Ingin Punya Tabungan Umrah? Coba Praktikkan 8 Cara Ini

Tabungan Umrah
Tabungan Umrah

Minat generasi milenial untuk traveling saat ini semakin tinggi. Bukan hanya wisata ke tempat-tempat eksotis, namun juga pada wisata religi. Kamu yang muslim pastinya punya keinginan melaksanakan wisata religi berupa umrah dan haji. Jika haji relatif sulit terlaksana, karena biaya yang besar dan kuota yang terbatas, umrah bisa jadi pilihan.

Namun keinginan berangkat umrah juga kerap terkendala keterbatasan dana. Karena itulah kamu harus punya tabungan umrahtersendiri.

Biaya umrah pada tahun 2020 diperkirakan mulai dari Rp20 juta sampai tak terhingga. Karena sifatnya yang lebih fleksibel, biaya umrah biasanya tergantung dengan fasilitas dan jumlah kota yang dikunjungi.

Berbeda dari haji, kamu tak perlu mendaftar jauh-jauh hari untuk pergi umrah. Apalagi banyak pilihan tour and travel yang menyediakan jasa ibadah umrah. Kamu yang punya hasrat hati tak terbendung untuk mengunjungi tanah suci paling tidak masih punya waktu beberapa bulan untuk menabung.

Ajaib akan memberikan sejumlah tips berhemat agar saldo tabungan umrah milikmu semakin banyak:

#1. Naik transportasi umum

Jika selama ini kerap naik kendaraan pribadi atau taksi, maka segera beralihlah pada transportasi umum seperti bus atau MRT.

Cara ini menghemat pengeluaranmu untuk biaya bensin atau argo yang mahal agar bisa ditabung. Kamu juga bisa menggunakan jasa transportasi online yang banyak menyediakan promo sehingga jauh lebih murah.

#2. Olahraga gratisan

Kamu mulai menyadari pentingnya olahraga di usia 20-an ini, sehingga banyak yang berlangganan gym atau fitness center. Cobalah pilihan olahraga lain yang ramah di kantong dan tidak butuh biaya banyak.

Beberapa yang bisa dicoba yaitu joging di taman, senam di kompleks perumahan, atau bersepeda ke kantor. Kalori yang dibakar juga rasanya tidak jauh berbeda dengan olahraga di gym dengan instruktur pribadi.

#3. Bawa bekal makanan

Manfaatkan dapur rumah atau kosanmu untuk menghemat biaya makan. Kamu bisa memasak sendiri bekal yang diinginkan dengan tutorial resep di Instagram maupun Youtube.

Masak sendiri bisa menghemat biaya makan hingga 40% lo. Kalau selama ini suka order kopi dari luar ketika di kantor, gunakan persediaan minuman di pantry kantor untuk membuatnya sendiri. Sekarang banyak resep beredar untuk membuat minuman kopi yang enak ala Starbucks atau kedai kopi favoritmu.

#4. Hiburan gratis

Kamu sering mengeluarkan dana lebih untuk tiket konser artis mancanegara? Saatnya kamu mengeliminasi kebutuhan itu dan menggantinya dengan datang ke acara yang gratis atau murah.

Biasanya memang yang tampil adalah artis lokal, namun kualitasnya juga tidak kalah kok. Selain itu, banyak pula acara seni dan budaya yang menarik dikunjungi tanpa harus keluar biaya.

#5. Kurangi belanja

Jika selama ini kamu terbiasa berbelanja dengan impulsif maka segera hentikan itu. Sadarilah jika promo dan penawaran diskon itu akan datang di waktu yang lain. Ingat, kesempatan tidak datang sekali tapi berkali-kali. Karena itu, kendalikan nafsu belanjamu dan alihkan dananya untuk tabungan berangkat ke tanah suci.

Untuk mengurangi belanja, kamu bisa mengurangi kebiasaanmu untuk berselancar di ecommerce. Dengan begitu, kamu bisa menghemat uang lebih banyak. Bisa dibayangkan bukan berapa besaran Rp yang kamu habiskan untuk belanja?

#6. Memulai bisnis rumahan

Jika dirasa pendapatan kamu belum cukup untuk menabung ke tanah suci, kamu bisa memulai bisnis untuk mendapatkan uang tambahan. Ada banyak bisnis yang bisa kamu coba dengan lebih mudah dan dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Misalnya menjadi seorang dropshipper atau reseller. Dengan menjadi dropshipper dan reseller, kamu bisa menjual produk melalui online, bisa melalui social media ataupun ecommerce.

Selain menjual bisnis online, kamu juga bisa memulai bisnis offline, misalnya menjual pulsa, membuka bisnis katering, menjadi travel planner, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa kamu pilih sesuai dengan passion dan kemampuan kamu. Jangan lupa juga untuk menyisihkan pendapatan yang kamu miliki sebagai dana umrah dan haji. Dengan begitu, keinginanmu untuk berangkat umrah bisa lebih cepat tercapai.

#7. Melakukan Pembukaan Rekening Tabungan Haji

Saat ini banyak sekali bank yang membuka program tabungan haji dan umrah. Dengan membuka rekening tabungan haji, kamu bisa mengumpulkan dana untuk berangkat haji dengan mengumpulkan uang untuk berhaji.

Saat ini sudah banyak perbankan memiliki program tabungan haji dan Umrah IB, baik perbankan konvensional dan syariah. Misalnya BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank BRI Syariah, dan lain-lain. Selain itu, ada juga Bank Muamalat yang menjadikan program tabungan haji dengan sistem Murni Syariah.

Tabungan syariah ini menggunakan sistem akad mudharabah atau perjanjian yang ditentukan di awal antara nasabah dan pihak pengelola (bank syariah), di mana perjanjian ini menjelaskan nasabah adalah pemilik 100% uang atau modal. Sedangkan bank bertindak sebagai pengelola uang atau modal tersebut untuk jenis bisnis yang halal.

#8. Membuka Investasi Reksa Dana

Selain membuka rekening tabungan haji, kamu juga bisa memperoleh dana tabungan haji dengan memulai investasi. Dengan investasi reksa dana, kamu bisa menentukan target dana yang ingin kamu capai sesuai dengan tujuan investasi kamu tersebut. Untuk memulai investasi ini, kamu hanya perlu mendownload aplikasi Ajaib dan mendaftar akun di sana.

Dengan Ajaib, kamu hanya perlu menentukan tujuan investasimu, kemudian memilih manajer investasi yang kamu inginkan. Kemudian, manajer investasi itulah yang akan membantu kamu mengelola dana tersebut demi mencapai tujuan investasimu, salah satunya untuk menabung keperluan haji dan umroh.

Melalui Ajaib, kamu bisa mulai berinvestasi dengan setoran awal mulai dari Rp10.000, dan memilih jangka waktu sesuai dengan tujuan investasimu. Ajaib tidak akan memaksamu menyetor setiap bulan, lho. Namun, cara terbaik bisa kamu dapatkan dengan mencoba metode value averaging, agar keuntunganmu pun maksimal!

Jika kedelapan cara di atas diterapkan, kamu akan segera bisa berangkat umrah sesegera mungkin. Jika dananya terkumpul lebih banyak, kamu juga bisa memilih umrah plus. Apa salahnya berdoa di rumah Allah, namun juga bisa berfoto cantik di Turki selepasnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait