4 Tips Memilih Bank untuk Tabungan Generasi Milenial

4 Tip Memilih Bank untuk Tabungan Generasi Milenial

Generasi milenial saat ini pasti ingat akan lagu anak yang sempat populer yang berisi ajakan untuk gemar menabung. Lagunya pasti masih membekas di ingatan, namun bagaimana soal kebiasaan menabungnya? Produk tabungan generasi milenial haruslah efektif untuk perencanaan keuangan dan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup.

Mengatur keuangan di era modern rasanya tidak akan bisa lepas dari memiliki rekening tabungan. Fungsi dasarnya adalah menabung untuk menyimpan uang agar lebih aman daripada disimpan di rumah saja. Apalagi rekening tabungan sekarang juga dilengkapi dengan kartu ATM yang berfungsi sebagai kartu debet sehingga bisa dijadikan dompet elektronik.

Setiap kali diperlukan untuk berbelanja, kamu bisa menafaatkan fitur rekening ini sebagai alat pembayaran.Cara ini jelas jauh lebih efektif bagi anak muda dibandingkan membawa uang tunai dalam jumlah banyak setiap kali bepergian atau jalan-jalan. Atau jika harus memiliki kartu kredit sebagai alat pembayaran yang selain belum familiar juga kerap kali menjadi salah satu sumber perilaku buruk menghabiskan uang dengan berutang.

Dibandingkan tingkat suku bunga yang ditawarkan, tabungan generasi milenial kini dipilih yang paling akomodatif. Kamu bisa punya uang Rp10 juta per bulan namun sia-sia jika tidak gampang diakses untuk misalnya dana darurat. Dengan menyimpannya di tabungan, kamu bisa sewaktu-waktu menarik uang untuk kebutuhan dadakan.

Beberapa juga menganggap jika tidak disimpan di tabungan, uang itu akan habis untuk kebutuhan yang tidak penting. Dengan menyimpannya di rekening maka pengelolaan keuangan bisa lebih mudah dan baik. Misalnya saja mengalokasikan sejumlah uang per tahun untuk asuransi atau sekedar membayar tagihan via internet banking yang juga sudah menjadi fitur wajib bagi tabungan generasi milenial.

Indikator Memiliki Jenis Tabungan Generasi Milenial yang Paling Efektif

Dari masih meminjam rekening orang tua, kini kamu sampai pada saatnya untuk memiliki tabungan sendiri. Gunanya untuk menyimpan uang dan mengelolanya sendiri. Di usia tertentu, generasi milenial perlu bank untuk membuat rekening tabungannya secara pribadinya.

Dahulu banyak anak muda ketika pertama kali membuka rekening sendiri akan cenderung mengikuti jejak orang tuanya dalam memiliki lembaga perbankannya. Sekarang mulai sedikit perkembang, anak muda menanyakan referensi dari sahabat atau membaca review produk tabungan generasi milenial di internet dan media sosial.

Namun banyak pula yang asal memilih saja. Misalnya saja ketika baru pertama masuk kerja, kebanyakan akan memiliki bank yang sama dengan rekening payroll mereka. Cara ini memang relatif gampang namun tidak selalu efektif untuk pengelolaan keuanganmu. Pasalnya, setiap individu atau lembaga punya pertimbangan yang berbeda untuk memiliki bank yang cocok.

Misalnya saja orang yang akan masuk masa pensiun tentu saja tak butuh bank yang kerjasama merchant-nya luas. Sedangkan anak muda jelas lebih memiliki bank yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja untuk semua kebutuhannya.

Banyak bank yang berlomba untuk menawarkan pembukaan tabungan di sekolah, kampus, bahkan di tempat wisata. Baiknya, penting untuk generasi muda memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Apa saja tip yang harus dipikirkan sebelum memilih bank?

Ini dia, empat tips memilih bank untuk produk tabungan generasi milenial.

1. Pilih yang Biaya Bulanannya Rendah

Semua bank memiliki kebijakan untuk menarik biaya layanannya setiap bulan atas fasilitan yang kamu terima. Variasi tarif bulanan mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000, tergantung jenis rekening yang kamu miliki dan kebijakan banknya. Sebaiknya pilih yang biaya bulanannya seminim mungkin agar uangmu tidak terpotong terlalu banyak.

Banyak yang menawarkan biaya bulanan rendah untuk calon nasabah yang masih duduk di bangku sekolah dan kuliah. Atau dari jangka umur, biasanya mulai usia 13 tahun sampai 25 tahun. Baiknya mengetahui benefit ini dari awal pembukaan rekening dengan berkonsultasi terlebih dahulu.

Eits! Jangan terpaku dengan pembukaan rekening gratis ya karena kadang biaya bulanannya nggak terlalu elastis. Apalagi zaman sekarang pembukaan rekening tidak membutuhkan setoran awal yang terlalu besar jumlahnya.

2. Pilih yang Fleksibel di Era Digital

Di era yang serba digital saat ini, baik bagi milenial untuk memilih yang sudah mendukung transaksi secara online. Melalui aplikasi buatan perusahaan yang bisa mendukung transaksi di smartphone lewat mobile banking dan internet banking. Nyaris tidak aga generasi milenial sekarang yang tidak memanfaatkan online banking untuk kebutuhannya.

Karena itu, kenyamanan bertransaksi akan lebih terasa jika yang kalian pilih sudah mendukung sistem digital ini. Jadi kamu tidak perlu ke bank atau ATM terdekat untuk bertransaksi di setiap saat.Saat ini banyak banyak juga sudah berinovasi dengan memiliki e-money atau e-wallet sehingga faktor ini juga bisa kamu jadikan pertimbangan.

Urusan bayar ini-itu, cek saldo dan cek uang bulanan yang masuk bisa semudah menjetikkan jari. Kamu tak perlu membuang waktu da tenaga jika rekening tabungan pilihanmu sudah mampu menyediakannya. Iya, kan?

3. Pilih Yang Sesuai Dengan Gaya Hidupmu

Sebelum memilih, generasi milenial harus kenal dengan apa yang mereka dipilih. Biasanya masing-masing memiliki layanan khusus yang diperlukan untuk nasabah milenial. Kalau kamu suka promo, pilih saja bank dengan layanan yang menyediakan banyak potongan harga di mana-mana.

Pokoknya, pilih bank yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari kamu, seperti membeli pulsa atau membayar tagihan bulanan. Sekali lagi, sesuaikan dengan lingkungan keluarga atau teman-teman terdekat kamu. Agar kehidupan sehari-harimu tidak “macet” saat melakukan transaksi.

Misalnya saja ketika kamu tinggal di daerah pedesaan maka mungkin tabungan dari Bank BRI akan lebih efektif karena jaringan dan ATM-nya tersebar hingga ke berbagai pelosok. Sedangkan jika kamu memiliki bisnis online dan butuh transkasi harian yang tinggi, bisa saja bank besar seperti BCA dan Mandiri jauh lebih cocok bagi kebutuhamu.

4. Pilih yang Bisa Diandalkan Ketika Kepepet

Bank yang sesuai untuk generasi milenial adalah yang bisa diandalkan saat kepepet. Salah satunya adalah kartu yang bisa dipakai di jaringan ATM yang berbeda. Pertimbangkan pula soal biaya yang dibebankan oleh bank pilihamu ketika tarik atau setor tunai di ATM yang berbeda.

Jadi tidak perlu kerepotan mencari mesin atm yang namanya tertera di buku tabunganmu. Ada juga yang menawarkan teknologi cardless. Ini adalah fitur tarik tunai tanpa menggunakan kartu di ATM. Asalkan ada saldonya ya, hehe!

Nah itu dia empat tips memilih bank untuk tabungan generasi milenial. Jadi, kamu bisa memilih bank dengan cermat dan tepat, sesuai dengan era saat ini dan kebutuhan sehari-hari. Menabung sendiri merupakan salah satu hal kewajiban yang perlu kamu lakukan untuk dirimu sendiri.

Di era sekarang ini, sangat riskan apabila kamu tidak memiliki tabungan sama sekali. Nantinya kamu akan kesulitan apabila memiliki kebutuhan mendadak misalnya biaya berobat atau reparasi rumah. Pastikan kamu memiliki dua jenis rekening berbeda untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan untuk dana darurat.

Tabungan untuk dana darurat sendiri harus gampang diakses sewaktu-waktu kamu membutuhkan. Disiplin lah mengalokasikan besaran tabungan dana darurat itu setiap kali kamu mendapatkan penghasilan atau gaji. Dengan demikian, paling tidak kamu telah mengamankan diri sampai beberapa waktu mendatang.

Langkah keuangan lain yang juga harus diambil ialah berinvestasi setelah memiliki tabungan yang tepat dan sesuai. Sisihkan sedikit uangmu untuk mulai berinvestasi. Kamu bisa memilih produk investasi yang tak perlu modal banyak namun tetap menghasilkan. Misalnya saja alternatif membuka tabungan emas, tabungan saham atau berinvestasi reksa dana.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait