Mengenal Asuransi Umum dan Asuransi Unik di Indonesia

Asuransi

Asuransi saat ini sudah banyak jenisnya karena kebutuhan manusia sendiri semakin bertambah. Manfaat pertanggungan ini memang jelas, karena umumnya melindungi segala sesuatu yang memiliki risiko.

Dengan produk pertanggungan ini segala sesuatu yang memiliki risiko itu dapat dibayarkan atau diberikan ganti rugi. Pada dasarnya segala sesuatu yang ada di sekitar kita ini memiliki risiko, dan sudah sewajarnya diasuransikan.

Masyarakat Indonesia sendiri dikatakan masih banyak yang belum menyadari pentingnya memiliki polis. Padahal kehadirannya dapat mempermudah hidup. Keberadaannya seperti payung yang bisa melindungi dari segala badai hujan.

Membeli asuransi memang dianjurkan, tapi harus tetap melihat kebutuhan. Jangan sampai kamu memilih asuransi kendaraan, padahal kamu sendiri tidak memiliki kendaraan bermotor, dan tentunya itu konyol. Itu di luar kebutuhan yang kamu miliki. Kamu harus memilih produk pertanggungan yang bermanfaat secara pas terhadap hidupmu.

Sekarang produk polis memang sangat banyak. Di antaranya ada yang cukup umum, yang sudah sepatutnya kamu miliki, dan tidak ada kerugian jika kamu memilikinya. Selain itu ada juga yang tidak umum, yang mungkin jarang dimiliki orang-orang, tapi cukup unik juga dan ada orang yang membutuhkannya.

Mari kita bahas dulu jenis asuransi yang umum dimiliki orang-orang.

1. Asuransi Kesehatan

Polis kesehatan merupakan salah satu polis umum yang dimiliki oleh masyarakat. Kehadirannya termasuk penting karena meng-cover biaya untuk pengobatan dan perawatan selama di rumah sakit. Polis ini bisa kamu daftarkan sebelum sakit, agar nantinya ketika sakit kamu tinggal melakukan klaim. Jika baru mendaftar polis kesehatan ketika sakit kamu harus menyiapkan banyak dokumen.

Namun, sebelum mendaftarkan polis ini kamu harus bertanya terlebih dahulu jenis penyakit apa saja yang di-cover oleh perusahaan asuransimu. Karena biasanya tidak semua jenis penyakit dan penawaran di-cover oleh mereka. Jadi ketika mendaftar kamu harus tahu alasan mengapa asuransimu tidak bisa diklaim.

2. Asuransi Kendaraan Bermotor

Pemegang polis jenis ini patut dimiliki olehmu yang punya kendaraan bermotor. Baik mobil ataupun motor yang kamu miliki, jangan ragu memiliki polis untuk kendaraan bermotor karena sangat penting. Jika kamu memiliki polisnya, kamu dapat melakukan klaim ketika mengalami kecelakaan.

Risiko kecelakaan paling mengintai pemilik kendaraan bermotor. Lalu, ketika kamu ingin melakukan service karena terjadi kerusakan pun bisa mendapatkan ganti rugi. Peran memiliki polis kendaraan bermotor lainnya adalah ketika kendaraan bermotor milikmu hilang dicuri, kamu bisa diberikan ganti rugi oleh perusahaan asuransimu.

Memiliki polis ini akan sangat membantu bagi mereka yang punya kendaraan bermotor.

3. Asuransi Pendidikan

Jika kamu sudah memiliki anak dan ingin anak punya pendidikan yang berkualitas hingga ke jenjang tertinggi, tidak ada salahnya untuk memiliki produk polis ini. Kamu bisa membayar polisnya dimulai saat anak masih kecil sehingga uang yang akan terkumpul pun akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Ketika kamu sudah masuk waktu pensiun dan anakmu masih bersekolah, kamu tidak pusing lagi dengan biaya pendidikan karena telah menyiapkannya dari jauh hari.

4. Asuransi Perjalanan

Ketika melakukan perjalanan jauh, tidak ada salahnya membayar untuk polis asuransi perjalanan. Polis ini bisa dibayarkan ketika kamu melakukan perjalanan. Jika kamu bekerja dengan banyak melakukan perjalanan jauh sebaiknya kamu memiliki asuransi perjalanan.

Salah satu polis ini bisa membantumu untuk mendapatkan ganti rugi apabila mengalami sesuatu hal yang tidak diinginkan ketika dalam perjalanan.

Setelah mengetahui polis yang umum, kamu juga patut mengetahui produk polis yang tampaknya langka, tapi dibutuhkan juga oleh banyak orang, juga bisa dibilang unik. Di bawah ini adalah polis yang unik yang ada di Indonesia.

1. Asuransi Kegiatan Ekstrem

Melakukan kegiatan ekstrem biasanya dilakukan oleh orang tertentu dan ketika berhasil melakukannya ada kepuasan tersendiri. Misalnya saja bersepeda di pegunungan, melakukan panjat tebing, lalu melakukan balap mobil, dan berbagai macam kegiatan ekstrem lain yang menantang untuk dilakukan.

Namun kegiatan ekstrem seperti ini cukup berbahaya. Risikonya sangat besar karena kamu bisa saja mengalami kecelakaan fatal? Dan kamu bisa saja kehilangan nyawa ketika melakukannya. Karena itu asuransi kegiatan ekstrem ini sebaiknya dimiliki olehmu yang senang melakukan kegiatan ekstrem.

2. Asuransi Satelit

Indonesia memiliki satelit yang ada di luar angkasa dan dipergunakan untuk kepentingan komunikasi jarak jauh dan juga membantu masyarakatnya dalam berbagai macam kegiatan. Karena itu keberadaan asuransi ini termasuk penting dan harus dilindungi. Ada perusahaan asuransi yang memiliki produk untuk satelit.

Asuransi ini bisa diklaim ketika satelit mengalami kerusakan karena alasan yang tidak diketahui. Dan bisa juga diklaim ketika melakukan pergantian baterai. Polis ini memang termasuk unik dan hanya ada satu perusahaan yang memiliki produknya.

3. Asuransi Pertanian

Polis satu ini disediakan untuk mereka yang pekerjaan utamanya adalah bertani atau untuk mereka yang memiliki lahan pertanian. Polisnya bisa membantu petani ketika mengalami kerugian. Misalnya saja kerugian yang disebabkan karena banjir yang datang mendadak, serangan hama, lalu kerusakan akibat terjadinya bencana alam. Semua hal itu bisa diatasi dengan polis yang seperti ini.

4. Asuransi Hole in One

Ini juga merupakan asuransi unik yang ada di Indonesia. Polis ini diperuntukkan kamu yang hobi bermain golf. Setiap berhasil memasukkan bola dalam hitungan tertentu, kamu bisa mendapatkannya. Kedengarannya ini mungkin aneh, tapi termasuk unik juga karena merupakan polis yang jarang ada di Indonesia.

5. Asuransi Hewan Peliharaan

Polis ini bisa kamu miliki terutama untukmu yang memiliki hewan peliharaan di rumah. Yakni berupa ganti rugi atau bantuan ketika hewanmu sedang sakit. Apabila hewan yang kamu pelihara juga mati, kamu bisa melakukan klaim asuransi untuk mendapatkan ganti rugi.

Bacaan menarik lainnya:

OJK. (2019). Statistik Perasuransian Indonesia, 2019. Otoritas Jasa Keuangan.

Gramat. Amrin, Abdullah. (2007). Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: Grasindo


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait