Harga Saham CPIN Berhasil Naik, Aman Investasi!

Harga Saham CPIN Berhasil Naik, Saatnya Investasi Saham dengan Aman!
Harga Saham CPIN Berhasil Naik, Saatnya Investasi Saham dengan Aman!

Harga saham CPIN mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitannya dengan menguat sebesar 3,23% ke level Rp4.470/unit saham. Saat perdagangan dibuka, Saham CPIN dibuka di atas harga penutupan sehari sebelumnya, dengan harga Rp5.300 per saham. Harga saham CPIN 2019 mencatatkan harga tertinggi Rp5.625 dan harga terendah Rp5.250, saham CPIN ditutup naik Rp350 dibanding harga kemarin.

Nah, jika kamu ingin memulai investasi, sudah saatnya kamu mengikuti tren yang ada. Ketahui cara investasi saham dengan benar sebelum menjalankannya. Penasaran dengan cara investasi dalam bentuk saham? Simak penjelasannya berikut ini yuk!

Pilih Sekuritas dengan Biaya Transaksi Kecil

Dalam investasi saham, kamu diharuskan membuka rekening efek (rekening dana nasabah) yang difasilitasi oleh perusahaan-perusahaan sekuritas. Setelah rekening itu jadi, kamu harus top-up uang kamu ke rekening efek. Uang di rekening efek itulah yang nantinya berfungsi layaknya e-money. Dengan uang itulah kamu bisa membeli saham yang kamu inginkan secara online. Biaya transaksi yang dimaksud di sini adalah biaya pembelian dan penjualan saham. Biaya ini akan menjadi sumber pendapatan perusahaan broker yang bersangkutan.

Pilih Saham di Indeks LQ45 atau IDX30

Indeks saham yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia sejatinya adalah ukuran statistik perubahan gerak harga dari kumpulan saham, yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Pada April 2019, indeks saham di BEI tepat diangka 22. Biar tidak bingung, pilih saja saham-saham yang tergabung di indeks LQ45 atau IDX30.

Di mana, saham yang berada di indeks tersebut memiliki likuiditas tinggi. Selain itu fundamental perusahaannya juga dinilai baik. Di mana, saham yang masuk dalam indeks tersebut sering disebut dengan saham blue chip.

Beli Saham Perbankan atau Consumer Goods

Perbankan atau consumer goods merupakan perusahaan dengan bisnis yang sederhana. Selain itu produk-produk mereka juga digunakan masyarakat, otomatis dalam setahun mereka selalu mencetak laba yang signifikan. Masuk akal kan analisanya? Walaupun ketika kamu beli harga saham mereka turun, percaya deh dalam hitungan waktu dekat pasti akan normal atau malah untung.

Kalau Rugi, Lakukan Average Down

Tenang, gak usah panik. Namanya juga bermain saham, kerugian itu pasti ada. Kuncinya cuma satu yaitu sabar. Karena, harga saham yang kamu beli pasti akan naik lagi, selama itu adalah saham blue chip. Average down merupakan strategi investasi dengan melakukan pembelian secara bertahap pas harga pasar sedang turun. Cara bermain saham ini akan membuat nilai investasi tidak akan ikutan terjun bebas, justru malah mengikuti kondisi pasar. Apabila kondisi pasar sudah mulai pulih, return yang kamu miliki akan ikut meningkat.

Itulah serba serbi cara investasi saham yang pas buat pemula. Kira-kira sudah tertarik belum untuk berinvestasi di sektor tinggi risiko ini? Meski berisiko, bermain saham juga bisa mendapat keuntungan yang besar lho! Jadi, buat kamu yang masih pemula, kamu bisa bermain saham dengan hati-hati dan mempelajari perusahaan dengan teliti. Ajaib bisa jadi salah satu solusinya. Dengan Ajaib, kamu bisa diberikan masukan atau pilihan investasi terbaik yang cocok dan pas buat kebutuhanmu!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait