Kekurangan & Kelebihan Model Gelang Emas Terbaru

Kekurangan & Kelebihan Dalam Mempertimbangkan Model Gelang Emas Terbaru
Kekurangan & Kelebihan Dalam Mempertimbangkan Model Gelang Emas Terbaru

Saat ini hampir semua kalangan memiliki akses membeli emas. Kaum wanita, atau khususnya ibu rumah tangga lebih menyukai emas dalam bentuk perhiasan. Maka tidaklah mengherankan jika kita mendapati kaum hawa berbondong-bondong memborong perhiasan emas. Salah satunya dalam bentuk gelang emas.

Jika ditinjau dari segi investasi, pada dasarnya berinvestasi dalam bentuk perhiasan gelang emas memang kurang menguntungkan, jika dibandingkan dalam bentuk koin atau batangan. Namun bukan berarti, berinvestasi gelang emas tidak memiliki kelebihan sama sekali. Jadi, sebelum kamu mengupdate model gelang emas terbaru dan harganya, ada baiknya kamu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan berinvestasi perhiasan gelang emas.

Kelebihan Berinvestasi Perhiasan Gelang Emas

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki saat berinvestasi dalam bentuk gelang emas. Di antaranya adalah sebagai berikut

a. Memiliki Nilai Estetika

Ini merupakan salah satu kelebihan gelang emas yang tidak dimiliki emas koin dan batangan. Perhiasan emas mampu menunjang penampilan. Sehingga bisa membuat seseorang tampak elegan dan menambah prestise pemiliknya. Sehingga mengenakan gelang emas dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

b. Mudah Didapatkan

Berbeda dengan membeli emas koin atau batangan, akses membeli gelang emas sangat mudah. Toko emas bisa kita temukan di jalan raya besar, pasar-pasar hingga mal.

c. Dapat Disesuaikan Dengan Budget

Variasi gelang emas sangat beragam. Jumlah kadar emas, model gelang emas terbaru dan harganya bisa disesuaikan dengan budget. Kamu bisa membeli emas kurang dari 1 gram sampai puluhan gram. Kamu juga bisa memilih perhiasan 18, 22, atau 24 Karat. Soal harga? Tidak jarang kamu bisa tawar menawar, apalagi jika sudah punya toko langganan.

Kekurangan Berinvestasi Perhiasan Gelang Emas

Berinvestasi perhiasan emas, juga memiliki beberapa kekurangan. Yakni nilai emas yang cenderung turun. Hal ini dikarenakan pada saat jual beli emas, ada harga tambahan yang dibebankan pada pembeli. Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi harga perhiasan emas saat kamu membelinya :

  • Harga logam mulia pada hari ini
  • Kandungan karat emas yang terdapat pada perhiasan
  • Ongkos pembuatan
  • Harga lain-lain (ditentukan oleh penjual masing-masing)

Namun pada saat dijual kembali, maka hanya harga logam mulia serta kandungan emas dalam perhiasan yang akan diperhitungkan. Sementara model gelang emas terbaru dan harganya termasuk ongkos pembuatan dan lain-lain kurang dipertimbangkan. Beberapa faktor yang bisa membuat harga perhiasan emas turun saat dijual kembali : 

  • Gelang emas dalam kondisi rusak
  • Beberapa toko memiliki kebijakan membeli perhiasan dari toko emas lain dengan harga lebih rendah.
  • Asumsi mengalami penyusutan karena pemakaian, gelang emas di bawah 24 karat harganya bisa merosot tajam.
  • Tambahan hiasan batu imitasi yang rusak.
  • Model gelang emas yang dianggap jadul cuma toko tertentu yang bersedia terima beli.

Perhiasan emas memang bukan pilihan utama jika hendak berinvestasi emas. Namun demikian, seiring waktu perhiasan emas bisa tetap menguntungkan jika mempertimbangkan beberapa hal. Yakni :

  • Pilih kadar emas 24 karat
  • Pilihlah gelang polos dengan model gelang emas terbaru dan harganya bisa lebih tinggi.
  • Pilih toko emas tepercaya dan memiliki reputasi baik
  • Rawat perhiasan emas dengan baik dan simpanlah surat pembeliannya
  • Beri rentang waktu cukup lama sebelum menjualnya kembali, setidaknya satu hingga tiga tahun.

Itulah beberapa tips yang harus kamu pertimbangkan ketika ingin melakukan investasi emas perhiasan. Selain itu, pastikan juga harga gelang emas yang ingin kamu beli sesuai dengan harga emas hari ini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait