5 Jenis Saham yang Cocok untuk Para Investor Pemula

5 Jenis Saham yang Cocok untuk Para Investor Pemula
5 Jenis Saham yang Cocok untuk Para Investor Pemula

Ketika memilih saham, investor pemula biasanya akan bingung memilih saham mana yang dijadikan sebagai saham pertama untuk berinvestasi. Sebenarnya tidaklah sulit bagi investor pemula dalam memilih sahamnya karena pilihannya cukup banyak. Saham-saham ini menjadi pilihan yang baik karena tepercaya dan juga memiliki transaksi yang cukup stabil karena sudah lama ada di daftar bursa saham. Selain itu karena sifatnya yang sangat dibutuhkan masyarakat, saham-saham dari sektor-sektor ini pun sangat menjanjikan karena bisa menghasilkan keuntungan yang sepadan. Saham-saham ini termasuk ke dalam saham LQ45.

Perusahaan-perusahaan ternama masuk ke dalam kategorinya. Nama-nama perusahaannya pasti juga sudah sering didengar, jadi sebenarnya tidak perlu diragukan kredibilitasnya. Tentunya untuk investor pemula, bermain aman, dan menguntungkan adalah cara yang paling bisa ditempuh. Jadi, sebenarnya kamu yang pemula tidak perlu takut untuk segera memulai. Berikut ini adalah daftar pilihan saham yang bisa jadi inspirasimu.

Saham Farmasi

Meski bukan dikatakan sebagai kebutuhan pokok, nyatanya kita membutuhkan obat. Yang namanya sakit seringnya datang tidak terduga, dan mengonsumsi obat adalah cara paling mujarab untuk mendapatkan kesehatan kembali. Kebutuhan masyarakat akan adanya obat selalu ada. Industri obat yang selalu ramai akan peminat ini membuat berinvestasi di saham farmasi menjadi pilihan yang tepat. 

Saham Consumer Goods

Saham tipe ini paling banyak diminati oleh pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia saham. Yang termasuk consumer goods adalah barang-barang bahan pokok seperti makanan, sabun, dan barang-barang lainnya yang digunakan sehari-hari. Consumer goods menjadi yang paling diidolakan karena sudah menjadi kebutuhan yang dicari oleh masyarakat. Karena itu saham perusahaannya termasuk stabil, dan memungkinkan untuk mengalami kenaikan yang cukup signifikan

Saham BUMN

Saham milik BUMN bisa juga dipilih oleh pemula karena tepercaya dan BUMN sering melakukan proyek besar-besaran demi keuntungan khalayak. Kamu yang pemula bisa memilih saham BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur. Di mana, infrastruktur ini selalu terjadi untuk pembangunan. Saham BUMN juga dikenal sebagai saham yang mudah diperjualbelikan. Jadi, tidak perlu ragu untuk memilihnya.

Saham Perbankan

Perbankan menyediakan berbagai macam jasa untuk kemudahan transaksi dan urusan keuangan lainnya. Jadi bisa dibilang saat ini kita tidak bisa hidup tanpa jasa perbankan. Wajar saja jika saham perbankan termasuk sebagai saham yang paling dicari, dan memiliki keuntungan yang cukup tinggi. Tidak hanya individu, bahkan perusahaan-perusahaan pun mengandalkan perbankan untuk kegiatan bisnisnya sehari-hari.

Saham Properti

Bisnis properti yang menjamur membuat saham properti juga cukup menjanjikan untuk menjadi pilihan awal investor pemula. Properti termasuk kebutuhan yang dicari oleh masyarakat karena dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada salahnya kamu berinvestasi di dunia property karena prospeknya yang bagus untuk ke depan. 

Itulah beberapa jenis saham yang bisa jadi inspirasi kamu dalam bermain saham. Namun, jika kamu masih pemula, ada baiknya kamu mempelajari saham dengan baik dan bijak. Pilihlah jenis saham yang memiliki kredibilitas tinggi. Dan perlu diingat, nilai saham akan mengalami penurunan dan peningkatan, biasanya jenis investasi ini adalah investasi jangka panjang, jadi jangan harap kamu bisa mendapat keuntungan hanya dalam waktu 1 tahun ya! 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait