Perencanaan Keuangan

7 Hal Wajib Dikuasai Untuk Mencapai Financial Freedom

 
Ajaib: Ilustasi Hal Yang Perlu Anda Kuasai Untuk Mencapai Financial Freedom

Financial freedom alias kebebasan finansial adalah hal yang ingin dicapai semua orang. Untuk alasan inilah maka orang rela bekerja kerasa dari pagi hingga malam hari. Demi kondisi keuangan yang lebih baik pula lah maka seorang ayah rela berjauhan dengan buah hatinya Semua mendambakan bisa selalu punya uang untuk mendapatkan apa yang diinginkan tanpa harus menunda atau berhemat lebih dahulu.

Mungkin ada sebagian orang yang akan bilang bahwa uang dan harta bukan lah segalanya atau jaminan kunci kebahagiaan. Namun jika kamu menghasilkan uang yang cukup untuk mengajak orang tuamu naik haji atau makan di restoran impian, tentunya itu menghasilkan kesenangan pula. Bayangkan jika kamu bisa terus menghabiskan waktu bersama orang terdekat namun tetap mendapatkan penghasilan yang memadai, rasanya nikmat sekali bukan.

Bebas secara finansial adalah saat dimana kamu tidak perlu menghabiskan tenaga untuk bekerja sejak pagi hingga petang, namun penghasilan yang melimpah tetap datang dengan lancar.

Dengan merdeka secara finansial, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai. Kamu tidak perlu pusing dengan keuangan lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Karena itulah, penting sekali untuk mencapai kebebasan finansial paling tidak untuk sekedar meringankan beban hidup kita.

Banyak orang menghabiskan separuh hidupnya bekerja keras sebagai cara untuk mendapatkan kebebasan finansial itu. Kamu bisa melihat contohnya di sekitarmu. Mungkin ada yang sudah bekerja di perusahaan multinasional namun tetap menghabiskan akhir pekannya dengan berjualan online. Bisa pula office boy di kantormu yang menjadi driver ojek online demi mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

Sayangnya mereka tidak melakukannya dengan cara yang tepat maupun finansial. Sehingga banyak sekali orang yang sudah bekerja membanting tulang sepanjang hidupnya masih terus dibayangi dengan ketakutan soal kondisi keuangannya. Banyak waktu terbuang, termasuk kesempatan menghabiskan waktu bersama keluarga yang sebenarnya merupakan tujuan utama, tanpa memberikan hasil yang maksimal.

Kamu Wajib Menguasai 7 Hal ini Untuk Meraih Financial Freedom

Financial freedom memang bukan hal yang bisa dicapai oleh semua orang, karena tidak semua orang mau memperjuangkan untuk mencapainya. Jika sebelumnya kita membahasa soal banyak orang yang tidak berlaku efisien dalam mendapatkan keinginannya itu, ada pula yang berbeda.

Bebas secara finansial membutuhkan usaha dan kesabaran yang tidak semua orang dapat menguasainya. Kamu harus tahu caranya berlaku cerdas dan tepat guna agar semua yang kamu lakukan memberikan implikasi positif bagi tujuan keuanganmu dalam jangka panjang. Selain itu, ada beberapa hal dasar yang wajib hukumnya kamu kuasai demi mencapai kebebasan finansial.

Agar kamu tak kebingungan, berikut adalah 7 hal yang wajib dikuasai untuk mencapai level financial freedom sesegera mungkin.

1.    Ubah Cara Berpikir

Berpikirlah positif terhadap segala sesuatu yang ingin kamu capai. Optimis bahwa cepat atau lambat kamu akan meraihnya. Jangan tanamkan ketakutan dan keraguan dalam pikiranmu sama sekali. Jangan pula membiarkan orang lain membuatmu berpikir akan keraguan maupun pesimistis.

Karena itulah dikenal istilah What You Think Is What You Get yang artinya Apa yang kamu pikirkan itulah yang akan kamu dapatkan. Jadi apapun yang terjadi pada dirimu selama ini, berusahalah untuk terus berpikir positif karena itu akan memberi dampak pada perjalanan hidupmu, termasuk pula sanggup bebas secara ekonomi.

2.    Membuat Rencana Keuangan 

Setelah kamu bisa mengontrol pikiranmu dengan hal-hal yang positif, kemudian lakukan tindakan nyata. Mulai buat rencana keuangan dari sekarang, kamu akan dapat menyesuaikan seluruh pengeluaran dengan pemasukan yang kamu dapat.

Jangan meremehkan kekuatan perencanaan yang mendetail. Dengan perencanaan yang baik dan evaluasi sesudahnya kamu akan tahu kesalahan apa saja yang tak sengaja kamu perbuat. Kamu juga akan tahu tindakan apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya khususnya dalam hal mengatur kondisi keuanganmu.

3.    Miliki Usaha Sendiri

Cobalah membangun usaha milikmu sendiri. Enterpreneurship terbukti menjadi kunci kesuksesan menghasilkan pundi-pundi uang oleh banyak jutawan dunia. Kamu bisa membangun bisnis dari hal yang benar-benar kamu pahami. Contohnya banyak sekali brand kosmetik dunia saat ini yang dimiliki oleh make up artist atau reviewer make up sebelumnya.

Namun pastikan kamu punya bekal yang cukup sebelum terjun membangun usaha sendiri. Bekal ini bisa berbentuk modal yang memadai maupun pengetahuan akan bisnis. Jika saat ini masih berstatus pekerja kantor, cobalah membangun usahamu perlahan. Jangan langsung melepas pekerjaanmu demi usaha yang baru kamu rintis karena risikonya terlalu besar.

Dengan mempunyai usaha, kamu bisa mendapat keuntungan lebih dibanding hanya bekerja di suatu perusahaan. Ini salah satu yang akan menjadi pijakanmu untuk mencapai Financial Freedom yang diidamkan itu.

4.    Bersosialisasi, dan Dapatkan Teman (Jaringan) Baru

Bersosialisasilah, mulailah membuka diri kamu untuk mendapatkan teman dan jaringan baru. Banyak orang sukses di luar sana karena mempunyai teman dan jaringan yang sangat luas yang kemungkinan besar dapat memberi andil pada usaha yang kamu jalani.

Lingkungan yang sesuai juga bisa memacumu untuk terus bersemangat melakukan berbagai hal untuk mencapai kebebasan keuangan ini. Semakin banyak yang kamu dapatkan, maka semakin banyak koneksimu dan tentunya akan berdampak pada perkembangan usaha milikmu.

5.    Jangan Berhutang

Ada kalanya kita dihimpit berbagai kebutuhan yang keuangan kita tidak sanggup menanggungnya. Solusi yang kerap diambil banyak orang ialah dengan mengambil pinjaman alias berutang. Cara ini dianggap paling cepat dalam mengatasi masalah kekurangan dana yang dialami banyak orang.

Namun untuk lebih cepat mencapai financial freedom maka kamu sebaiknya menjauhkan diri dari kebiasaan berutang. Mungkin ada banyak tips berutang yang cerdas, tawaran pinjaman dengan bunga rendah atau kredit barang yang menggiurka namun sebisanya jangan sampai kamu memiliki utang.

Usahakan untuk menjauhi dirimu dari yang namanya berhutang. Jika kamu berhutang untuk sesuatu yang konsumtif maka impianmu untuk merasakan financial freedom sangat lah sulit. Jika berhutang untuk hal yang produktif mungkin masih bisa dibenarkan misalnya untuk modal usaha. Tapi sekali lagi usahakan jangan berhutang agar dapat memuluskan langkah kamu lebih cepat agar bebas secara finansial.

6.    Hiduplah Sederhana.

Memang hidup sederhana pada zaman sekarang sangat menyiksa, karena begitu banyak godaan untuk menghamburkan uang. Setiap masuk ke pusat perbelanjaan ada banyak tawaran diskon yang rasanya sayang untuk dilewatkan. Begitu pula setiap kali kamu membuka sosial media yang penuh dengan godaan belanja online dan potongan diskon dari beragam e-commerce.

Generasi milenial sendiri kebanyakan sudah terjebak pada konsumerisme dan sulit untuk hidup sederhana. Akibat yang tidak disadari dalam jangka panjang adalah banyak dari mereka yang susah mapan secara finansial. Meskipun sulit, cobalah untuk hidup sesederhana mungkin.

Beli hanya hal yang kamu butuhkan dan bukan sekedar kamu inginkan. Jangan mudah tergoda dengan tawaran diskon jika memang kamu tidak memerlukannya, berapa pun banyak potongan harga yang kamu dapat. Percayalah jika kamu mampu bersabar, kamu akan berhasil untuk mencapai financial freedom lebih cepat dari teman-temanmu. Ketika sudah mendapatkannya maka kamu akan sadar bahwa semua perjuanganmu tidak akan sia-sia.

7.    Menabung dan Berinvestasi.

Setelah langkah awal-awal tersebut kamu jalani dengan benar dan konsisten, maka perlahan-lahan pundi-pundi keuanganmu akan bertambah. Isi dompet yang lebih baik bukan berarti kamu bisa memperbesar pos pengeluaranmu. Tahan nafsumu untuk melakukan hal yang boros, tetap atur keuangan pribadimu, dan menabunglah.

Jika tabunganmu sudah cukup termasuk memiliki dana darurat dan kebutuan kesehatan terpenu maka saat kamu memikirkan untuk investasi. Investasi merupakan pilihan tepat untukmu yang ingin meraih financial freedom. Kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan dengan pengembalian investasi yang kamu tanamkan.

Dengan demikian, pos pendapatanmu tentunya bisa bertambah mulai dari gaji dari kantor, hasil berbisnia dan imbal hasil investasi yang kamu lakukan. Dengan berinvestasi, kamu menerapkan cara cerdas mengembangkan uangmu. Bukan berarti kamu akan bisa menjadi kaya dalam waktu singkat namun paling tidak uangmu akan tetap bernilai ketika kamu berinvestasi dengan tepat.

Dengan berinvestasi kamu telah menaruh satu kakimu untuk mencapai impian tersebut. Tinggal bagaimana kamu memilih dan mengelola dana investasinya, agar meraih profit yang membuat kedua kakimu berdiri dengan tenang menikmati hasil perjuanganmu selama ini.

Jika dapat menerapkan hal-hal tersebut kemungkinan besar kamu akan bisa mencapai level financial freedom. Mulailah menerapkannya sejak dini, agar banyak waktu untukmu belajar dalam setiap menghadapi hambatan di setiap prosesnya. Memang tidak mudah, dan tidak instan, akan tetapi percayalah jika kamu mampu memperjuangkannya maka kehidupanmu akan lebih nyaman di masa mendatang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait