Tips Memilih Model Gelang Emas 24 Karat yang Benar

Tips Memilih Model Gelang Emas 24 Karat yang Benar
Tips Memilih Model Gelang Emas 24 Karat yang Benar

Siapa sih yang tidak suka dengan perhiasan emas? Sejak dulu gelang emas sudah jadi favorit kaum wanita. Apalagi model gelang emas 24 karat, pasti tak ada yang menolak. Emas tak hanya jadi barang aksesoris saja, tetapi juga mempertegas status sosialnya. Perkembangan fashion juga memengaruhi desain dan model dari gelang emas yang semakin unik. Jadi tak heran, jika pecinta gelang emas semakin banyak.

Perhiasan seringkali dipakai untuk pelengkap dalam gaya berpakaian, maka tak salah jika gelang emas jadi salah satu yang diincar wanita. Gelang emas banyak diminati karena dinilai mampu memberikan kesan mewah, cantik, dan elegan.

Saat ini sudah banyak model gelang emas yang dijual di pasaran. Meski begitu nyatanya tidak mudah mencari model yang pas untuk karakter masing-masing orang. Namun, Ada cara yang bisa kamu lakukan dalam memilih jenis model gelang emas. Berikut tips memilih model gelang emas untuk kamu.

Jenis Emas

Mengetahui jenis emas sebelum membeli adalah wajib. Umumnya ada dua jenis emas yang lazim dijadikan perhiasan, yaitu emas kuning dan emas putih. Emas kuning memiliki sifat lunak dan gampang tergores, jadi perlu perawatan rutin. Sedangkan emas putih paduan dari emas dan perak serta platinum. Pastinya lebih tahan lama dan mudah dibentuk.

Tidak hanya jenis emasnya, kamu juga harus tahu soal kadar emas. Pada umumnya untuk membuat perhiasan dengan kadar emas di bawah 42% menggunakan istilah “emas muda”. Lalu “emas tua” untuk perhiasan emas dengan kadar lebih dari 42%.

Tentukan Nilai Karatnya

Kualitas dari perhiasan emas dilihat dari nilai karat yang terkandung didalamnya. Umumnya ada empat kategori dalam melihat nilai karat emas, yaitu 24 karat, 18 karat, 14 karat, serta 10 karat. Biasanya yang dijual di toko-toko emas adalah yang 18 dan 14 karat. Semakin tinggi nilai karatnya semakin mahal harganya, termasuk model dan desainnya. Jika kamu punya dana lebih, tak ada salahnya untuk membeli model gelang emas 24 karat.

Misalnya emas 24 karat, berdasarkan standar internasional komposisi emas murninya mencapai 99,99%. Lalu ada emas 22 karat dari 91,7% emas dan campuran perak 8,3% dan bahan lainnya. Namun, di Indonesia aturan itu sedikit berbeda. Emas 24 karat hanya mengandung emas sebesar 90%, kemudian emas 23 karat kandungan emasnya sekitar 70%, emas 22 karat punya 40%.

Di sisi lain ada kerugian yang diterima pemilik perhiasan emas saat dijual kembali. Tidak adanya standar dalam sistem jual-beli emas memengaruhi nilai jual dari perhiasan emas, termasuk berat, dan kadar emasnya. Begitu pula kalau kamu ingin menjual model gelang emas 24 karat.

Cek Dulu Ulasan Produknya dari Sumber Tepercaya

Membeli model gelang emas 24 karat yang asli butuh ketelitian dan hati-hati. Kendati ada acuan harga emas standar nasional dari Antam, nyatanya banyak toko yang menjual perhiasan emasnya dengan harga yang mereka mainkan. Maka dari itu, toko cari perhiasan yang terjamin dan sudah terpercaya, serta banyak respon positif dari para konsumennya.

Sesuaikan dengan Bentuk Lengan

Tips memilih gelang emas selanjutnya adalah pilih gelang emas sesuai bentuk lengan kamu. Hal ini tentu akan membuat gelang tersebut mejadi pilihan terbaik karena akan cocok kamu gunakan. Lalu bagaimana caranya? Di bawah ini adalah beberapa tipsnya.

a. Lengan Besar

Nah, bagi kamu yang berlengan besar, kamu bisa memilih jenis gelang yang sedikit tebal dari gelang pada umumnya. Dengan begitu, gelang tidak akan terlihat kecil ketika kamu gunakan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memilih warna yang tidak terlalu kuning dan mengkilap, dan cobalah menggunakan gelang yang memiliki kadar rendah.

b. Lengan Kecil

Untuk wanita yang memiliki lengan kecil, kamu bisa memilih gelang dengan diameter yang sedikit lebih besar. Namun, kamu juga harus memerhatikan lingkar perhiasan tersebut ya, jangan sampai gelang yang kamu pilih terlalu besar dan longgar sehingga membuatnya mudah lepas. Nah, bagi wanita dengan lengan kecil, kamu harus pilih gelang yang mengandung karat besar dan berlian asli, ataupun gelang emas yang sedikit mencolok. Yang lebih beruntungnya lagi, kamu bisa dengan mudah bereksplorasi dan mencoba berbagai model gelang terbaru, mulai dari gelang rantai, gelang segitiga, kotak, bunga ataupun model-model lainnya. 

c. Lengan kekar

Bagi kamu yang memiliki pergelangan tangan kekar karena hobi berolahraga, kamu bisa memilih gelang emas yang tipis, dan cobalah menggunakan lebih dari satu gelang dalam satu lengan. Kamu juga bisa memulih beberapa model gelang.

Itu dia tadi sedikit tips memilih model gelang emas 24 karat. Bagi kamu yang ingin memiliki perhiasan dan ingin membelinya, cobalah lebih berhati-hati dalam memilih gelang dan toko perhiasan yang ingin kamu kunjungi. Jangan sampai terkecoh. Kenapa? Karena selain untuk pelengkap fashion, gelang emas ini bisa menjadi salah satu bentuk investasimu di masa depan.

Nah, bagi kamu yang sedikit malas menggunakan perhiasan, kamu bisa melakukan investasi emas lainnya, di mana emas terbagi menjadi beberapa, mulai dari perhiasan, logam, ataupun koin. Apapun investasi yang kamu pilih, yuk mulai investasi sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait