3 Investasi untuk Pemula, Cocok Buat yang Modalnya Minim

investasi untuk pemula
investasi untuk pemula

Berinvestasi adalah rekomendasi terbaik yang bisa diberikan untuk mempersiapkan masa depan. Namun banyak orang yang ragu untuk mulai karena takut salah pilih investasi. Bukannya untung, malah buntung karena uang lenyap tak bersisa. Kekhawatiran ini harus lah ditepiskan karena ada rekomendasi investasi untuk pemula yang sangat terjangkau.

Maksud dari terjangkau bukan hanya karena produk investasi itu membutuhkan modal awal yang sedikit namun juga mekanisme yang gampang bagi orang awam. Investasi sendiri bukan hanya dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan bagi investornya namun juga untuk membantu perekonomian di suatu wilayah atau negara.

Iklim investasi yang sehat menjadi indikator bahwa tingkat perekonomian suatu wilayah dalam kondisi yang baik. Karena itu tak seharusnya orang takut untuk mulai berinvestasi apalagi anak muda yang belum memiliki banyak beban finansial. Milenial seharusnya memiliki kemampuan yang lebih untuk menanamkan modalnya pada instrumen investasi.

Terlebih lagi rentang usia milenial saat ini menjadi titik awal yang sangat tepat untuk mulai memiliki investasi. Selain karena beban ekonomi yang lebih sedikit, alasan lainnya adalah kamu bisa memanfaatkan jangka waktu yang panjang untuk mendapatkan hasil lebih optimal. Meskipu ada banyak investasi sesuai dengan jangka waktunya, semakin lama kamu berinvestasi maka semakin besar pula hasilnya.

Ambil contoh ketika kamu berinvestasi di pasar modal dengan instrumen seperti saham, obligasi atau sukuk maka waktu akan memberikan hasil terbaik. Investasi sendiri merupakan prioritas untuk dilakukan setelah kamu memiliki dana harian yang cukup, dana darurat dan asuransi. Bahkan sebenarnya kamu tidak butuh modal besar untuk mulai berinvestasi.

Mungkin selama ini banyak salah kaprah mengira investasi harus dilakukan dengan modal puluhan juta rupiah. Salah paham ini merupakan hasil dari penggambaran media yang kurang tepat serta rendahnya literasi investasi di Indonesia. Kini dengan hadirnya industri fintech, kamu bahkan bisa berinvestasi hanya dengan uang puluhan ribu saja. Tentu saja selama kamu bisa memilih instrumen yang tepat dengan dana tersebut.

Rekomendasi Investasi Untuk Pemula, Tak Perlu Modal Besar tapi Pasti Cuan

Investasi untuk pemula memang benar-benar ada dan bukan hanya sekedar lip service industri keuangan saja. Pemerintah sendiri berupaya menggenjot minat masyarakat untuk berinvestasi dengan terus berinovasi menghadirkan produk investasi yang terjangkau.

Sayangnya masyarakat banyak yang belum tahu akan adanya investasi untuk pemula ini karena kurangnya perhatian. Hal ini tentu saja disayangkan karena mendatangkan kerugian bagi kita sendiri. Betapa tidak, dengan berinvestasi maka nilai uangmu akan terus berkembang tanpa kamu harus susah payah melakukannya.

Bahkan, investasi kini menjadi hal yang wajib bagi semua orang kini agar uang yang dimiliki bisa bertahan menghadapi inflasi yang terus meningkat tajam. Tanpa investasi, uang hasil jerih payahmu itu akan kehilangan nilainya begitu saja dan keringatmu juga akan menguap sia-sia. Karena itu, bahkan investor pemula pun bisa mulai berinvestasi dengan uang sebesar Rp200 ribu.

Jika kamu hanya punya modal uang Rp200 ribu, kamu bisa melakukan investasi untuk pemula yang telah redaksi Ajaib himpun ini. Beragam jenis investasi untuk pemula yang ada saat ini berhasil menarik perhatian dari calon investor.

Beberapa jenis investasi yang saat ini sedang naik daun ialah investasi saham, emas, properti, hingga reksa dana. Dari beragam investasi untuk pemula itu, jika hanya dilihat secara kacamata awam, membutuhkan modal yang cukup besar, apalagi jika ingin terjun ke investasi properti.

Padahal, ada beberapa jenis investasi yang bisa dimulai oleh investor pemula yang hanya punya modal uang Rp200 ribu saja. Lalu, apa sajakah itu?

1.  Investasi Saham

Jika dilihat, investasi saham ini membutuhkan modal yang cukup besar. Apalagi jika kamu mengincar untuk membeli saham blue chip, yang notabene saham dengan valuasi di atas Rp40 triliun. Sudah pasti harga saham per lotnya bisa di atas uang Rp200 ribu.

Namun, apakah kamu tahu bahwa ada saham-saham yang bisa dibeli dengan uang Rp200 ribu saja tapi bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan? Untuk mengetahuinya, kamu harus selalu memantau dan mencari informasi di internet.

Saat ini juga sudah banyak platform yang membantumu untuk mencari informasi terkait saham murah namun keuntungannya lumayan. Maka dari itu, jangan pernah takut memulai investasi saham walaupun uangmu hanya sebesar Rp200 ribu saja.

2.  Investasi Emas

Selanjutnya, ada investasi emas. Investasi jenis ini menjadi pilihan. Hal itu dikarenakan emas cenderung stabil bahkan bisa mengalami kenaikan tiap tahunnya. Untuk memulai investasi emas ini, kamu bisa memulainya dengan uang Rp200 ribu.

Loh kok bisa? Padahal harga per gramnya saja lebh dari itu.

Ya, kamu bisa membeli emas digital di berbagai platform yang tersedia. Saat ini, kamu bisa membeli emas digital di Tokopedia, Pegadaian, dan lain sebagainya. Untuk bisa memulainya juga cukup mudah.

Jika kamu memilih untuk investasi emas melalui Tokopedia, kamu cukup membuat akun dan melakukan verifikasi data. Setelah itu baru kamu bisa membeli emas.

Sementara, jika kamu memilih untuk memulai investasi emas menggunakan Pegadaian, kamu cukup mendatangi kantor cabang pegadaian terdekat. Setelah itu, buat rekening emas di kantor cabang Pegadaian tersebut. Kamu cukup siapkan data-data pribadimu seperti kartu identitas dan sebagainya. Setelah itu kamu bisa mulai untuk menabung emas dengan bermodalkan uang Rp200 ribu saja.

3.  Reksa Dana

Investasi reksa dana ini merupakan jenis investasi untuk pemula yang paling mudah. Sebab, kamu cukup menyetorkan sejumlah uang dan nantinya akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah profesional di bidangnya.

Adapun jenis reksa dana terbagi menjadi 4 yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana obligasi, reksa dana pasar saham, dan yang terakhir ialah reksa dana campuran. Tiap-tiap reksa dana tersebut memiliki keunggulan dan risiko yang berbeda-beda.

Jika reksa dana pasar uang memiliki risiko rendah namun keuntungan yang didapatkan juga rendah. Reksa dana obligasi berada satu tingkat di atas reksa dana pasar uang, dan yang paling berisiko tinggi ialah reksa dana pasar saham. Meski begitu, reksa dana pasar saham ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Itulah beberapa rekomendasi terbaik investasi untuk pemula dengan modal uang Rp200 ribu saja. Tentu saja uang sebesar itu adalah jumlah yang terjangkau apalagi demi masa depan finansial yang lebih baik. Kamu bisa menyisihkannya ketika gajian tiba atau sedikit berhemat untuk modal awal berinvestasi.

Yang perlu diingat, sebelum mulai investasi kamu harus menentukan tujuan investasi terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa tahu investasi mana yang akan diambil. Yuk berinvestasi, agar masa depanmu terjamin.

Bacaan menarik lainnya:

Widoatmodjo, Sawidji. (2009). Pasar Modal Indonesia. Jakarta : Ghalia Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait