4 Tips Jitu Beli Saham yang Menguntungkan Bagi Investor Pemula

4 Tips Jitu Beli Saham yang Menguntungkan Bagi Investor Pemula
4 Tips Jitu Beli Saham yang Menguntungkan Bagi Investor Pemula

Saham merupakan alat atau instrumen yang cukup populer saat ini. Hal itu dikarenakan saham menjadi instrumen investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Dalam 5 tahun terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah mengalami kenaikan sebesar 64,5% pada Juni 2019 lalu.

Investasi saham dikenal mampu memberikan imbal hasil yang cukup besar. Hal ini menjadikan investasi saham sebagai alternatif penghasil uang bagi sebagian orang, khususnya para investor. Kehadiran investasi saham di pasar modal Indonesia cukup diminati oleh sebagian besar lapisan masyarakat. Tidak hanya itu saja, peminat investasi saham juga berasal dari generasi usia yang berbeda.

Namun, tidak semua investor pandai dalam membeli saham dan justru mengalami kerugian akibat membeli saham di waktu yang tidak tepat. Di mana, banyak dari mereka terlena dengan iming-iming return atau imbal hasil yang tinggi dalam waktu singkat. Kondisi ini seringkali membuat sebagian orang terjebak dalam investasi saham serta mengalami kerugian. Apalagi, bagi kalangan anak muda, mereka sering merasakan kebingungan.

Saat ini, sudah ada berbagai cara untuk mempelajari investasi saham bagi investor pemula. Hal itu dilakukan agar para investor terhindar dari kerugian, terutama bagi investor muda. Berikut ini adalah tips-tips membeli saham bagi investor pemula :

Belajar dari Investor Saham Lain

Untuk mengetahui bagaimana cara membeli saham, kamu bisa mengunjungi situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam situs tersebut, kamu bisa mencari tahu informasi mengenai cara membeli saham-saham yang tersedia di BEI.

Bagi investor muda yang ingin berinvestasi saham, sebaiknya kamu mengikuti forum investasi saham. Melalui forum tersebut, kamu berpeluang untuk bertemu dengan para investor berpengalaman. Kemudian, wawasan dan pengetahuan kamu juga akan bertambah.

Mulai Membuka Rekening Saham

Proses pembukaan rekening saham hampir mirip dengan membuka rekening tabungan. Kamu akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening investor. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melengkapi data identitas, alamat tempat tinggal, data pekerjaan, dan data ahli waris. Selain itu, kamu juga harus melampirkan fotokopi rekening buku tabungan.

Proses pengajuan tersebut membutuhkan waktu yang berbeda-beda di setiap perusahaan sekuritas. Jika rekening sahammu sudah aktif, kamu bisa segera membeli saham yang diinginkan.

Melakukan Analisa Fundamental

Salah satu langkah yang tepat untuk membeli saham adalah melakukan analisa fundamental (dasar) terlebih dahulu terhadap saham yang diinginkan. Dengan menganalisa perusahaan saham yang ingin dibeli, secara tidak langsung kamu akan mengetahui kondisi perusahaan tersebut. Apakah perusahaan itu berkembang dengan baik, serta bagaimana keuntungan dan kerugian perusahaannya. 

Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengambil keputusan, layak atau tidaknya saham perusahaan tersebut dibeli. Untuk menganalisa perusahaan tersebut, kamu membutuhkan gambaran atau susunan kinerja perusahaan berupa Laporan Keuangan perusahaan. Tetapi, tidak semua investor memiliki keahlian dalam membaca Laporan Keuangan.

Mengikuti Berita atau Isu yang Berkembang

Setelah menganalisa suatu perusahaan, kamu akan merasa yakin dalam memilih saham di perusahaan tersebut. Selain melakukan analisa, kamu juga perlu memperhatikan berita atau isu yang sedang berkembang.

Jika yang kamu dengar adalah berita baik, seperti prospek bisnis perusahaan, kamu akan semakin yakin terhadap saham pilihanmu sendiri. Sebaliknya, jika yang kamu terima adalah berita atau isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, maka sebaiknya kamu kembali percaya dengan hasil analisa dasar perusahaan yang dilakukan.

Dalam mengikuti berita atau isu yang berkembang, hal itu akan memengaruhi kamu dalam mengambil keputusan untuk ke depannya. Jadi, bagi kamu para investor pemula, sebelum melakukan investasi saham, perhatikan dulu tips di atas agar terhindar dari kerugian investasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait