Pahami Skema dari KPR Perumahan Syariah

Pahami Skema dari KPR Perumahan Syariah
Pahami Skema dari KPR Perumahan Syariah

Properti atau perumahan syariah tumbuh menjadi alternatif pilihan di saat meningkatnya kesadaran masyarakat akan konsep syariat islam. Properti syariah atau yang dikenal sebagai KPR Syariah memiliki fokus yang  terletak pada skema kepemilikan rumah dengan menggunakan akad-akad yang disesuaikan dengan syariat Islam salah satunya adalah akad istishna. Seperti apa skemanya, yuk kita lihat dibawah ini.

Transaksi Murni Jual Beli Tunai Maupun Kredit

Secara sederhana, skema properti syariah atau perumahan syariah dapat dijelaskan melalui proses transaksi pembelian rumah yang langsung kepada pihak pengembang atau developer properti syariah

Jadi, dengan mengambil rumah syariah di sini, kamu tidak memerlukan campur tangan bank konvensional yang menerapkan bunga bank. Dengan kata lain, transaksi KPR syariah ini hanya terjadi antara konsumen sebagai pembeli dan developer sebagai penjual, juga bank berbasis syariah sebagai pihak ketigayang membantu membiayai rumah tersebut.

Nantinya, kamu sebagai pembeli harus membayari cicilan kepada pihak bank syariah yang dipilih berdasarkan margin yang menjadi kesepakatan di awal, bukan bunga yang terus berjalan naik tiap tahunnya. Selain itu, dalam transaksi jual beli pada properti syariah, konsumen juga tidak akan dibebankan biaya administrasi oleh developer.

Harga Jual Tetap

Saat berakad (melakukan perjanjian) diawal maka akan disepakati satu harga yang dipilih oleh pihak developer dan juga konsumen. Beberapa hal yang ada dalam akad perumahan syariah mencakup tunai maupun cicilan. Selain itu juga dicantumkan mengenai jangka waktu cicilan yang bervariasi, bisa selama 5 tahun, 10 tahun, atau justru 15 tahun. Jadi, seluruh syarat maupun hal-hal yang harus disampaikan dalam perjanjian haruslah jelas sedari awal, dan bukan di tengah atau justru akhir proses.

Cicilan Rumah Bersifat Tetap

Satu kelebihan dari properti syariah yang menjadi ciri khas properti syariah yang lainnya adalah terletak pada jumlah cicilan yang nilainya tetap dan tidak berubah sekalipun suku bunga yang ditetapkan BI berubah dan kondisi ekonomi berfluktuasi. Pihak pengembang tidak akan memberikan denda atau justru penyitaan sebagai konsekuensinya pada saat kamu tidak mampu membayar cicilan dikarenakan satu maupun lain hal.

Pihak developer akan memberikan kemudahan ini dengan syarat, pada saat berada di kondisi tersebut, kamu sebagai konsumen wajib memberi tahu pihak pengembang secara jujur dan apa adanya mengenai masalah yang dihadapi agar pihak developer atau bank dapat memberikan kebijakan terbaik bagi kedua belah pihak, tanpa merugikan kedua belah pihak dengan pengenaan denda maupun penalti.

Jadi, pada saat sekarang ini sistem properti syariah hadir sebagai pilihan buat kamu yang ingin membeli dan memiliki rumah hunian syariah dengan cara aman, sehat, dan paling penting sesuai dengan aturan Islam. Hal ini sesuai dengan konsep syariah yang diusung “bebas” riba bunga bank, tanpa penyitaan, dan denda dan juga akad yang bermasalah.

Buat kamu yang ingin membeli properti syariah namun belum memiliki DP. Yuk mulai nabung Reksa Dana di Ajaib. Karena di reksa danalah kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih cepat dibanding nabung di bank!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait