Cara Melunasi Utang yang Tidak Bikin Pusing Milenial

cara melunasi utang
cara melunasi utang

Cara melunasi utang secara efisien ini perlu milenial ketahui karena akan sangat membantu kamu-kamu yang tengah terlilit utang. Macam-macam utang itu ada banyak. Ada yang berutang untuk keperluan pribadi, ada yang berutang untuk membeli rumah, hingga ada yang berutang untuk memenuhi gaya hidup.

Berutang itu kadang mudah, tapi yang sulit adalah membayar utangnya. Karena itu trik-trik ini bisa kamu praktikkan agar bisa membayar utangmu tanpa kendala. Inilah cara melunasi utang yang tidak bikin pusing.

Menghemat Pengeluaran

Kamu pasti tahu apa saja yang perlu kamu beli dan apa saja yang bisa kamu tunda untuk memilikinya. Di sinilah kamu bisa melakukan penghematan. Misalnya, sebelumnya, kamu sering makan di restoran yang harganya cukup mahal, sekarang cobalah makan di restoran yang menyediakan makanan enak, tapi harganya tetap terjangkau. Lalu hindari membeli hal-hal yang tidak perlu.

Kedengarannya mustahil. namun ada beberapa pengeluaran yang bisa kamu hemat agar lebih efisien lagi seperti, pindah tempat tinggal, yang awalnya menyewa kost-kosatan dengan tipe VIP, cobalah sewa kamar studio. Jika biasanya kamu bekerja membawa mobil, mulailah coba memanfaatkan angkutan umum, dan sebagainya

Langsung Pisahkan Uang

Cara ini cukup efektif karena kamu sudah melakukan persiapan dari awal. Kamu bisa membayar utang di hari yang sama ketika kamu mendapatkan gaji. Ketika kamu membayarnya di hari yang cukup jauh atau malah dekat dengan akhir bulan sekali, kamu malah akan keteteran sendiri karena uangnya kurang. Meskipun pendapatan kamu digunakan untuk keperluan penting lainnya, tapi kamu juga harus prioritaskan pembayaran utang. Apalagi jika kamu harus membayar kredit rumah yang ada jatuh tempo di waktu tertentu, sebaiknya langsung disisihkan di awal.

Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika kamu punya waktu yang cukup selain bekerja kantoran, tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan bisa dalam bentuk apa saja, misalnya kamu berjualan online kecil-kecilan, mengerjakan proyek di luar proyek perusahaan, menyediakan jasa bayar dengan bakat yang kamu miliki, dan lain-lain. Saat ini banyak orang kantoran yang mengerjakan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan pemasukan tambahan secara cepat. Mungkin nanti kamu akan agak kelelahan, tapi lelahnya itu sesuai dengan hasil yang kamu dapatkan.

Nah bagi kamu karyawan yang memiliki waktu terbatas, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan untuk membayar utang dengan cepat. Bagaimana caranya? Kamu bisa mulai dengan memulai bisnis online dropshipper. Meski tanpa modal, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat. Kamu juga bisa mulai dengan bisnsi sampingan lain seperti fotografer, penulis, jualan pulsa, dan sebagainya.

Meminta Bantuan

Tidak ada salahnya jika kamu meminta bantuan kepada orang terdekat ketika kamu sedang terdesak. Orang terdekat biasanya akan mengerti keadaanmu dan akan memberikan bantuan yang kamu butuhkan. Yang penting kamu jangan pernah melupakan kebaikan mereka yang pernah membantumu. Dan jika mereka membutuhkan bantuan juga kamu sebaiknya membantu mereka.

Pikirkan Ulang

Prinsip berutang adalah ketika kamu berutang kamu yakin akan mampu melunasinya. Jangan kamu berutang ketika kamu tidak yakin bisa melunasinya karena itu akan memengaruhi pikiranmu yang malah nantinya akan membuatmu rugi sendiri. Kamu harus tetap yakin bisa membayar utang dan jangan kabur daripada utangnya terus bertambah.

Manajemen Utang

Kamu juga bisa lunasi utang dengan cepat dengan melakukan manajemen utang. Meski kedengarannya sulit, ini bisa membantu kamu melunasi utang tanpa harus memiliki uang. Bagaimana bisa? Tentu ini bisa kamu lakukan dengan mudah, caranya? Kamu bisa mendatangi bank atau lembaga tempat kamu memiliki utang dan berkonsultasi dengan mereka. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti, transfer balance kartu kredit (pemindahan tagihan dari bank A ke bank B yang bunganya lebih rendah), KPR Take Over (pemindahan KPR dari bank A ke bank B yang berikan bunga flat), Memperpanjang tenor dan mengecilkan cicilan, dan masih banyak lagi.

Konsultasi dengan Profesional

Kamu juga bisa mencari orang yang profesional dan lebih berpengalaman dalam masalah keuangan. Biasanya, orang-orang profesional ini bisa lebih mudah memahami strategi yang tepat dalam melunasi utang lebih cepat. Cobalah minta saran kepada mereka mengenai apa yang sebaiknya dilakukan, dan langkah-langkah apa yang harus diambil berdasarkan kondisi keuangan saat ini.

Konsultan keuangan yang bekerja di bawah perusahaan manajemen keuangan biasanya akan membantu kamu melakukan negosiasi langsung dengan bank untuk membantu kamu. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi lebih dahulu dengan orang tua, saudara, teman atau orang yang kamu percaya. Dengan begitu kamu setidaknya bisa mengeluarkan apa yang kamu pikirkan dan tidak menanggung sendiri beban pikiran tersebut.

Mencairkan Investasi yang Kamu Miliki

Bagi kamu yang ingin melakukan pelunasan utang dan ingin terbebas dari utang, kamu bisa mencairkan investasi kamu. Namun, pastikan investasi yang kamu miliki adalah investasi yang bisa dicairkan kapan saja tanpa terikat jangka waktu, misalnya investasi reksa dana. Dengan mencairkan reksa dana, kamu bisa dengan mudah melunas utang dengan cepat.

Selain bisa digunakan untuk melunasi utang, investasi reksa dana juga bisa membantu kamu memenuhi berbagai kebutuhan dan tujuan investasi kamu, misalnya untuk dana darurat, dana pendidikan, pensiun, dan sebagainya.

Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana yang dapat membantu kamu memenuhi tujuan investasi dengan lebih mudah. Di mana, dengan Ajaib kamu tidak perlu lagi pusing melakukan analisa secara detail, karena kamu akan dibantu oleh manajer investasi dan mereka lah yang akan membantu kamu mengelolanya dengan mudah. Jangan lupa juga untuk memilih jenis investasi yang sesuai dengan tujuanmu, apakah reksa dana pendapatan tetap, reksa dana obligasi, reksa dana saham, reksa dana pasar uang, dan sebagainya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait