeda dari campurannya jika caffe latte berasal dari susu sapi dan espreso. Berbeda halnya dengan kopi mocha latte yang ditambahkan sirup cokelat sehingga memberikan kesan pahit, gurih, dan manis saat kamu mencobanya!

6. Macchiato

Bagi kamu yang tidak suka dengan bau amis dan rasa gurih pada susu, jenis kopi macchiato bisa menjadi opsi terbaik. Karena kopi macchiato menggunakan foam atau buih susu.

7. Affogato

Jenis kopi satu ini merupakan kopi terbaik bagi kamu yang sedang mencari alternatif dalam menikmati secangkir kopi. Affogato disajikan dengan es krim, kopi yang digunakan adalah espreso. Pahitnya espreso bisa dikurangi dengan adanya tambahan es krim.

8. Kopi Toraja

Kopi ini merupakan salah satu kopi lokal yang tumbuh di Tana Toraja. Karena sensasi rasanya yang unik, kopi ini berhasil diekspor ke negara besar seperti Jepang dan Amerika. Selain memiliki rasa yang unik, kopi ini juga sesuai dengan kebiasaan minum kopi di negar tersebut. Di mana, jenis kopi ini tidak menyisakan after taste pahit yang mengganggu. Sensasi pahit yang ditimbulkan kopi ini hanya ada di awal dan hilang dalam sekali teguk. Kopi Toraja dan mayoritas kopi lainnya yang tumbuh di Sulawesi, cenderung memiliki rasa earthy, seperti rasa tanah atau hutan dengan kandungan asam yang rendah.

9. Kopi Gayo

Kopi yang berasal dari Aceh ini memiliki tekstur yang lebih encer dan tidak terlalu pekat dengan tingkat keasaman seimbang. Bagi kamu yang tidak menyukai kopi asam, kamu bisa memilih kopi jenis ini. Dengan memilih olahan kopi ini, kamu bisa merebus kopi dan air dalam panci hingga mendidih, lalu dituang ke dalam gelas berisi susu dan gula. 

Itulah beberapa jenis “kopi modern” yang bisa kamu kreasikan di bisnis kedai kopi kamu nantinya. Karena disajikan dingin, memiliki aroma kopi yang tidak terlalu khas dibandingka kopi panas.

Sedangkan untuk jenis bubuk kopi, diantaranya ada kopi toraja, kopi liberika, dan berbagai kopi khas lainnya. Untuk mendapatkan cita rasa kopi yang baik, kamu harus memperhatikan proses awal hingga penyajian kopi tersebut.

Bacaan menarik lainnya:

Fahmi, I., & Hadi, Y. L. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait