Cara Investasi Reksa Dana yang Menguntungkan bagi Millenial

Cara Investasi Reksa Dana yang Menguntungkan Bagi Millenial

Tidak semua millenial memahami pentingnya investasi. Meski begitu, banyak juga millenial yang sudah melakukan investasi sejak dini. Namun, memulai investasi bukanlah keputusan yang mudah, banyak dari mereka yang masih merasa khawatir akan uang yang ingin diinvestasikan. Sebagian dari mereka juga masih banyak yang belum memahami manfaat investasi yang sesungguhnya. Reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang coock bagi pemula. Sebelum memulai investasi ini, baca dulu cara investasi reksa dana yang tepat di bawah ini.

Pahami Jenis-Jenis Reksa Dana & Karakteristiknya

  1. Reksa dana pasar uang (money market fund); jatuh tempo kurang dari setahun dan memiliki risiko yang relatif rendah dibanding reksa dana lain.
  2. Reksa dana pendapatan tetap (fixed income fund); memiliki tingkat pengembalian stabil, risikonya relatif lebih besar daripada reksa dana pasar uang.
  3. Reksa dana campuran (balance mutual fund); risikonya sedang dengan potensi tingkat pengembalian relatif lebih tinggi dibanding reksa dana pendapatan tetap.
  4. Reksa dana saham (equity fund); memiliki risiko relatif lebih tinggi dari reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap, namun potensi tingkat pengembaliannya paling tinggi.

Pahami Kepribadian Kamu Lebih Dulu

Pahami secara jujur dan mendalam karakteristik pribadi dirimu dengan baik. Tiap orang memiliki karakter dan pribadi yang berbda, impian dan kekhwatirannya pun berbeda. Bagi kamu yang memiliki karakter takut risiko, sebaiknya memilih jenis reksa dana yang berisiko rendah, meskipun keuntungannya juga rendah. Begitu juga sebaliknya, bagi karakter yang suka keuntungan tinggi, pilihlah reksa dana yang potensi keuntungannya tak terbatas, meskipun risikonya juga tinggi. Nah, bagi yang suka segala sesuatu yang sedang-sedang saja, pilihlah reksa dana campuran karena keuntungan dan resikonya moderat.

Perhatikan Jangka Waktu Investasi

Perhatikan kesesuaian jangka waktu dengan rencana masa depan. Tiap jenis reksa dana memiliki jangka waktu berbeda. Tidak harus satu jenis, investasi pun dapat dilakukan dengan beberapa jenis berbeda sekaligus, tentunya dengan tujuan yang berbeda-beda. Sebelum memilih jenis-jenis reksa dananya, tentukan dulu kerangka tujuan pembiayaan masa depan pribadi dan keluarga. Pilih jenis investasi reksa dana berjangka waktu panjang untuk keperluan yang masih jauh di masa mendatang, lalu pilih jenis investasi reksa dana berjangka waktu pendek untuk keperluan dalam waktu dekat.

Pelajari Istilah Dalam Reksa Dana

Sebelum memulai investasi, ketahui lebih dulu istilah-istilah reksa dana di bawah ini

  • NAB: jumlah dana yang dikelola dalam suatu reksa dana.
  • UP: satuan ukuran yang menunjukkan jumlah penyertaan milik investor (NAB yang dipecah-pecah ke dalam investasi yang dikelola reksa dana).
  • NAB/UP: nilai aktiva per unit penyertaan. 
  • Subscription: biaya pembelian reksa dana. 
  • Redemption: pembelian penjualan reksa dana.
  • Prospektus: profil perusahaan & laporan keuangannya.
  • Manajer Investasi: manajemen profesional pengelola dana investasi.
  • Bank Kustodian: lembaga keuangan yang menjadi administrator, pengawas, dan penjaga aset investasi.
  • Portofolio Efek: kumpulan surat berharga yang telah dijual.
  • Transaksi Disbursement: transaksi pembayaran/pencairan dari sebagian unit milik investor. 
  • Transaksi Switching: pengalihan dari reksa dana tertentu ke jenis reksa dana lain oleh investor.
  • KIK (Kontrak Investasi Kolektif): bentuk reksa dana berupa kontrak antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian.

Ikuti Simulasi Reksa Dana

Jangan ragu atau malas mengikuti simulasi investasi reksa dana. Portal-portal bisnis dan investasi terkini sudah menyediakan fasilitas yang memungkinkan calon nasabah menjajaki sendiri dan mengukur potensinya dalam berinvestasi reksa dana. Tanpa risiko apapun, kamu bisa dengan mudah mempraktekkan simulasi ini hanya dari laptop atau ponsel masing-masing, guna meyakinkan diri untuk berinvestasi.

Mulai Investasi di Ajaib

Mau tau cara investasi reksa dana yang sangat nyaman dan mudah? Gampang banget! Kamu hanya perlu download aplikasi www.ajaib.co.id sekarang! Aplikaksi ini sangat cocok bagi investor pemula yang baru ingin memulai investasi dengan mudah. Dalam Ajaib, kamu juga bisa mendapatkan analisa mendalam, bimbingan, dan rekomendasi cerdas untuk sukses berinvestasi reksa dana tersedia di ponsel sepanjang waktu!

Gimana? Sudah mulai ada ketertarikan untuk mulai investasi reksa dana? Yuk mulai investasi dan ikuti tips dan cara investasi reksa dana di atas sebelum memulainya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait