Pilih Beli Saham INKP atau Reksa Dana untuk Investasi?

Pilih Beli Saham INKP atau Reksa Dana untuk Investasi?
Pilih Beli Saham INKP atau Reksa Dana untuk Investasi?

Dewasa ini, investasi sudah banyak dilakukan oleh orang-orang. Sebab, dengan melakukan investasi, kehidupanmu di masa yang akan datang akan lebih terjamin. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kebebasan finansial dalam waktu tertentu yang sudah pasti akan menguntungkanmu. Dalam melakukan investasi, ada banyak sekali pilihan yang bisa dilakukan. Ada investasi saham, properti, emas, peer to peer lending, hingga reksa dana.

Kali ini, akan dibahas mengenai perbandingan investasi saham dan reksa dana yang lebih baik dipilih oleh para investor pemula untuk berinvestasi. Dari sisi saham sendiri, akan dijelaskan mengenai saham PT Indah Kiat Pulp Paper Tbk (INKP) apakah perlu dimiliki oleh investor pemula atau tidak.

Saham INKP

Perusahaan PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk ini merupakan salah satu emiten saham yang bergerak dalam industri bubur kertas dan kertas. Kegiatan bisnis utama perusahaan ini terbagi dalam dua segmen, yaitu produk kertas dan bubur kertas dan produk kertas industri maupun kertas kemasan. Sementara, segmen produk kemasan/industri meliputi liner board, corrugating medium, corrugated shipping, containers, dan box board, serta produk samping kimia yang terkait.

Adapun produk-produk yang didistribusikan secara domestik dan di beberapa pasar asing di Asia, Eropa, Timur Tengah, Amerika, Afrika, dan Australia. Sementara, anak perusahaannya terdiri dari PT Graha Kemasindo Indah, PT Paramitra Abadimas Cemerlang, PT Paramitra Gunakarya Cemerlang, dan PT Indah Kiat Global Ventura.

Sedangkan untuk harga per lembarnya, pada penutupan Rabu (25 September 2019) yaitu sebesar Rp6.625. Dengan begitu, saat kamu memiliki dana sebesar Rp1.000.000, kamu bisa membeli satu lot saham INKP dengan harga Rp662.500 dan masih menyisakan uang sebesar Rp337.500.

Perlu diketahui, saat ini valuasi laba terhadap harga saham atau price to earnings ratio (P/E ratio atau PER) relatif masih murah. Saham INKP memiliki P/E ratio sebesar 30,07 poin. Apalagi, saham ini masuk dalam emiten LQ45 jadi investor pemula yang mencari untung bisa membeli saham ini.

Reksa Dana

Sementara, untuk reksa dana bisa dikatakan menjadi salah satu jenis investasi yang memang cocok untuk pemula. Sebab, kamu sebagai pemula tidak perlu mengatur uang akan dipasang di emiten yang mana. Cukup menyetorkan uang dan nantinya uang tersebut akan dioleh dengan baik oleh manajer investasi yang sudah memiliki pengalaman. Selain itu, untuk memulai reksa dana bisa dikatakan cukup mudah. Kamu juga bisa memulainya dengan biaya sebesar Rp100.000 saja. Adapun reksa dana memiliki empat jenis yakni reksa dana pasar uang, reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap/obligasi, dan reksa dana campuran. 

Jika kamu mengincar keuntungan besar, tapi dengan risiko yang besar pula kamu bisa memilih reksa dana saham. Sedangkan, jika kamu ingin memilih reksa dana dengan risiko kecil, namun keuntungan kecil kamu bisa memilih reksa dana pasar uang. 

Itulah penjelasan terkait saham INKP dan reksa dana. Jadi, bagi investor pemula mau memilih investasi yang mana pun sebenarnya tetap menghasilkan keuntungan asal bisa membaca situasi dan menyesuaikan profilmu. Jadi, mau mulai investasi apa?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait