Keunggulan Analisa Fundamental adalah Memaksimalkan Kelayakan Pemilihan Saham

Keunggulan Analisa Fundamental adalah Memaksimalkan Kelayakan Pemilihan Saham
Keunggulan Analisa Fundamental adalah Memaksimalkan Kelayakan Pemilihan Saham

Pengertian fundamental adalah metode analisa yang mempelajari fundamental ekonomi suatu perusahaan, berfokus pada rasio finansial dan kejadian-kejadian seperti tingkat persaingan usaha, potensi industri, analisis pasar dan ekonomi baik makro maupun mikro yang secara langsung ataupun tidak, akan memengaruhi kinerja finansial perusahaan.

“Membeli saham berarti membeli sebuah bisnis, artinya kita wajib menganalisa bisnisnya, bukan cuma pergerakan sahamnya.”

Warren Buffet, 1 of  most prominent major global investors

Keunggulan Analisa Fundamental

Analisis fundamental selalu memerhatikan dan menganalisa sampai ke semua aspek penting yang menentukan prospek sebuah perusahaan dan memperkirakan nilainya. Karenanya, analisanya bersifat lebih real (nyata), lengkap menyeluruh (thorough), mendalam dan jangka panjang.

Pendekatan dalam Analisa Fundamental

1. Top down

Analisa ini meliputi beberapa aspek seperti:

  • kondisi makro global
  • kondisi makro dalam negeri
  • prospek pertumbuhan sektor
  • fundamental perusahaan.

2. Bottom Up

Pendekatan ini bertumpu pada asumsi bahwa perusahaan yang sedang mencari modal dari bursa efek dengan cara menerbitkan saham, obligasi, right issue, warrant, atau jenis efek lainnya, dapat berkinerja baik meski industrinya sedang menurun. Pendekatan ini menggunakan kajian yang mendalam terhadap produk, layanan, stabilitas finansial serta aspek-aspek internal perusahaan yang dapat berdampak pada kinerjanya.

Kekurangan Analisa Fundamental

Kekurangan analisa fundamental adalah pemanfaatan data masa lampau yang belum tentu mayoritas akan merepresentasikan kondisi masa depan. Kamu juga perlu waktu lama untuk mengumpulkan data, sehingga sering berakibat kehilangan momen. Mengartikan hasil analisis fundamental adalah hal yang bisa berakibat buruk jika dilakukan secara sepotong-sepotong

Kelebihan Analisa Teknikal Dari Analisa Fundamental

Analisis teknikal biasanya lebih mudah dipelajari oleh investor pemula dibandingkan analisis fundamental, karena hanya perlu membaca grafik, kesabaran dan disiplin untuk memprediksi tren harga saham mendatang. Walaupun prediksi itu tidak absolut, analisa ini dapat membantu mengantisipasi kemungkinan fenomena pada harga saham di masa depan.

Pelopor Analisa Teknikal 

Charles Dow (pendiri Wall Street Journal), William P. Hamilton, Edson Gould, Jesse Livermore, R.N. Elliott dengan Elliott Wave-nya, Gann dan Sang Chartist, John Magee – yang merupakan penulis kitab analisis teknikal, “Technical Analysis of Stock Trends ” (1948), merupakan salah satu tokoh yang pertama yang bertransaksi dengan hanya mengandalkan harga saham dan pola pada histori grafik. Ia memetakan semua aspek: saham individu, rata-rata, volume perdagangan, dan apa pun yang bisa digambarkan, lalu menuangkannya di atas grafik untuk mengidentifikasi pola-pola luas dan bentuk tertentu seperti segitiga, bendera, badan, bahu, dan lain sebagainya. Sayangnya, sejak awal ia seringkali menjual habis portofolionya sendiri berdasarkan insting daripada sinyal kuat dari grafik analisanya. Magee menolak untuk membaca koran harian agar tidak mengganggu sinyal dari grafiknya.

Kombinasi Dari Keduanya

Ke-2 metode analisa di atas punya keunggulan masing-masing, jadi manfaatkan dengan peruntukan yang tepat.

  • Gunakan Analisa Fundamental dalam rangka hendak membeli sebuah perusahaan. Jadi sifat analisanya yang dalam dan menyeluruh bisa membantu menentukan keputusan secara real demi keuntungan jangka panjang, tanpa ada tekanan waktu ataupun takut kehilangan momen. Agar bisa melakukan analisa fundamental yang baik, harus melalui proses trial dan error.
  • Gunakan Analisa Teknikal dalam rangka memprediksi tren harga saham mendatang.

Itulah beberapa penjelasan analisa fundamental secara umum. Dengan mengetahui beberapa hal terkait analisa fundamental, diharapkan kamu bisa jadi lebih mudah dalam menentukan pemilihan saham.

Bacaan menarik lainnya:

Darmaji, Tjiptono dan Hendy M. Fakhruddin. (2011). Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait