Reksa Dana Campuran, Investasi di Bawah Tekanan Ekonomi

reksa dana campuran
reksa dana campuran

Pengertian Reksa Dana Campuran

Reksa dana merupakan suatu wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Khususnya investor kecil dan tidak punya banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko investasi mereka.

Dana yang terhimpun nantinya akan diinvestasikan oleh Manajer Investasi, sebuah perusahaan yang bertugas mengelola dana investasi. Mereka akan masukkan ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Dibanding reksa dana saham, reksa dana pasar uang, dan reksa dana pendapatan tetap (obligasi), reksa dana campuran paling “moderat”. Karena resikonya menengah hingga tinggi, dengan potensi keuntungan yang lumayan. Tujuannya adalah memperoleh keuntungan dalam jangka menengah dan panjang, dengan investasi pada saham, obligasi dan pasar uang sekaligus.

Paling Bersinar dalam Tekanan

Namun di saat IHSG sering “longsor”, dan pasar saham menderita tekanan berat seperti sekarang, reksa dana campuran tampil “bersinar”. Berkat bentuknya yang mix-breed karena diversifikasi portfolio. Reksa dana campuran mampu menurunkan resiko sistematis. Contohnya seperti kerugian terimbas anjloknya saham, dengan menjaga stamina keuntungan melalui obligasi dan surat utang jangka pendek.

Untuk menghindari risiko lebih besar saat pasar saham dan obligasi fluktuatif, serta meraih keuntungan (return) yang masih menjanjikan di masa datang, investor disarankan memilih jenis reksa dana ini, khususnya investor dengan profil risiko menengah hingga tinggi.

Informasi data Infovesta Utama menunjukkan bahwa dari perhitungan 10 reksa dana campuran terbaik periode 5 tahun terakhir, return yang diraih berkisar antara 42%-76%.

Reksa Dana Campuran Terbaik 2019

MNC Dana Kombinasi

Dengan return 0,79% MoM menjadi juara 1 pada Mei 2019. Produk kelolaan PT MNC Asset Management ini, hingga April 2019 memiliki dana kelolaan (asset under management/AUM) sebesar Rp 104,27 miliar. Diluncurkan sejak 19 Desember 2007 ini bekerja sama dengan bank kustodian PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Schroder Dana Kombinasi

Kinerja terbaik jenis reksa dana ini pada nomor 2 tercatat ditempati oleh Schroder Dana Kombinasi dengan return 0,58% MoM. Produk kelolaan PT Schroder Investment Management Indonesia ini, hingga April 2019 memiliki dana kelolaan (asset under management/AUM) sebesar Rp 1,33 triliun.

Diluncurkan sejak 27 Desember 2004 ini bekerja sama dengan bank kustodian The Hongkong And Shanghai Banking Corporation.

Manulife Dana Tumbuh Berimbang

Manulife Dana Tumbuh Berimbang dengan return 0,49% MoM adalah reksa dana yang mencatatkan kinerja terbaik nomor 3. Produk kelolaan PT Manulife Aset Manajemen Indonesia ini, hingga April 2019 memiliki dana kelolaan (asset under management/AUM) sebesar Rp176,38 miliar. Jenis reksa dana ini diluncurkan sejak 1 November 2007 ini bekerja sama dengan bank kustodian The Hongkong And Shanghai Banking Corporation.

Pratama Syariah Imbang

Kinerja terbaik nomor 4 pada Mei 2019 tercatat ditempati oleh Pratama Syariah Berimbang dengan return 0,37% MoM. Reksa dana campuran kelolaan PT Pratama Capital Assets Management ini hingga April 2019 memiliki dana kelolaan (asset under management/AUM) sebesar Rp 5,11 miliar, dan diluncurkan sejak 10 Desember 2014 bekerja sama dengan bank kustodian Deutsche Bank AG.

BNP Paribas Spektra

BNP Paribas Spektra dengan return 0,03% MoM adalah reksa dana campuran yang mencatatkan kinerja terbaik nomor 5 pada Mei 2019. Produk kelolaan PT BNP Paribas Investment Partners ini, hingga April 2019 memiliki dana kelolaan (asset under management/AUM) sebesar Rp 28,81 miliar. Jenis reksa dana ini diluncurkan 14 Juni 2005 ini bekerja sama dengan bank kustodian Deutsche Bank AG.

Di Mata Analis

Wawan Hendrayana – Senior Research and Analist Infovesta Utama 

Meski obligasi memberi return yang cenderung positif tahun ini, rata-rata saham yang cenderung negatif menggerus kinerja reksa dana campuran secara keseluruhan. Bahkan, tak disangkal terdapat beberapa jenis reksa dana ini dengan imbal hasil negatif dan tumbuh negatif hingga 52,67% per 1 November 2019 lalu, yaitu reksa dana campuran Millenium Balance Fund. Reksa dana campuran lain yang berkinerja negatif adalah MAM Dana Berimbang Syariah (-27,98 persen) dan Aurora Berimbang (-27,88 persen). Wawan Hendrayana memaparkan, “Itu terjadi karena banyak saham bluechip terkoreksi, membuat kinerja reksa dana campuran 2019 kalah dari reksa dana pasar uang dan obligasi.”

Berdasarkan return Year To Date (YTD)

Wawan selanjutnya mengatakan, hingga akhir 2019 diperkirakan rata-rata reksa dana campuran akan memberi return sekitar 4 hingga 5%. Namun nyatanya bahkan ada reksa dana dengan return yang melampaui 50% secara Year to Date (YtD) hingga 1 November 2019!

Berikut 5 reksadana campuran dengan return Year to Date (YtD) terbaik:

  • GAP Balance Life Pension Fund – return 70,39% (YtD)
  • Simas Balance Gemilang – return 66,35% (YtD)
  • Star Balance II – return 42,30% (YtD)  
  • Insight Generate Balance Fund – return 39,02% (YtD) 
  • HPAM PREMIUN2 – return 31,18% (YtD) 

Reksa Dana Campuran Obat Fobia Investasi Milenial

Banyak kaum Milenial yang masih saja fobia terhadap investasi reksa dana, akibat kisah stereotip Wall Street era 90-an. Jenis reksa dana ini sudah jauh mengubah wajah investasi dengan kecanggihannya meramu potensi keuntungan (return) dan resiko kerugian, berdasarkan pengalaman para Manajer Investasi bertahun-tahun. Practice makes them perfect.

Jangan sia-siakan “barang bagus” lho!

Bacaan menarik lainnya:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait