5 Rekomendasi Cincin Kawin Emas Putih Terbaik

cincin-kawin-emas-putih

Ajaib.co.id – Cincin kawin atau cincin pernikahan menjadi bukti keterikatan dari dua orang yang saling mencintai. Saking sakralnya, Cincin kawin biasanya dipakaikan di jari saat mengucapkan janji didepan penghulu akan setia sampai mati. Dari berbagai cincin kawin yang ada, cincin kawin emas putih biasa menjadi pilihan untuk mengikat janji itu.

Oleh karena itu, Redaksi Ajaib akan memberikan informasi seputar pilihan cincin kawin ini dengan berbagai model maupun desain baik dari dalam dan luar negeri.

Model Cincin Kawin Terbaik

#1 Cincin Emas Putih Kombinasi Kuning

Cincin emas putih memang menjadi primadona. Selain, berwarna putih yang tidak mencolok, emas putih juga lebih tahan dari gesekan atau benturan. Cincin emas putih kombinasi kuning ini sangat pas untuk dijadikan cincin kawin.

Cincin ini, menggunakan emas dengan kadar 75 persen atau 18 karat. Kemurniaan kadar emasnya diperkuat dengan sebuah sertifikat. Tebal cincinnya, 1,5 milimeter dan lebarnya 4 milimeter. Cincin ini memiliki berat 10 gram.

#2 Cincin Kawin Naude Emas Putih dan Kuning

Cincin ini berdesain emas kuning di bagian samping dan emas putih di bagian tengah. kamu pun bisa memberi desain tambahan sesuai keinginan. Tebal cincin 1,5 mm dan lebar 4 mm dengan total berat 4 gram.

#3 Cincin Berlian Emas Putih

Model cincin ini di desain secara minimalis menggunakan satu mata berlian. Cincin ini menggunakan lapisan rodium. Rodium sangat mirip dengan platinum, termasuk warna putihnya. Sepasan cincin ini memiliki berat mencapai 5,8 gram. Berlian yang digunakan biasanya mempunyai kadar mencapai 0,02 ct.

Namun, bahan yang digunakan pada cincin ini berbeda antara laki-laki dengan perempuan. Untuk laki-laki menggunakan paladium, sementara untuk cincin perempuan terbuat dari emas putih 18 karat.

#4 Cincin Kawin Emas Putih Kombinasi Perak

Bagi mereka yang punya dana terbatas, cincin perak berlapis emas putih bisa menjadi salah satu pilihan cincin nikah. Kelebihan dari cincin ini adalah mudah dibentuk dan dipoles. Cincin ini memiliki warna putih yang khas sekaligus mewah. Beratnya 10 gram untuk sepasang cincin. Ada hiasan batu permata di setiap cincin. Dijual lengkap dengan kotak cincin eksklusif dan surat-surat.

#5 Cincin Kawin Rafifahmata

Desainnya cukup elegan dengan batu zircon bulat di bagian tengah berukuran 4 milimeter. Zircon bulat itu dikelilingi oleh 6 buah batu zircon kotak berukuran 2 milimeter. Cincin dengan lebar 6 milimeter ini terbuat dari perak yang dilapis emas putih. Berat total sepasang cincin mencapai 10 gram. Selain untuk cincin kawin, cincin ini juga cocok untuk cincin tunangan lho!

Berapa Harga Cincin Kawin Emas Putih untuk Pernikahan?

Banyak yang mempertanyakan apakah emas putih berharga lebih mahal atau lebih murah daripada emas biasa yang berkilau kekuningan. Jawabannya sebenarnya tidak pasti, karena seperti disebutkan tadi, emas putih sebenarnya sama saja dengan emas biasa; yang membedakan hanyalah campuran yang menghasilkan warnanya saja.

Emas tergolong logam mulia yang lunak, sehingga jarang ditemukan perhiasan emas murni 24 karat. Oleh karena itu, perhiasan emas merupakan hasil perpaduan logam emas dengan bahan lain. Pada umumnya, campuran tembaga atau perak akan menghasilkan emas kuning, sedangkan campuran nikel atau paladium yang lebih besar akan menghasilkan emas putih.

Jadi, sebenarnya tidak ada perbedaan harga untuk keduanya. Untuk sebuah cincin pernikahan, semuanya kembali kepada kesepakatan dan selera masing-masing. Jadi sebelum membeli cincin kawin, pastikan kamu dan pasanganmu telah sepakat dan saling menyukai ya. Jangan sampai ada kepasrahan yang justru akan membuat masalah di kemudian hari.

Mana yang Lebih Baik? Cincin Kawin Emas Putih atau Kuning?

Bukan hanya sekedar cincin, cincin kawin adalah sesuatu yang sakral dan melambangkan ikatan suci antara pasangan pengantin. Jadi, pastikan kamu tidak memilih cincik dengan sembarangan agar tidak menyesal nantinya.

Misalnya, ketika pasangan kamu memiliki kepribadian yang simpel, dan tidak ingin repot melakukan apapun dan hanya mementingkan apa saja yang perlu dilakukan, kamu bisa memilih cincin dengan satu mata berlian. Sedangkan, jika pasangan kamu memiliki kepribadian feminis, maka model cincin yang cocok adalah cincin dengan desain yang elegan.

Jika calon pengantin termasuk orang dengan kepribadian yang unik, maka kamu bisa memilih model cincin kawin yang terbuat dari dua warna logam. Sedangkan untuk pasangan kamu yang memiliki kepribadian fashionable, kamu bisa memilih model cincin yang tak lekang oleh waktu atau timeless.

Bagaimana Memilih Cincin Kawin?

Masih bingung ketika diminta untuk memilih cincin kawin? Perlu diketahui bahwa ada beberapa pilihan cincin emas kuning maupun cincin putih. Pada cincin emas, pilihan tergantung pada model dan kandungan emas murninya. Sedangkan, cincin emas putih, pilihannya targantung banyaknya kandungan campurannya sehingga dapat diprediksi lama atau tidaknya warna di cincin emas putih dapat bertahan.

Bukan hanya kandungan emas, kamu juga harus memperhatikan jumlah karat cincin kawin emas putih. Di mana, karat pada logam emas dapat mengurangi harga dari cincin kawin itu sendiri. Jadi, kamu harua pintar menawar, mencari informasi, dan pastikan kamu mengetahui harga cincin emas putih. Jika kamu memilih emas putih, cobalah pilih emas dengan kadar emas 14 karat atau 18 karat. Kedua jumlah karat tersebut adalah pilihan terbaik untuk dijadikan cincin kawin karena mudah dibentuk dan tidak mudah rusak.

Kenapa? Karena semaikin sedikit karatnya, maka semakin rentan cincin emas putih dapat rusak ataupun meluntur warnanya. Jadi, pilihlah jumlah karat yang tepat, bukan hanya untuk pernikahan tapi juga keuangan kamu dan pasanganmu di kemudian hari.

Ketahui juga harga pasaran emas yang ingin kamu beli. Di mana, biasanya untuk emas putih 14 karat memiliki 58% kandungan emas dan sisanya logam lain, seperti palladium ataupun nikel. Sementara untuk 18 karat, adalah campuran 75% emas murni dan 25% logam palladium atau nikel. Dengan mengetahui kandungannya, kamu bisa dengan mudah menentukan kisaran harga dari emas tersebut.

Karat Memengaruhi Berat Cincin Emas Putih

Perlu diketahui bahwa berat logam ditentukan besar karatnya. Jika memiliki cincin nikah dengan 18 karat, beratnya jauh lebih ringan, karena lebih banyak kandungan emasnya. Selain itu, emas memiliki sifat mudah dibentuk yang tidak membebani jika jumlah emasnya lebih banyak.

Jika dihitung dari teori emas yang semakin banyak semakin lentur, maka emas yang karatnya sedikit akan lebih kuat karena terdapat kandungan lain yang banyaknya hampir sama. Selain itu, cincin dengan karat yang lebih banyak akan lebih mudah tergores dibanding yang sedikit. Hal ini karena faktor emas 18 karat lebih lembut dibanding emas 14 karat karena banyaknya kandungan emas murninya. Jadi, buat kamu yang ingun membeli cincin kawin emas putih, cobalah untuk memilih cincin dengan karat yang lebih sedikit.

Tips Membeli Cincin Kawin Emas Putih

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan dan paling krusial dalam memilih cincin kawin emas putih sebagai mahar pernikahan adalah mengetahui tips tepat yang bisa menajadi perhatian. Apa saja itu? Simakk selengkapnya di bawah ini!

a. Perhatikan keasliannya

Jangan pernah percaya dengan harga emas yang jauh dari pasaran. Karena biasanya harga cincin ci bawah rata-rata patut dicurigai. Kamu bisa coba terlebih dulu mencari informasi di berbagai sumber seperti internet, teman, maupun toko-toko tepercaya untuk ditanyai soal ciri-ciri keaslian cincin kawin emas putih.

b. Pastikan cincin memiliki surat-surat yang lengkap

Jika tidak lengkap, kamu patut curiga. Jangan pernah tergiur dengan harga. CObalah bandingkan harga cincin kawin emas putih di beberapa gerai. Sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang jauh lebih bersahabat. Selain itu, dengan surat yang lengkap, kamu juga bisa terhindar dari penipuan karena sudah mengetahui kisaran harganya di pasaran. Kamu juga bisa melakukan tawar menawar di lokasi.

c. Persempit pemilihan model & desain cincin

Banyak sekali model cincin yang bisa kamu pilih. Namun, semakin banyaknya model cincin kawin, kamu pasti akan merasa bingung untuk memilihnya. Namun, sebelum membelinya, kamu harus bisa mempersempit pilihan model dan desain dari cincin kawin yang kamu inginkan. Bagaimana caranya? Cobalah pikirkan dengan baik model cincin kawin seperti apa yang benar-benar kamu inginkan.

Kamu bisa memulainya dengan memilih bahan dasar yang kamu inginkan, apakah emas putih atau emas kuning. Kemudian pilihlah model cincin nikah simpel atau unik dan mewah, hingga ornamen yang diinginkan. Dengan begitu, kamu bisa mmpersempit pilihan cincin pernikahan.

d. Tentukan budget yang kamu miliki

Sebelum memilih model cincin, kamu juga harus menentukan budget yang kamu miliki untuk membeli sepasang cincin pernikahan. Ini akan membantu kamu menentukan langkah selanjutnya ketika ingin membeli cincin kawin dengan harga yang masuk akal.

Budget terendah harus disesuaikan dengan harga pasaran terendah. Sehingga, meskipun budget disisihkan untuk cincin pernikahan tidak begitu besar, kamu tetap bisa memperoleh cincin yang pantas. Jangan lupa juga untuk memasukkan biaya tambahan seperti biaya grafir dan ongkos kirim.

e. Cari jauh-jauh hari

Akan ada banyak persiapan yang harus dilakukan ketika menjelang pernikahan. Memilih cincin kawin jadi sering terlupakan. Ada juga banyak pasangan yang membeli cincin kawin bisa dibeli dadakan. Padahal sebaiknya kamu mencari cincin kawin dari jauh-jauh hari. 

Jadi, ketika kamu sudah tau ingin membeli cincin seperti apa, cobalah mulai melakukan survei untuk menentukan toko yang menyediakan cincin emas pernikahan impianmu. Semakin lama waktu yang kamu persiapkan untuk membeli cincin, semakin panjang juga waktu yang bisa kamu habiskan untuk membandingkan harga dari toko yang satu ke toko yang lain. Bagi kamu yang ingin membuat cincin dengan desain sendiri, biasanya kamu juga membutuhkan waktu 2 minggu hingga 1 bulan. Jadi, pastikan kamu membeli cincin tidak mepet dan lebih awal.

f. Pilih berlian atau permata lainnya?

Di dalam cincin kawin, biasanya sebagian orang akan menambahkan berlian pada cincin mereka. Keberadaan berlian ini bukan hanya mempercantik cincin, tapi juga menambah nilai cincin. Jika kamu ingin menambahkan berlian pada cincin, sebaiknya kamu mempelajari standar pengukuran kualitas berlian.  Sehingga akan mempermudah kamu menentukan nilai berlian pada cincin kawin itu sendiri. Perlu diketahui juga bahwa harga berlian tidak murah. JJadi ketika nanti harga cincin menjadi lebih dari budget yang kamu tentukan di awal, kamu bisa menggantinya dengan berlian atau batu permata lain.

g. Pastikan cincin memiliki kualitas terbaik

Kualitas adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan. Jadi, pastikan kamu membeli cincin dari toko perhiasan yang kamu pilih, baik offline maupun online. Cobalah pilih toko cincin emas dengan track record yang baik. Kamu bisa menanyakan kepada teman atau keluarga. Mintalah rekomendasi mereka untuk mengetahui toko emas dengan kualitas cincin terbaik.

Selain toko emas, kamu juga harus memastikan kualitas dari cincin kawin yang kamu dapatkan. Bukan hanya untuk cincin pernikahan, tapi untuk semua cincin yang kamu beli. Pastikan cincin yang kamu pilih memiliki dua tanda di bagian dalam. Di mana, yang pertama adalah tanda pembuat cincin dan yang kedua tanda kualias berupa plat atau 24 K.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait