Ketahui Harga Cincin Emas untuk Belajar Investasi Lain

3 Faktor yang Memengaruhi Harga Cincin Emas Sebagai Investasimu

3 Faktor yang Memengaruhi Harga Cincin Emas Sebagai Investasimu

Harga cincin emas mungkin terkesan sepele bagi banyak orang, terutama investor yang sudah lama berkecimpung di dunia investasi. Harga cincin emas lebih berdampak kepada orang yang investasi emas, dan berbeda dengan investasi saham ataupun investasi reksa dana. Investasi emas adalah salah satu bentuk investasi jangka pendek dan memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat.  

Harga cincin emas tentunya dipengaruhi nilai emas yang naik-turun, selain itu juga memengaruhi investasi emas itu sendiri. Jika kamu tertarik untuk berinvestasi, baik itu investasi emas ataupun investasi saham, kamu harus memahami 3 faktor penting dalam investasi.

Apa yang Diinvestasikan?

Alokasi aset adalah istilah tentang bagaimana kamu membagikan uang dalam beberapa tipe investasi. Seperti harga cincin emas dipengaruhi oleh nilai emas di pasaran, membagi uang kepada beberapa instrumen investasi juga akan memengaruhi investasimu secara langsung.

Keputusan membagi uang kepada beberapa tipe investasi adalah keputusan yang penting, karena menurut riset, 90% keuntungan investasi yang kamu terima tergantung dari apa yang kamu investasikan, daripada pilihan investasi spesifik yang telah kamu buat.

Dengan kata lain, memutuskan untuk berinvestasi di bursa efek akan memberikan dampak besar kepada keuntungan. Namun, saham spesifik yang kamu pilih tidak akan berpengaruh banyak. Dan dalam level tertinggi, keputusan utama dalam membagi uangmu hanya akan terbatas kepada investasi saham dan obligasi, yang keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Bagaimana Diversifikasimu?

Diversifikasi adalah kata mewah yang sering digunakan oleh investor. Namun memiliki arti  yang biasa saja yaitu menginvestasikan uang kamu di beberapa hal daripada menginvestasikannya dalam satu jenis saja. Dan seperti nilai emas yang memengaruhi harga cincin emas, diversifikasi di investasi juga penting karena diversifikasi adalah satu-satunya cara untuk mengurangi risiko investasi tanpa mengurangi keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Salah satu cara untuk melakukan diversifikasi adalah alokasi aset. Membagi uang untuk investasi saham dan obligasi berarti bahwa kamu melakukan diversifikasi di 2 jenis investasi yang berbeda. Dengan begitu, investasi yang kamu lakukan akan relatif aman karena berada di 2 ‘lokasi’ saja.

Apa yang Dibayar?

Harga cincin emas biasanya dipengaruhi oleh nilai emas dan kualitas cincin itu sendiri. Dan layaknya banyak hal dalam hidup, kamu mengharapkan kualitas terbaik ketika kamu membayar dengan jumlah uang yang besar.

Tapi hal ini tidak berlaku untuk investasi. Pada investasi, kamu akan mendapatkan apa yang tidak kamu bayar. Maksudnya adalah, jalan terbaik untuk meningkatkan keuntungan dari investasi adalah dengan mengurangi biaya. Semakin sedikit uang yang kamu keluarkan untuk mendapatkan privilese dari investasi, maka semakin besar juga kemungkinan kamu untuk kembali melakukan investasi di masa mendatang.

Ketiga faktor di atas bisa jadi pengetahuan mendasar tentang investasi sebagai bekal penting untuk investasi awal kamu. Perkaya pengetahuan kamu tentang dunia investasi dan finansial dengan mengunjungi blog Ajaib secara berkala. Investasi cincin emas menjadi salah satu jenis investasi yang sering dilakukan bagi pemula. Jika kamu tertarik untuk ini, cobalah pilih emas antam dan cek harga emas hari ini sebelum membelinya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait