Asuransi & BPJS

4 Keuntungan Memiliki Asuransi Allianz untuk Kesehatan

asuransi allianz

Ajaib.co.id – Jumlah perusahaan asuransi di Indonesia cukup banyak dengan berbagai produk yang sangat akomodatif. Salah satu diantaranya, Asuransi Allianz Life Indonesia merupakan yang paling populer di kalangan masyarakat. Produknya juga amat beragam mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan sampai dengan dana pensiun.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada Oktober 2018 jumlah perusahaan asuransi sebanyak 138. Jumlah perusahaan asuransi ini tak jauh beda dengan kondisi 2012 sebanyak 140 perusahaan asuransi. Saat ini 54% perusahaan asuransi di Indonesia adalah asuransi umum sedangkan 38% merupakan asuransi jiwa.

Hanya saja, memang banyak perusahaan asuransi yang belum begitu dikenal masyarakat Indonesia. Hal ini tak lain karena rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki asuransi. Beberapa yang paling dikenal karena adanya iklan atau publikasi yang cukup masif, salah satunya berupa asuransi dari allianz.

Perusahaan ini cukup sering wara-wiri di televisi nasional dengan himbauannya untuk menyediakan proteksi diri khususnya dalam hal kesehatan. Menjaga kesehatan tak hanya memperhatikan konsumsi makanan dan minuman saja. Kamu juga harus mempertimbangkan asuransi Allianz demi masa depan kesehatanmu. Karena kesehatan adalah kekayaan.

Asuransi kesehatan adalah sebuah perlindungan yang akan menanggung biaya kesehatan nasabah. Seperti biaya perawatan medis, operasi, kesehatan gigi, dan ada pula yang menanggung biaya persalinan. Sehingga jika kondisi kesehatanmu memburuk asuransi yang akan mengurusnya. Kamu cukup mengikuti prosedur perawatan sesuai anjuran dokter.

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan

Di Indonesia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan dalam dan luar negeri. Salah satunya asuransi Allianz Indonesia. Sebagai sebuah kekayaan, kesehatan wajib dilindungi dari berbagai sisi sisi yang dilakukan diri sendiri dan sisi luar berupa asuransi kesehatan Allianz. Mengapa harus asuransi? Apa keuntungannya? Cek penjelasan di bawah ini:

  • Upaya Pencegahan

Asuransi kesehatan Allianz adalah sebuah upaya pencegahan apabila kondisi buruk terjadi padamu. Karena terkadang kamu tidak merasakan sakit, asik bekerja, konsumsi makanan tidak dijaga, dan istirahat kurang. Tiba-tiba jatuh sakit dan bingung harus berbuat apa ketika di rumah sakit.

  • Pola Hidup Berisiko

Masih menyinggung hal di atas. Coba tulis satu per satu gaya hidup yang dijalankan saat ini, mulai dari pola makan (makanan instan, berpengawet, dan gula garam tinggi), minum (tinggi gula dan beralkohol), kebiasaan (merokok, malas olahraga), istirahat, serta stress kerja. Bagaimana pola hidupmu?

Jika semua berisiko, kamu harus mengubahnya dan mempertimbangkan untuk punya asuransi kesehatan Allianz. Karena ketika kamu terkena penyakit serius, lalu baru memiliki asuransi kesehatan, biasanya perusahaan asuransi tidak menanggung penyakit yang diderita sebelumnya.

  • Kesehatan Keluarga

Kalau kamu punya waktu, tanyakan riwayat keluarga kepada ayah dan ibu. Sehingga kamu tahu penyakit apa saja yang menimpa anggota keluargamu terdahulu dan bisa menghindari penyakit genetik atau bawaan. Caranya menjalani pola hidup sehat dan mengelola stress.

  • Biaya Kesehatan

Dari tahun ke tahun biaya kesehatan mengalami peningkatan. Asuransi kesehatan telah memperhitungkan hal itu. Jika selama berasuransi, kamu dalam kondisi sehat dan tidak ada klaim, perusahaan asuransi akan memberikan bonus.

Manfaat yang Diberikan oleh Asuransi Allianz Sebagai Perlindungan Kesehatan

Selain keuntungan di atas, ada hal lain yang menjadi pertimbanganmu dalam memiliki perlindungan kesehatan. Pasalnya, kini asuransi kesehatan Allianz memiliki manfaat yang mempermudah nasabah dalam menggunakannya.

  • Cashless. Asuransi kesehatan Allianz telah menerapkan sistem cashless. Jadi kamu hanya menyerahkan kartu asuransi Allianz ke rumah sakit, tunggu beberapa saat, tenaga medis akan memberikan perawatan. Sistem cashless ini sangat memudahkan pasien, karena prosesnya cepat dan aman. Jika ada obat atau perawatan yang tidak ditanggung asuransi, kamu akan menerima info dari bagian administrasi.
  • No claim bonus. Jika selama setahun, kamu tidak menggunakan asuransi dan tidak ada klaim, perusahaan memberikan bonus pada premi. Biasanya bonus berupa potongan harga pada nilai premi total. Besarnya bonus bervariasi.
  • Manfaat perawatan. Manfaat asuransi kesehatan meliputi rawat jalan, rawat inap, operasi, rawat gigi, dan manfaat tambahan (dari asuransi tambahan) seperti melahirkan, penyakit kritis, dan lainnya.
  • Jaringan rumah sakit. Perusahaan asuransi memiliki jaringan rumah sakit luas, baik dalam maupun luar negeri. Sebelum membeli produk asuransi, cek dulu daftar rumah sakitnya.

Memilih Asuransi Kesehatan

Selagi kamu masih muda dan aktif bekerja, miliki lah asuransi kesehatan. Tetapi kamu harus jeli dalam memilih. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menerima manfaatnya.

  • Produk Sesuai Kebutuhan

Jika kebutuhanmu tentang kesehatan. Kalau ingin perlindungan ekstra terkait hobi (mendaki gunung, surfing, diving, dan lainnya) atau riwayat kesehatan, kamu bisa membeli asuransi tambahan.

  • Premi sesuai Kemampuan

Jangan tergiur premi murah. Pilih asuransi kesehatan dengan manfaat sesuai kebutuhanmu dan preminya sesuai kemampuan. Percuma kamu punya asuransi premi murah, tetapi tidak sesuai kebutuhan, dan saat diperlukan malah tidak bisa menanggung kondisi kesehatanmu.

  • Baca Produk dengan Detail

Terkadang kita lupa membaca produk asuransi dengan detail. Karena beranggapan agen asuransi sudah menjelaskan semua. Sebagai konsumen sekaligus calon nasabah, tak ada salahnya kamu aktif bertanya. Tanyakan tentang berapa premi yang harus dibayar setiap bulan, berapa kenaikkan premi tahunan, kondisi kesehatan apa saja yang tidak ditanggung, apa itu pre-existing condition dan waiting period.

  • Sistem Klaim

Ada dua sistem klaim yang diberlakukan oleh perusahaan asuransi, yaitu reimbursement atau cashless. Sistem cashless sudah dibahas di atas. Sistem reimbursement adalah pengembalian.

Artinya nasabah diminta untuk membayar semua tagihan dan mengirimkan dokumen (form reimbursement dan legalisir kuitansi dari rumah sakit) ke perusahaan asuransi. Beberapa hari atau minggu, perusahaan akan mengirimkan pengembalian biaya ke rekeningmu. Kamu pilih sistem klaim yang mana?

  • Informasi Transparan

Perusahaan asuransi yang baik memberikan informasi produk secara transparan. Seperti memberikan informasi tentang risiko dalam berasuransi dan mengedukasi calon nasabah melalui artikel mengenai asuransi serta hal-hal yang bersinggungan (kesehatan, perjalanan, investasi, dan lainnya). Di sisi lain, agen asuransi tak segan menjawab semua pertanyaan produk dari nasabah.

  • Reputasi Baik

Pilih perusahaan asuransi dengan reputasi baik. Artinya ia yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga selama beroperasi, ia diawasi oleh OJK dan OJK akan menghentikan perusahaan ketika ada pelanggaran hukum. Tanyakan kepada kerabat dekat ketika ia menggunakan jasa asuransi.

Memilih asuransi kesehatan bukan seperti memilih baju yang selalu mengikuti tren terkini. Tetapi kamu sedang memilih perlindungan untuk kekayaan terbesar dalam hidupmu, yaitu kesehatan. Asuransi kesehatan Allianz akan memberikan perlindungan dan memastikan kamu sehat kembali. Sehingga kamu bisa kembali bekerja untuk masa depan yang sukses.

Asuransi Allianz sendiri sudah tak perlu lagi diragukan kualitasnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan penghargaan ‘Digital Transformation of the Year’ di acara 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards, pada tanggal 27 Juli 2020.

Kategori transformasi digital diperkenalkan untuk pertama kalinya tahun ini, di mana Allianz Life Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan asuransi dari Indonesia yang dinominasikan. Finalis lainnya adalah perusahaan asuransi dari Malaysia, Taiwan dan Vietnam.

Sejak Oktober tahun lalu, Allianz Life Indonesia telah mendigitalisasi semua proses penjualan dan proses pengajuan klaim asuransi kesehatan, sebuah transformasi yang saat ini dianggap sangat relevan, mengingat adanya pandemi COVID-19 dan keharusan untuk menjaga jarak fisik.

Allianz Life Indonesia dikenal dengan aplikasi digital untuk tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan, Allianz Discover, yang mengintegrasikan ekosistem penjualan lengkap – termasuk tools untuk interaksi dengan nasabah, mengajukan SPAJ, tracking, serta layanan untuk nasabah – ke dalam perangkat tablet yang dapat dimanfaatkan oleh lebih dari 30.000 agen.

Sejak diluncurkan pada bulan Januari 2015, aplikasi tersebut telah berkembang dari tools untuk mengirimkan polis asuransi jiwa secara online, menjadi pengalaman penjualan dan layanan secara digital yang menyeluruh (digital sales and service experience).

Jika proses aplikasi polis asuransi jiwa menggunakan kertas konvensional membutuhkan waktu lebih dari tujuh hari sejak pengajuan hingga penerbitan polis asuransi, Allianz Discover dapat memproses aplikasi lengkap hanya dalam waktu lima menit.

Fitur ini juga menyediakan materi digital berkualitas yang disimpan di Allianz Discover Media Lounge dan fitur drag-and-drop yang memungkinkan kombinasi modul produk untuk dilihat.Selain itu, input data dapat dilakukan secara offline, sehingga memungkinkan agen untuk beroperasi di daerah terpencil dengan konektivitas terbatas. Fitur ini dipandang sangat sesuai untuk pasar Indonesia, dimana Allianz Life Indonesia menargetkan perlindungan asuransi bagi 150 juta calon Nasabah di seluruh penjuru negeri yang terdiri dari 17.000 pulau.

Allianz Life Indonesia menyatakan bahwa melalui Allianz Discover, pengajuan secara digital telah meningkat dari 65% pada Desember 2018 menjadi 92% pada Desember 2019, sedangkan pembayaran digital meningkat dari 44% menjadi 75%, serta rata-rata waktu penanganan bisnis baru menjadi 99% lebih cepat.

Perusahaan lebih lanjut menggarisbawahi bahwa digitalisasi proses bisnis telah mencatatkan efisiensi sebesar EUR1,6 juta ($1,89 juta), sementara 370 pohon telah diselamatkan karena berkurangnya kebutuhan kertas.

Allianz Discover adalah hasil dari inisiatif sebelumnya, Allianz Innovation Lab, sebuah area kerja yang agile di mana berbagai tim lintas fungsi bekerja bersama untuk memberikan solusi produk dan layanan inovatif bagi agen dan Pelanggan.

Inisiatif penting lainnya adalah Allianz eAZy Cover, yang menjadi jawaban dari kebutuhan agen dan nasabah untuk bertemu, yang sebelumnya harus dilakukan secara langsung. Agen dapat menggunakan alat penjualan digital untuk memberikan konsultasi dengan nasabah tentang kebutuhan perlindungan mereka, sementara nasabah juga dapat melakukan verifikasi identitas mereka secara digital.

Selain itu, perusahaan juga menyediakan customer-centric tools, termasuk portal nasabah online eAZy Connect, dimana nasabah dapat mengakses informasi polis asuransi jiwa melalui portal yang dapat diakses via website Allianz Indonesia, dan mengajukan klaim asuransi kesehatan secara online dengan pembayaran klaim yang akan diproses dalam waktu 48 jam, jika semua syarat dan ketentuan sudah dilengkapi.

Artikel Terkait