Milenial, Perencanaan Keuangan

Cara Melunasi Utang yang Tidak Bikin Pusing

cara melunasi utang

Ajaib.co.id – Bagaimana cara melunasi utang secara efisien? Simak ulasan berikut ini ya!

Berutang sebenarnya sah-sah saja jika memang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan sifatnya produktif seperti untuk modal usaha atau membeli rumah dan sebaiknya jangan pernah mengambil utang untuk memenuhi gaya hidup saja. Mengambil utang pun ada batasannya, agar dalam melunasinya tidak mengganggu keuangan untuk kebutuhan pokok dan masih bisa menabung atau berinvestasi.

Jika saat ini kamu sedang terlilit utang, Ajaib akan memberikan tips cara melunasi utang secara efisien yang bisa segera kamu praktikan!

Rekap Seluruh Utangmu

Hitung kembali berapa besar tagihan utang yang kamu miliki. Idealnya, pos pengeluaran yang digunakan untuk membayar hutang tidak lebih 30% dari gaji bulanan. Jika total jumlah utangmu sudah lebih dari 30% artinya kondisi keuangan kamu sedang tidak sehat.

Jika kamu memiliki beberapa cicilan utang, urutkan dulu utang-utangmu berdasarkan bunga tertinggi hingga terendah. Prioritaskan untuk membayar yang memiliki suku bunga paling tinggi.

Langsung Pisahkan Uang

Cara ini cukup efektif karena kamu sudah melakukan persiapan dari awal. Kamu bisa membayar utang di hari yang sama ketika kamu mendapatkan gaji. Ketika kamu membayarnya di hari yang cukup jauh atau malah dekat dengan akhir bulan sekali, kamu malah akan keteteran sendiri karena uangnya kurang.

Meskipun pendapatan kamu digunakan untuk keperluan penting lainnya, tapi kamu juga harus prioritaskan pembayaran utang. Apalagi jika kamu harus membayar kredit rumah yang ada jatuh tempo di waktu tertentu, sebaiknya langsung disisihkan di awal.

Menghemat Pengeluaran

Kamu pasti tahu apa saja yang perlu kamu beli dan apa saja yang bisa kamu tunda untuk memilikinya. Di sinilah kamu bisa melakukan penghematan. Kedengarannya mustahil, namun ada beberapa pengeluaran yang bisa kamu hemat agar lebih efisien lagi.

Misalnya, sebelumnya, kamu sering makan di restoran yang harganya cukup mahal, sekarang cobalah makan di restoran yang menyediakan makanan enak, tapi harganya tetap terjangkau. Atau pindah tempat tinggal, yang awalnya menyewa kost-kosatan dengan tipe VIP, cobalah sewa kamar studio. Lalu hindari membeli hal-hal yang tidak perlu.

Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika kamu punya waktu yang cukup selain bekerja kantoran, tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan bisa dalam bentuk apa saja, misalnya kamu berjualan online kecil-kecilan, mengerjakan proyek di luar proyek perusahaan, menyediakan jasa bayar dengan bakat yang kamu miliki, dan lain-lain. Saat ini banyak orang kantoran yang mengerjakan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan pemasukan tambahan secara cepat. Mungkin nanti kamu akan agak kelelahan, tapi lelahnya itu sesuai dengan hasil yang kamu dapatkan.

Nah bagi kamu karyawan yang memiliki waktu terbatas, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan untuk membayar utang dengan cepat. Bagaimana caranya? Kamu bisa mulai dengan memulai bisnis online dropshipper. Meski tanpa modal, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat. Kamu juga bisa mulai dengan bisnsi sampingan lain seperti fotografer, penulis, jualan pulsa, dan sebagainya.

Jual Aset atau Menyewakan Barang-barang yang Sudah Tidak Terpakai

Coba perhatikan barang-barang yang kamu miliki di rumah dan sudah tidak terpakai lagi. Menjual atau menyewakan barang-barang tersebut dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan uang tunai yang bisa digunakan untuk mencicil hutang.

Berikut adalah daftar contoh barang-barang yang bisa menjadi sumber uang untuk Kamu:

  • Kamu punya ruangan atau kamar yang tidak terpakai dirumah? Sewakan kamar tersebut, kamu bisa mendapatkan uang sewa tanpa harus bekerja.
  • Jual barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai (TV, lemari, baju bekas yang masih bagus, buku bekas, furnitur, laptop, handphone sepatu dll)
  • Sewakan motor atau mobilmu
  • Jika kamu sudah terlanjur membeli tiket pesawat, tiket hotel, tiket konser, sebaiknya batalkan saja dan dapatkan pengembalian uang untuk digunakan membayar utang.

Jika memiliki perhiasan emas kamu juga bisa menjualnya. Atau kamu bisa mencairkan investasi kamu. Namun, pastikan investasi yang kamu miliki adalah investasi yang bisa dicairkan kapan saja tanpa terikat jangka waktu, misalnya investasi reksa dana. Dengan mencairkan reksa dana, kamu bisa dengan mudah melunas utang dengan cepat.

Manajemen Utang

Kamu juga bisa lunasi utang dengan cepat dengan melakukan manajemen utang. Meski kedengarannya sulit, ini bisa membantu kamu melunasi utang tanpa harus memiliki uang.

Bagaimana bisa? Tentu ini bisa kamu lakukan dengan mudah, caranya? Kamu bisa mendatangi bank atau lembaga tempat kamu memiliki utang dan berkonsultasi dengan mereka.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti, transfer balance kartu kredit (pemindahan tagihan dari bank A ke bank B yang bunganya lebih rendah), KPR Take Over (pemindahan KPR dari bank A ke bank B yang berikan bunga flat), memperpanjang tenor dan mengecilkan cicilan, dan masih banyak lagi.

Konsultasi dengan Profesional

Kamu juga bisa mencari orang yang profesional dan lebih berpengalaman dalam masalah keuangan. Biasanya, orang-orang profesional ini bisa lebih mudah memahami strategi yang tepat dalam melunasi utang lebih cepat. Cobalah minta saran kepada mereka mengenai apa yang sebaiknya dilakukan, dan langkah-langkah apa yang harus diambil berdasarkan kondisi keuangan saat ini.

Konsultan keuangan yang bekerja di bawah perusahaan manajemen keuangan biasanya akan membantu kamu melakukan negosiasi langsung dengan bank untuk membantu kamu. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi lebih dahulu dengan orang tua, saudara, teman atau orang yang kamu percaya. Dengan begitu kamu setidaknya bisa mengeluarkan apa yang kamu pikirkan dan tidak menanggung sendiri beban pikiran tersebut.

Jika kamu merasa perlu berkonsultasi dengan profesional namun tidak memiliki dana lebih untuk membayar biaya konsultasi, kamu bisa menghubungi Tim Financial Expert Ajaib. Kamu bisa berkonsultasi gratis dan tidak dikenakan biaya apapun. Selamat mencoba!

Artikel Terkait