Langkah-Langkah Membeli Saham JPFA untuk Investor Pemula

Langkah-Langkah Membeli Saham JPFA untuk Investor Pemula
Langkah-Langkah Membeli Saham JPFA untuk Investor Pemula

Saat memutuskan untuk membeli saham, biasanya investor pemula pasti akan kebingungan bagaimana untuk memulainya. Sebenarnya, membeli saham itu tidak membingungkan. Apalagi jika kamu sudah sedari awal mengincar salah satu emiten saham, seperti saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA). Agar kamu bisa dengan mudah membeli saham JPFA itu, sebagai investor pemula kamu harus ikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini.

Buka Rekening Efek

Pertama yang harus disiapkan ialah membuka rekening efek. Perlu diketahui, antara rekening tabungan dan rekening saham itu berbeda. Jika membuka rekening tabungan kamu harus ke kantor cabang bank terkait. Sementara, jika ingin membuka rekening saham atau rekening efek, maka kamu harus mendatangi kantor perusahaan sekuritas atau broker.

Untuk pembukaan rekening efek bisa dilakukan secara online. Kamu cukup mengisi formulir yang disediakan di situs-situs perusahaan sekuritas. Setelah itu, kamu akan dikirimkan formulir untuk ditandatangani, dan formulir itu harus kamu kirimkan kembali ke alamat perusahaan sekuritas untuk diverifikasi. Jangan lupa untuk memiliki perusahaan sekuritas yang sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Sertakan Dokumen Pelengkap

Selain mengembalikan formulir registrasi, kamu juga harus melengkapinya dengan beberapa dokumen pelengkap. Dokumen pelengkap biasanya terdiri dari kartu identitas (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), fotokopi buku tabungan, fotokopi kartu keluarga (KK), dan materai senilai Rp6.000.

Topup Dana ke Rekening Efek

Jangan lupa untuk melakukan topup dana ke rekening efek. Karena, jika tidak melakukan top up kamu tidak bisa mulai untuk membeli saham yang tersedia. Besaran dana untuk topup pun bervariasi, biasanya minimal Rp5 juta. Setelah melakukan setoran, rekening efekmu akan aktif dan kamu akan mendapatkan login ID dan pin untuk mengakses aplikasi yang akan digunakan untuk membeli saham.

Mengunduh & Memasang Aplikasi

Sebelum mulai membeli, jangan lupa untuk mengunduh dan memasang aplikasi untuk transaksi saham. Biasanya, aplikasi ini tersedia di Playstore masing-masing. 

Mulai Beli Saham 

Setelah selesai membuat rekening efek dan memasang aplikasi untuk transaksi saham, kamu sudah bisa mulai untuk melakukan transaksi jual-beli saham. Namun perlu diingat, sebelum membeli saham kamu harus mencari informasi terlebih dahulu terkait saham yang kamu inginkan. 

Usahakan untuk membeli saham blue chip agar risiko yang kamu hadapi rendah. Sebagai contoh salah satu saham blue chip ialah saham JPFA. Saat ini, Selasa (8 Oktober 2019), harga saham JPFA berada di Rp1.500 per lembarnya. Maka dari itu, kamu setidaknya harus menyiapkan dana sekitar Rp200.000 untuk membeli satu lot saham JPFA.

Itulah langkah-langkah untuk membeli saham. Mudah bukan? Yuk jangan ragu untuk mulai investasi saham sekarang juga. Kamu bisa mulai investasi saham dengan men-download aplikasi Ajaib. Di sini, kamu bisa mulai membeli saham sekaligus mempelajari saham tersebut dengan lebih mudah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait