Harga Cincin Tunangan Emas & Aspek Investasi Didalamnya

Harga Cincin Tunangan Emas & Aspek Investasi Didalamnya
Harga Cincin Tunangan Emas & Aspek Investasi Didalamnya

Mengetahui harga cincin tunangan emas merupakan indikasi bahwa kamu tertarik untuk berinvestasi emas. Tanpa mengecilkan hari spesial kamu, harga cincin tunangan emas tentunya bisa menjadi tabungan untuk investasi di masa depan.

Tapi sebelum melangkah lebih jauh ke seluk-beluk harga cincin tunangan emas, kamu tentunya harus memahami apakah cincin tunangan emas memiliki aspek investasi di dalamnya? Untuk mendapatkan jawaban dari harga cincin tunangan emas, ada beberapa hal mendasar yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, salah satunya investasi emas secara umum.

Bagaimana harga cincin tunangan emas ditentukan?

Harga cincin emas per gram sebenarnya sangat mudah untuk dikalkulasi. Biasanya, harga cincin tergantung dari harga emas saat itu atau spot price yang sering dikalkulasi dalam bentuk Dollar Amerika Serikat. Dan yang lebih penting, harga cincin emas yang bergantung kepada Dollar Amerika diterapkan di seluruh dunia.

Ketika melihat harga cincin tunangan emas terkini atau harga emas secara umum, penting untuk mengunjungi laman web resmi seperti PT Antam, yang merupakan salah satu tempat pembelian emas yang paling populer dan tepercaya di Indonesia. Setelah kamu memahami hal ini, tentunya proses transaksi harga cincin tunangan emas akan lebih mudah.

Ketika kamu membeli emas, walaupun harga resmi sudah diketahui dan setara dengan semua orang, yang menjadi faktor pembeda adalah biaya pialang atau brokerage fees. Dengan kata lain, biaya yang dilimpahkan kepada kamu kepada pihak ketiga karena telah memfasilitasi transaksi emas. Biasanya, persentasenya beragam dari 5% hingga 50%. Maka penting bagi kamu bukan hanya mengetahui harga cincin tunangan emas, namun juga melakukan riset kepada brokerage yang tersedia.

Kenapa membeli emas merupakan tambahan positif kepada portoflio?

Selama beberapa dekade, harga cincin tunangan emas telah terbukti menjadi salah satu instrumen investasi paling populer karena beragam alasan. Mulai dari fakta bahwa emas tidak terdampak risiko selama resesi dan tidak terpengaruh oleh naik-turun bursa efek, hingga menjadi senjata andalan terhadap ekonomi global yang melemah. Emas telah terbukti bernilai. Fakta unik tentang emas dan harga cincin tunanga emas adalah, kamu tidak perlu menghadirkan risiko dengan membeli emas yang ‘nyata’. Tentunya, kamu juga bisa memiliki emas yang nyata dalam bentuk koin, perhiasan emas, hingga batang emas.

Bentuk emas apa yang harus dibeli?

Untuk investasi, harga cincin tunangan emas atau emas batang memiliki likuidasi yang tinggi, sehingga layak dipertimbangkan. Namun jika batang emas terlalu besar, perhiasan emas seperti cincin tunangan emas juga tak kalah menguntungkannya.  Selain itu, setelah mengetahui bentuk emas yang ingin dibeli, tentukan juga karatnya. Biasanya, harga cincin emas 24 karat bisa lebih mahal dibanding cincin emas dengan karat di bawahnya.

Melakukan riset terhadap harga cincin tunangan emas bukan hanya dilakukan karena hari spesial, namun juga menjadi bagian dari investasi yang terencana. Jangan berhenti sampai di sini, dan pelajari lebih lanjut tentang investasi emas dan investasi lainnya dengan mengunjungi blog Ajaib Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait