Rumah Tangga Masa Kini

Syarat dan Tata Cara Klaim Asuransi All Risk

Syarat dan Tata Cara Klaim Asuransi All Risk

Seperti yang kita ketahui, asuransi mobil bukanlah hal yang asing lagi bagi para pemilik mobil. Biasanya, pemilik mobil akan diberikan asuransi all risk saat menyicil mobil. Ketika berkendara, ada hal-hal tidak terduga yang mungkin terjadi. Apalagi, jika kamu menggunakan mobil pribadi untuk berpergian.

Sebagian besar orang menganggap, bahwa asuransi mobil menjadi sesuatu yang cukup penting untuk dimiliki. Sebab, asuransi mobil dapat memberikan perlindungan finansial akibat kecelakaan. Sebenarnya, ada dua jenis perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi, yaitu asuransi all risk dan asuransi total lost only.

Bagi kamu yang belum mengetahui soal asuransi mobil, berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis asuransi mobil all risk dan total lost only.

Asuransi All Risk

Asuransi mobil all risk menanggung segala risiko kendaraan, mulai dari ringan, berat, hingga hilang. Asuransi all risk memiliki premi asuransi yang lebih mahal. Premi asuransinya berkisar antara 2,5% – 3,5% dari harga kendaraan dan berlaku hingga satu tahun. Misalnya, harga mobil kamu seharga Rp200.000.000, lalu premi yang harus dibayar adalah sekitar Rp5.000.000 – Rp7.000.000.

Asuransi Total Lost Only

Asuransi Total Lost Only (TLO) hanya berlaku jika mobilmu hilang atau rusak berat, sehingga tidak bisa diperbaiki lagi. Asuransi TLO lebih murah premi asuransinya, yaitu berkisar 0,8% – 1,% dari harga kendaraanmu. Masa berlakunya adalah satu tahun.

Misalnya, mobilmu seharga Rp 200.000.000, maka premi yang harus dibayar adalah Rp1.600.000 – Rp2.000.000.

Persyaratan Klaim Asuransi Mobil

Sebelum melakukan klaim asuransi mobil, kamu harus menyiapkan beberapa persyaratannya. Syarat tersebut biasanya sudah tercantum di dalam polis asuransi. Dalam polis tersebut, ada informasi mengenai dokumen yang harus disiapkan jika ingin melakukan klaim asuransi mobil.

Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan adalah:

  • Polis asuransi (asli dan fotokopi).
  • Fotokopi SIM dan STNK.
  • Bukti laporan Kepolisian (berlaku untuk kehilangan dan kendaraan yang rusak akibat kecelakaan).
  • Formulir klaim yang diisi dan ditandatangani.
  • Kronologi secara tertulis.
  • Foto (jika kendaraan rusak atau lecet).

Dalam asuransi all risk tertentu, perlindungannya tidak hanya mengganti risiko yang dialami oleh pemilik asuransi, namun juga pihak ketiga. Misalnya, pemilik asuransi mengalami kecelakaan hingga menyebabkan kendaraan orang lain rusak, maka asuransinya dapat digunakan untuk mengganti kerusakan yang dialami oleh orang tersebut.

Kamu harus menambahkan beberapa dokumen selain syarat yang disebutkan. Syarat tersebut adalah:

  • Fotokopi SIM, KTP, dan STNK dari pihak ketiga.
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga yang sudah ditandatangani dan diberi materai.
  • Surat pernyataan jika pihak ketiga tidak memiliki asuransi kendaraan.
  • Surat keterangan dari Kepolisian tentang kecelakaan tersebut.

Tata Cara Klaim Asuransi All Risk

Setelah menyiapkan beberapa dokumen di atas, kamu tinggal melakukan prosedur klaim asuransi mobil. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Jika kendaraanmu rusak, silahkan foto bagian mobil yang rusak. Foto tersebut akan digunakan untuk bukti pendukung klaim.
  2. Jika kendaraanmu rusak akibat kecelakaan, maka segera buat kronologi tertulisnya. Langkah tersebut dibuat agar tidak lupa dengan detail kejadian.
  3. Mendatangi bengkel yang terdaftar sebagai rekanan asuransi.
  4. Mengisi formulir klaim yang tersedia di bengkel. Setelah menandatangani dan diberi materai, maka lampirkan persyaratan lainnya.
  5. Bengkel tersebut akan melakukan konfirmasi ke perusahaan asuransi. Jika pengajuan klaimnya disetujui, maka mobil kamu akan langsung diperbaiki.

Sementara itu, cara klaim asuransi mobil untuk kasus kehilangan sangat berbeda, yaitu:

  • Setelah terjadi kasus kehilangan, segera laporkan kasusnya ke Kepolisian.
  • Buatlah kronologi tertulis tentang kasus kehilangan kendaraanmu.
  • Bawalah KTP, SIM, STNK, BPKP, Polis Asuransi, dan Surat Laporan Kehilangan ke kantor asuransi.
  • Mengajukan klaim.

Itulah cara klaim asuransi all risk. Bagi kamu yang belum memiliki asuransi mobil, maka jangan sampai hal buruk terjadi. Segeralah klaim asuransi untuk kendaraanmu. Nah, sebelum membeli produk asuransi mobil, kamu harus tentukan terlebih dulu jenisnya, di mana asuransi all risk lebih mahal dari pada TLO. Selain itu, jika terjadi kecelakaan lalu lintas, ketika kendaraannya mengalami kerusakan ringan, maka jika kamu menggunakan asuransi TLO, pihak asuransi tidak akan memberikan ganti rugi. Karena asuransi TLO hanya bisa menanggung kerusakan total di atas 75%.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait