3 Bank dengan Program Tabungan Haji yang Bisa Kamu Pilih

3 Bank dengan Program Tabungan Haji yang Bisa Kamu Pilih
3 Bank dengan Program Tabungan Haji yang Bisa Kamu Pilih

Bagi umat muslim, melakukan ibadah haji adalah idaman yang dinanti. Haji merupakan rukun islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat. dan puasa. Menunaikan ibadah haji juga merupakan  bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslimin sedunia yang mampu.

Dikarenakan dana yang dikeluarkan terbilang tidak sedikit. Bagi kamu yang berencana melakukan ibadah Haji, sebaiknya kamu mulai mengambil tabungan haji untuk mewujudkan impianmu lebih mudah dan aman. Ada banyak bank yang membuka program tabungan Haji, mulai dari konvensional hingga syariah. Sebelum menentukan bank yang akan Anda pilih, cek yuk apa-apa saja keunggulan dan prasyaratannya.

Tabungan Mabrur Bank Syariah Mandiri 

Tabungan ini merupakan tabungan dalam mata uang Rupiah yang membantu kamu mewujudkan pelaksanaan ibadah haji & umrah. Fitur tabungan ini berdasarkan prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah. Di mana, kamu tidak dapat mencairkan kecuali untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji/ Umrah (BPIH).

Dengan tabungan ini, kamu cukup menyetorkan uang minimal Rp100.000 di awal dan minimal Rp100.000 untuk setoran selanjutnya. Untuk pendaftaran ke SISKOHAT atau Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu, kamu harus bisa mengumpulkan dana minimal Rp25.100.000 atau sesuai ketentuan dari Kementerian Agama. Jika dirasa kamu tidak memiliki kemampuan untuk melanjutkan, kamu hanya akan dikenakan biaya penutupan rekening sebesar Rp25.000. Tertarik? Kamu hanya perlu mempersiapkan Kartu identitas: KTP/Paspor nasabah dan NPWP jika ingin membuka rekening ini.

Tabungan Mabrur Junior

Tabungan ini bisa membantu pelaksanaan ibadah haji & umrah. Fiturnya berdasarkan prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah. Nama yang tercantum di buku tabungan ini adalah nama anak. Sama dengan tabungan haji sebelumnya, tabungan ini juga tidak dapat dicairkan kecuali untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji/ Umrah (BPIH).

Hanya dengan setoran awal Rp100.000 dan setoran selanjutnya minimal Rp100.000, kamu bisa didaftarkan ke SISKOHAT ketika dana yang terkumpul telah mencapai Rp25.100.000 atau sesuai ketentuan dari Kementerian Agama. Tabungan ini bisa kamu gunakan untuk mendaftarkan anakmu yang masih belum memiliki KTP atau minimal usia 12 tahun. Kamu hanya perlu menyiapkan KTP/Paspor orang tua dan akte lahir anak dan NPWP orang tua.

BTN Batara Haji & Umroh iB

Produk tabungan untuk merencanakan ibadah haji dan umroh berdasarkan prinsip syariah dengan menggunakan akad “Mudharabah Mutlaqah” (Investasi), yang merupakan kerja sama antara dua pihak dengan keuntungan dan kerugian dibagi menurut nisbah yang disepakati di muka. Setoran Awal Rp100.000 dan minimal setoran berikutnya Rp100.000, serta saldo minimum mengendap Rp100.000.

Syarat dan Ketentuan membuka rekening ini pun mudah. Warga Negara Indonesia (WNI ) maupun Warga Negara Asing (WNA) diperbolehkan untuk menjadi calon haji. Rekening ini juga diperbolehkan untuk orang pribadi maupun lembaga, di mana nama rekening akan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap segala kewajiban yang timbul dari rekening tersebut. Wajib melampirkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

Rekening dinyatakan aktif dan bisa digunakan secara efektif setelah disetujui dan diaktifkan oleh Bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank. Untuk persyaratan dokumen untuk pribadi adalah:

1. WNI (> 17 th) KTP/SIM/Paspor & NPWP dan WNI (<17 th).
2. Kartu Pelajar
3. Akta Kelahiran & Surat Pernyataan Orang tua sebagai beneficiary owner.
4. WNA berupa  Paspor & KITAS/KITAP yang masih berlaku.

Cara mendaftarnya cukup mudah  siapkan dokumen yang lengkap dan uang yang cukup untuk penyetoran pertama. Kunjungi cabang Bank BTN Syariah terdekat dan datangi bagian customer service untuk membuka rekening tabungan BTN Haji & Umroh iB. Isi formulir dan serahkan semua dokumen yang telah di persiapkan. Ikuti semua prosedur yang di arahkan costumer serviceRekening tabungan BTN Haji & Umroh iB  telah siap digunakan BTN Haji & Umroh iB  

Tabungan Haji Bank Negara Indonesia (BNI) 

Manfaat dari tabungan ini adalah untuk meringankan persiapan dana untuk menunaikan Ibadah Haji. Membantu perencanaan dana kebutuhan Ibadah Haji melalui fasilitas Autodebit (sistem setoran tetap) dengan jangka waktu dan jumlah setoran yang fleksibel dari rekening afiliasi BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis, BNI Giro Rupiah Perorangan. Dan penyetoran dana ke rekening BNI Haji melalui seluruh Kantor Cabang BNI, fasilitas layanan BNI ATM, BNI SMS Banking dan BNI Internet Banking.

Keuntungan dari tabungan haji ini meliputi gratis premi perlindungan asuransi jiwa karena kecelakaan dengan manfaat pertanggungan asuransi maksimal sebesar nilai BPIH dan mendapatkan beasiswa untuk ahli waris maksimal Rp30 juta. Gratis biaya pengelolaan rekening. Gratis biaya pembukaan dan penutupan rekening.

Adapun persyaratannya adalah pembukaan rekening BNI Haji dilakukan di seluruh Cabang BNI sesuai domisili Nasabah dalam satu propinsi yang sama. Melampirkan copy KTP/Identitas yang masih berlaku dengan menunjukkan aslinya.

Kalau penarikannya, penarikan atas saldo rekening BNI Haji dapat dilakukan di Kantor Cabang pembuka dan frekuensi penarikan dibatasi 1 (satu) kali dalam setahun. Jumlah saldo yang harus disisakan setelah penarikan sebesar Rp500.000 yang merupakan saldo minimum BNI Haji. Asumsi setoran awal pembukaan rekening Rp500.000.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait