Memilih Antara Reksa Dana Pasar Uang atau Deposito

Memilih Antara Reksa Dana Pasar Uang atau Deposito

Mendapatkan keuntungan sudah pasti menjadi tujuan utama seseorang melakukan investasi. Maka dari itu, penting untuk mengumpulkan informasi mengenai instrumen investasi sebelum kamu memutuskan jenis investasi apa yang akan dipilih.

Deposito bisa dikatakan sebagai salah satu jenis investasi yang paling sering dipilih oleh masyarakat. Selain akses yang mudah, juga cenderung lebih aman dengan keuntungan stabil. Di sisi lain, ada pilihan jenis investasi yang juga menawarkan untuk memberikan keuntungan lebih dalam jangka pendek. Yakni dengan ikut serta dalam investasi reksa dana pasar uang.

Ada pertanyaan besar yang kerap kali mengisi benak calon investor. Apakah investasi reksa dana pasar uang atau deposito yang lebih baik dan menguntungkan?

Mengenal Investasi Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana adalah jenis investasi dimana investor menginvestasikan dananya melalui Manajer Investasi (MI). MI bertanggung jawab untuk mengelola dan menempatkan dana investor pada instrumen-instrumen investasi pilihan termasuk pasar uang.

Dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi para investor yang uangnya dikelola. Dana tersebut akan diinvestasikan pada instrumen pasar uang atau surat berharga yang jatuh tempo di bawah 1 tahun.

Kelebihan Reksa Dana Pasar Uang dibandingkan Deposito

Inilah beberapa kelebihan yang bisa kamu pertimbangkan untuk mulai membuka investasi reksa dana pasar uang.

Setoran Awal yang Lebih Kecil

Kelebihan pertama terletak pada dana awalnya yang ringan. Hanya dengan menyiapkan Rp100.000 saja, kamu sudah bisa berinvestasi di reksa dana pasar uang. Sementara jika kamu hendak membuka rekening deposito, setidaknya kamu harus menyiapkan dana awal sebesar Rp1.000.000.

Dapat Dicairkan Kapan Saja

Reksa dana merupakan investasi yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan deposito berkaitan dengan lama jangka investasi. Sejak awal pembukaan deposito, sudah ditentukan jangka waktu investasi yang harus dijalani.

Sehingga, kalau kamu tiba-tiba membutuhkan dana segar dan memutuskan mengambil dana deposito, kamu harus setuju untuk dikenai denda. Maka dari itu, sebaiknya dana deposito jangan diandalkan untuk dapat memenuhi keperluan mendadak.

Lain halnya dengan pasar uang, yang merupakan aset mudah dicairkan dan praktis. Kamu bisa menarik dana yang kamu investasikan kapan saja kamu membutuhkan dana segar tanpa dikenakan denda.

Reksa Dana Pasar Uang Memberikan Imbal Hasil Lebih Tinggi

Dengan memilih reksa dana pasar uang, maka dana akan diinvestasikan pada instrumen investasi yang stabil dan dapat mendatangkan keuntungan dalam jangka pendek. Karena investasi pasar uang menempatkan aset investasi pada instrumen pasar uang atau surat berharga.

Instrumen yang dipilih memiliki jatuh tempo di bawah satu tahun. Sehingga dapat memberikan return lebih cepat dan juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga deposito. Hal ini dikarenakan dana ditempatkan pada obligasi jangka pendek.

Sekarang, kamu tidak perlu lagi bingung menimbang antara investasi pasar uang atau deposito.

Dengan dana minimal yang lebih kecil, likuiditas tinggi dan imbal hasil lebih tinggi, maka tidak ada salahnya kamu mencoba reksa dana pasar uang. Terlebih jika kamu belum punya pengalaman dalam melakukan investasi, pasar uang bisa jadi pilihan tepat. Selain cenderung aman juga memberikan imbal hasil yang stabil.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , , , ,
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com