Mau Coba Berinvestasi Emas? Ini Dia Fakta Terkait Investasi Emas!

Mau Coba Berinvestasi Emas? Ini Dia Fakta Terkait Investasi Emas!
Mau Coba Berinvestasi Emas? Ini Dia Fakta Terkait Investasi Emas!

Emas merupakan logam mulia yang sangat diminati oleh banyak orang dan menjadi salah satu produk investasi yang diminati dari zaman ke zaman. Hal ini dikarenakan harga komoditas emas dalam rupiah memiliki kecenderungan selalu naik dan nilainya tidak terlalu signifikan jika turun karena ketika harga emas dalam harga dolar turun, pada saat yang sama, harga dolar terhadap rupiah cenderung menguat sehingga tercipta kestabilan harga emas di Indonesia.

Emas Memiliki Banyak Bentuk

Seseorang rela mengeluarkan dana yang cukup besar untuk mendapatkan logam mulia yang memiliki beragam bentuk ini. Umumnya, emas berjenis perhiasan seperti kalung, cincin, dan gelang lebih popular di kalangan perempuan karena selain sebagai perhiasan juga dapat digunakan sebagai investasi. Harga emas perhiasan biasanya ditentukan oleh berbagai macam faktor seperti warna emas, kadar emas, dan bentuk perhiasan. Biasanya semakin unik sebuah bentuk perhiasan maka akan semakin mahal harga untuk mendapatkan perhiasan tersebut selain itu harga biasanya akan lebih rendah jika perhiasan tersebut pernah dipakai.

Pilih Emas Logam untuk Investasi

Jika kamu ingin berinvestasi, emas batangan atau logam mulia lebih cocok untuk dijadikan sebagai bahan investasi dikarenakan tidak memiliki logam campuran lainnya. Emas batangan atau fine gold hanya tersedia dalam kadar 24 karat atau 99,00-99,99 % dibandingkan emas campuran dengan kadar 18 karat, 22 karat, atau 23 karat. Seperti produk investasi lainnya, emas batangan memiliki sertifikat yang diakui oleh pasar internasional. Emas juga dinilai sebaga produk investasi yang memiliki risiko yang rendah sebab harga emas tidak terpengaruh oleh kenaikan inflasi dan berbeda dengan nilai uang yang kamu simpan di tabungan dan nilainya dapat tergerus atau berkurang akibat inflasi.

Faktor yang Memengaruhi Harga Emas

Harga emas dapat berubah setiap harinya. Perubahan ini ditentukan oleh nilai emas di pasar internasional. Di Indonesia, nilai yang menjadi acuan adalah harga emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang. Banyak yang beranggapan bahwa hanya orang yang memiliki penghasilan besar yang dapat memiliki emas batangan, tetapi sebenarnya pendapat tersebut keliru karena emas kamu dapat membeli emas batangan dengan pecahan gram yang nilainya bisa disesuaikan dengan uang kamu.

Berdasarkan data yang diperoleh CNBC Indonesia, saat ini (20/8/2019) harga emas acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang turun Rp8000 (1,13%) menjadi Rp700.000/gram dari Rp708.000/gram (19/08/2019). Turunnya harga emas dikarenakan ketegangan perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China sedang melonggar karena adanya kebijakan dari Presiden AS Donald Trump untuk menunda pemberlakuan keaikan trif bea masuk impor bagi produk-produk dari China dari rencana awal September menjadi Desember.

Permintaan Pasar atas Emas Berkurang

Meski mengarah pada hal yang positif, namun hal ini mengurangi permintaan pelaku pasar terhadp aset safe haven, seperti emas. Safe haven adalah aset investasi yang mempunyai tingkat risiko rendah, ketika perekonomian global tidak menentu atau ada gejolak geopolitik. Hasilnya pergerakan harga emas cenderung melemah. Naik-turunnya harga emas biasanya mengindikasikan risiko pada hari kerja sebelumnya. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga emas adalah nilai tukar rupiah, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga.

Sebagai komoditas, emas tidak cukup berharga karena berada di urutan lima atau enam di bawah minyak bumi, kopi, dan tembaga. Hal ini dikarenakan nilai tambah emas jauh lebih kecil dibandingkan komoditas lain. Tetapi emas sebagai logam mulia menjadi berharga karena bentuknya tak berubah meski disimpan selama ribuan tahun. Jika kamu tertarik untuk menjadikan emas sebagai bahan untuk investasi pastikan kamu membeli emas di gerai resmi. Ada banyak tempat untuk membeli emas batangan bersertifikasi, di antaranya adalah gerai logam mulia antam, kantor pos, dan kantor pegadaian. Emas yang dijual di gerai resmi dijamin asli dan disertai sertifikat sehingga aman ketika kamu akan menjual kembali nantinya. 

Itu dia beberapa fakta mengenai investasi emas yang harus kamu tau sebelum melakukan investasi emas. Dengan mengetahui fakta tersebut, kamu jadi bisa berinvestasi dengan tenang dan nyaman, yuk investasi sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait