Tips Memilih Reksa Dana dengan Kinerja Terbaik

Perusahaan riset Morningstar melakukan penelitian dan memberikan peringkat terhadap reksa dana dengan kinerja terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reksa dana dengan biaya pengelolaan yang rendah memiliki kinerja yang lebih baik. .

# Biaya vs kinerja reksa dana

Secara umum biaya pengelolaan reksa dana adalah salah satu faktor yang menentukan pilihan produk investasi reksa dana. Morningstar memiliki sistem peringkat reksa dana, mereka akan memberikan tanda bintang sesuai dengan kinerja reksa dana tersebut. Semakin banyak tanda bintang, maka semakin baik pula kinerjanya. Tujuanutamanya adalah mencarireksa dana dengan biaya terendah. Namun pemberian tanda bintang menjadi sedikit terbatas karena hanya mengukur kinerja dan risiko di masa lalu.

Artikel lain pun menyatakan bahwa rasio pengeluaran merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja reksa dana. Dalam kurun waktu tertentu, reksa dana dengan biaya pengelolaan rendah mampu mengalahkan reksa dana dengan biaya pengelolaan tinggi. Biasanya kamu akan mendapatkan kualitas yang lebih baik jika kamu membayar lebih, namun mengapa biaya yang lebih tinggi memberikan kinerja yang lebih rendah?

# Kinerja Lebih Baik Dengan Biaya Yang Rendah

Profesor ekonomi terkenal mengatakan bahwa “Tidak ada uang kertas seratus dolar yang tersedia untuk diambil”. Maksud dari perkataan tersebut adalah data keuangan bisa di akses secara cepat dan mudah oleh orang-orang pintar di seluruh dunia. Mereka tidak akan menciptakan uang secara nyata di atas meja mereka, tapi mereka melakukan transaksi yang menghasilkan uang.

Reksa dana yang dikelola secara aktif memiliki biaya yang lebih tinggi, karena manajer investasi harus membayar analis untuk memeriksa data dan kinerja dari perusahaan yang menjadi tujuan investasi. Diperlukan biaya tinggi untuk membayar para analis agar dapat menghasilkan analisa yang tepat sehingga mampu memberikan imbal hasil yang lebih tinggi. Namun ternyata,  kinerja dari para analis ini belum tentu mampu memberikan imbal hasil yang lebih baik, jika dibandingkan dengan imbal hasil yang bisa kamu capai dengan cara investasi pasif. Investasi pasif akan memiliki biaya yang lebih rendah karena dana investasi kamu tidak dikelola secara aktif oleh para analis.

Reksa dana yang dikelola secara pasif hanya akan berinvestasi pada saham atau obligasi dengan yang memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan oleh manajer investasi. Misalnya, satu jenis reksa dana saham dengan kapitalisasi besar yang dikelola secara pasif hanya akan berinvestasi pada semua saham dengan kapitalisasi pasar lebih dari 100 miliar. Sehingga manajer investasi tidak perlu membayar banyak orang untuk melakukan analisa, dengan demikian biaya pengelolaan akan tetap rendah dan berdasarkan data kinerja masa lalu, pengembalian dari metode investasi pasif ini lebih unggul dibandingkan investasi aktif.

Jadi bagaimana kamu menemukan reksa dana dengan kinerja terbaik dengan biaya rendah? Jawabannya adalah reksa dana indeks atau reksa dana yang dikelola secara pasif.

# Hal yang Harus Kamu Ketahui Untuk Investasi

Sering kali agen penjual produk keuangan kekurangan informasi. Mereka hanya mampu menjelaskan produk keuangan dari perusahaan tempat mereka bekerja tanpa merasa perlu menyampaikan informasi lain yang lebih baik.. Kinerja dari reksa dana dengan biaya yang lebih rendah namun mampu memberikan imbal hasil yang tinggi telah didokumentasikan oleh berbagai media selama bertahun-tahun.

Namun kamu harus tetap hati-hati terhadap daftar reksa dana terbaru yang sedang ramai diperbincangkan. Beberapa tahun ke belakang, terdapat informasi tentang daftar “reksa dana terbaik untuk dimiliki”, kamu harus memperhatikannya lebih lanjut. Kinerja ini biasanya tidak akan bertahan lama, karena sebagian besar reksa dana yang memiliki kinerja lebih baik adalah reksa dana dengan portofolio indeks sederhana atau reksa dana yang dikelola secara pasif.

# Biarkan Uang Yang Bekerja

Apakah kamu suka menjadi pemilik saham suatu perusahaan besar? Apakah kamu menyukai pasar saham atau kamu berencana untuk belajar bagaimana menginvestasikan uang kamu sendiri? Jika kamu belum memahami profil risiko diri, belum punya ilmu yang memadai atau bahkan waktu yang terbatas, maka sebaiknya kamu menjauhi keinginan tersebut. Meskipun kamu akan mendengar banyak cerita dari beberapa orang yang hidup daritrading saham atau investasi jangka pendek yang menguntungkan dan menggairahkan, namun orang-orang seperti sangat sedikit. Dan berdasarkan data dari statistik, mereka cenderung melebih-lebihkan keuntungan mereka. Strategi terbaik dalam berinvestasi adalah dengan memahami instrumen investasi dan menempatkan uang kamu untuk bekerja sendiri dalam jangka panjang dengan menempatkannya pada jenis investasi yang biaya pengelolaannya rendah.

Kamu tidak dapat mengontrol arah pasar tetapi kamu memiliki kontrol total atas biaya yang kamu bayar.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait