5 Hal Dasar yang Pengaruhi Harga Saham yang Naik Turun

5 Hal Dasar yang Pengaruhi Harga Saham yang Naik Turun
5 Hal Dasar yang Pengaruhi Harga Saham yang Naik Turun

Berita soal kenaikan dan penurunan harga saham setiap hari bisa didapatkan. Perubahan yang disebut fluktuasi harga ini sangat umum terjadi bahkan bagi saham blue chip atau saham unggulan. Bagi para investor, berita ini tentunya sangat berdampak dan menjadi acuan bagi langkah mereka berikutnya di bursa efek.

Membeli saham sendiri merupakan salah satu investasi yang paling terkenal karena hasilnya yang relatif tinggi dibandingkan jenis investasi lain. Secara sederhana, harga saham akan naik apabila banyak investor yang ingin membeli saham tertentu dalam satu waktu. Sebaliknya, harganya akan turun apabila banyak investor yang ingin menjual sahamnya bersamaan. Di bawah ini, Ajaib merangkum 5 penyebab naik turunnya harga saham secara sedehana untuk kamu pahami.

Aksi Perusahaan

Berbagai kebijakaan perusahaan berpengaruh langsung pada harga saham setiap harinya. Aksi yang dimaksud antara lain pengambilalihan perusahaan atau akuisisi, penggabungan atau merger, right issue, dan divestasi. Right issue adalah hak yang diberikan kepada investor lama untuk membeli saham baru. Sedangkan divestasi ialah pengurangan beberapa jenis aset baik dalam bentuk finanasial atau barang. 

Kebijakan Pemerintah

Investor yang bijak akan selalu memantau kebijakan ekonomi yang dilakukan pemerintah karena dapat memengaruhi harga saham. Beberapa kebijakan yang berpengaruh misalnya seperti keputusan ekspor-impor, pemberlakuan bea cukai, utang, Penanaman Modal Asing (PMA), kebijakan perseroan, dsb. Meskipun baru sekedar wacana, kebijakan tersebut menjadi sensitif untuk naik turunnya saham khususnya dalam perdagangan harian. 

Proyeksi Perusahaan

Proyeksi kinerja perusahaan penting bagi fluktuasi harga saham. Jika dianggap menjanjikan, besar kemungkinan para investor akan semakin tertarik karena dianggap mampu memberikan keuntungan di waktu mendatang. Beberapa faktor yang paling menentukan dalam analisis kinerja perusahaan ini adalah tingkat rasio utang, tingkat laba perusahaan, rasio pembayaran dividen atau dividend payout ratio (DPR), dan laba per lembar saham atau earning per share (EPS).

Kurs Rupiah

Nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing juga menjadi faktor penting dalam naik turunnya harga saham. Hal ini khususnya berlaku pada perusahaan yang bergantung pada mata uang asing. Sebabnya, biaya produksi dan utang akan memengaruhi keuntungan yang menjadi takaran para investor dalam melepas atau mempertahankan sahamnya. Secara tidak langsung, ini akan berdampak turunnya harga saham di bursa efek.

Faktor Panik

Kepanikan dapat memicu investor saham beramai-ramai menjual sahamnya sehingga harganya akan turun. Salah satu penyebabnya ialah berita buruk terkait produk atau perusahaan terkait. Sebagai contoh, saham Samsung melorot pasca ditariknya Galaxy Note 7 dari pasaran setelah beberapa laporan ledakan akibat cacat pada baterai. Melansir dari Time, nilai saham Samsung turun hingga 6,3% pada pertengahan Juli 2016 lalu. Pemberitaan buruk membuat investor ingin segera melepas sahamnya karena tidak ingin menanggung kerugian meski sebenarnya hal tersebut belum bisa dipastikan. 

Penjelasan di atas adalah alasan paling mendasar perubahan harga saham. Jika ingin berinvestasi namun masih ragu, kamu bisa memanfaatkan Ajaib untuk memulai investasi pertamamu. Apabila saham terlalu membingungkan maka bisa mulai dengan investasi di reksa dana. Segera unduh aplikasi Ajaib di ponselmu dan daftar hanya dengan nomor telepon dan alamat email. Aplikasi yang terdaftar di OJK ini kemudian akan membantu mengembangkan uangmu dengan aman dan nyaman.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait