Analisis Fundamental Saham LPCK, Akankah Melonjak Tinggi?

saham-lpck
saham lpck

Untuk investor yang mencari analisa fundamental saham PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) terbaru, kamu wajib membaca artikel ini. Tapi, sebelum mengulas lebih detail bagaimana prospek dari saham sektor properti LPCK, intip dulu soal harga saham LPCK di tahun sebelumnya.

Beberapa hari ke belakang, kita banyak mendengar cerita tentang right issue yang akan dilakukan LPCK. Nah, berikut ini adalah hasil analisis fundamental terhadap saham LPCK di tahun 2019. Simak yuk

Peluang Bisnis

Jika LPCK menyetujui akan menawarkan sebanyak-banyaknya 2 miliar saham baru dengan nilai penawaran Rp500 per saham. Dana yang dihimpun disebut akan digunakan untuk pemberian pinjaman (loan) dan/atau penyertaan modal (capital injection). Baik secara langsung maupun tidak langsung pada perusahaan di mana LPCK memiliki penyertaan modal.

Dana hasil rights issue itu disebut akan digunakan untuk meningkatkan likuiditas perusahaan dan melanjutkan investasi di proyek Meikarta yang hingga saat ini masih tertunda. Penambahan modal baru ini akan dilakukan dengan metode Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang mulai diperdagangkan mulai 11 Juni 2019 selama 8 hari, mengikuti hari perdagangan bursa.

Analisis Fundamental Saham LPCK

Bicara soal likuiditasnya, mungkin kurang tepat kalau kita katakan saham LPCK ini likuid, berhubung optimisme pasar terhadap saham ini masih ‘setengah matang’. Karena sejatinya, jika kita hitung kenaikannya mulai pertengahan Januari 2017 hingga sekarang, maka LPCK ini sebenarnya sudah naik 8% lebih. Atau dengan kata lain, sebagian trader sudah mulai optimis dan mengoleksi saham LPCK karena didasari prospeknya satu tahun kedepan.

Tambahan lagi, karakteristik likuiditas saham tidak bisa kita pukul rata sama untuk semua saham di Bursa Efek Indonesia. Sebagaimana sering disampaikan bahwa tiap saham itu punya karakternya masing-masing. Dan untuk LPCK ini, likuiditasnya baru akan terlihat kalau sektornya mulai trending lagi dan ditambah labanya yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Strategi LPCK

LPCK berencana mengumpulkan dana $200 juta dari proses right issue ini, atau sekitar Rp2.9 triliun (dengan asumsi kurs dolar sebesar Rp14.500). Dan jumlah saham LPCK yang beredar saat ini adalah 696 juta lembar.

Dengan asumsi right issue 1:2 (1 lembar saham lama berhak atas penerbitan 2 lembar saham baru), maka nanti akan ada sekitar 1.39 miliar saham baru yang akan diterbitkan. Berarti total saham beredar nanti akan menjadi 2.08 miliar lembar saham (1.39 miliar + 696 juta) setelah proses right issue selesai.

Nah, itulah hasil dari analisis fundamental terhadap saham LPCK. Menurut kamu, apakah LPCK akan tetap berjaya hingga akhir nanti? Sebelum memulai investasi saham, kamu wajib loh melihat tren pelaku saham di tahun 2019. Yuk, langsung cek harga saham LPCK di Indonesia sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait