Maksimalkan Keuntungan dengan Panduan Investasi dari Ryan Filbert

Ajaib, berkolaborasi dengan Ryan Filbert, menghasilkan solusi investasi khusus bagi mereka yang baru mulai berinvestasi. Sebagai pemula, tentu banyak pertanyaan yang membayangimu:

Berapa yang harus saya investasikan?

Berapa keuntungannya?

Kalau investasi sejumlah ini, berikutnya bagaimana?

Suara hati para pemula

Nah, pertanyaan-pertanyaan ini dapat muncul salah satunya karena kurangnya literasi keuangan. Para pakar percaya bahwa untuk dapat memaksimalkan keuntungan dalam berinvestasi, seorang harus memiliki kadar literasi keuangan yang mencukupi.

Apa itu literasi keuangan? Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, literasi keuangan adalah segala jenis pengetahuan dan kemampuan untuk menerapkan pemahaman tentang konsep dan risiko, kemampuan agar dapat membuat keputusan yang efektif dalam konteks keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

Lebih dalam lagi, David L. Remund menjelaskan ada lima domain dalam definisi literasi keuangan, yakni (1) Pengetahuan tentang konsep keuangan, (2) Kemampuan untuk berkomunikasi tentang konsep keuangan, (3) Kemampuan untuk mengelola keuangan pribadi, (4) Kemampuan dalam membuat keputusan keuangan, (5) Keyakinan untuk membuat perencanaan keuangan di masa depan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga memberikan penekanan bahwa inklusi finansial adalah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari literasi finansial. Inklusi finansial berarti sebuah proses yang menjamin kemudahan akses, ketersediaan, dan penggunaan sistem keuangan formal untuk semua individu.

Sayangnya, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia hingga tahun 2019 masih terhitung rendah. Hal ini terlihat dari indeks literasi keuangan yang nilainya masih berada di angka 38,03 persen dan indeks inklusi keuangan yang masih tercatat di angka 76,19 persen. Ini berarti, dari 100 orang hanya 29 orang yang memahami dan memanfaatkan produk dari jasa keuangan.

Padahal pemahaman mengenai literasi keuangan dapat meningkatkan kebiasaan masyarakat untuk menabung dan berinvestasi, yang tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, jika minat dan motivasi masyarakat untuk berinvestasi sudah muncul tapi tidak didukung dengan literasi keuangan yang baik juga dapat menjadi masalah. Skenario terburuk adalah banyaknya masyarakat yang terjebak dalam kasus penipuan investasi.

Melihat adanya hubungan antara literasi keuangan dengan minat investasi masyarakat yang akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negara, OJK selalu menghimbau setiap pihak yang mampu untuk melaksanakan edukasi untuk meningkatkan literasi finansial di Indonesia.

Meningkatkan Literasi Keuangan Bersama Ajaib

Meskipun tingkat literasi keuangan di Indonesia dapat dikatakan rendah, minat masyarakat terhadap investasi terus meningkat. Khusus bagi instrumen investasi reksa dana saja, hingga akhir tahun 2018 Nilai Aktiva Bersihnya (NAB) tercatat di angka Rp495 triliun atau naik 8% dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, intensi investasi yang tinggi ini dapat menjadi masalah tanpa adanya peningkatan literasi keuangan bagi masyarakat.

Menyadari hal tersebut, Ajaib menghadirkan fitur “Panduan Investasi dari Sang Ahli” di aplikasinya, untuk membantu memberikan pencerahan bagi setiap orang yang memiliki minat investasi tinggi namun belum terpapar materi-materi literasi finansial dengan baik.

Melalui fitur ini, kamu dapat membuat portofolio investasi di aplikasi Ajaib dengan rekomendasi yang dapat kamu ikuti untuk memaksimalkan return investasi kamu di Ajaib. Kok bisa? Pasalnya, Ajaib menggandeng sang ahli investasi, Ryan Filbert, untuk melakukan kalkulasi berdasarkan pendekatan value averaging method.

Ryan Filbert adalah salah satu penasihat dan praktisi investasi terbaik di Indonesia yang telah berkecimpung di dunia investasi sejak masih berusia 18 tahun. Kini, Ryan telah menulis 17 buku di bidang investasi dan bisnis. Selama 11 tahun, Ryan telah aktif di dan diakui oleh Bursa Efek Indonesia. Ia turut mengembangkan Investing Society sebagai investor, trainer, konsultan, penulis, dan juga narasumber untuk berbagai media. Di tahun 2017, Ryan dinobatkan sebagai salah satu Tokoh Inspiratif Pasar Modal oleh Presiden Joko Widodo.

Kamu juga bisa meningkatkan literasi keuangan dengan mampir ke Youtube channel Ryan Filbert, tempat ia membagikan berbagai ilmu seputar investasi.

Kalkulasi Panduan Investasi dari Ryan Filbert

Dengan menggunakan pendekatan value averaging method, Ajaib akan melakukan kalkulasi untuk memberikan rekomendasi mengenai jumlah investasi bulanan kamu yang disesuaikan dengan kinerja investasi kamu secara keseluruhan untuk membantumu mencapai target investasi.

Dengan metode ini, para investor baru akan mendapatkan rekomendasi berdasarkan strategi investasi dari pakar terbaik untuk mencapai target personal. Metode value averaging juga akan merekomendasikan kamu untuk membeli lebih banyak saham ketika harga sedang turun dan menaham pembelian ketika harga sedang tinggi.

Terlebih lagi, kamu dapat memperdalam tingkat literasi keuangan serta inklusi keuanganmu karena fitur ini akan membantu kamu untuk berinvestasi secara rutin tiap bulannya guna mencapai target perencanaan keuangan di masa depan.

Untuk memaksimalkan return dengan Panduan Investasi dari Sang Ahli, kamu harus melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Memasukan jumlah target investasi yang ingin kamu miliki dalam satu tahun.
  • Kamu akan dipilihkan jenis investasi reksa dana minim risiko, yakni reksa dana pasar uang.
  • Ajaib akan melakukan kalkulasi dengan hasil berupa rekomendasi jumlah uang yang harus kamu investasikan setiap bulannya untuk mencapai target tersebut. Contohnya: Jika kamu menetapkan target investasimu sebesar Rp10.000.000, dengan perhitungan bahwa return dalam setahun dari instrumen investasi tersebut adalah 7% dan return per bulan adalah 0.6%, maka kamu direkomendasikan untuk berinvestasi sebesar Rp806.934 di bulan pertama.
  • Fitur ini juga akan memperlihatkan rekomendasi jumlah uang yang harus kamu investasikan di bulan selanjutnya. Untuk studi kasus di atas, maka kamu akan melihat rekomendasi dana untuk diinvestasikan di bulan kedua adalah Rp804.379.
  • Jika kamu melewatkan investasi di bulan ini maka jumlah yang harus diinvestasikan di bulan ini akan ditambahkan ke bulan selanjutnya.

Setiap orang ingin mendapatkan keuntungan optimal dalam berinvestasi, sayangnya tidak semua orang dapat dengan mudah mendapatkan akses untuk meningkatkan literasi finansial mereka supaya mereka dapat memahami kondisi pasar dan dengan mudah mengambil keputusan dalam berinvestasi. Untuk itulah Ajaib menghadirkan Panduan Investasi dari Sang Ahli, yang tidak hanya akan membantumu memaksimalkan keuntungan dalam berinvestasi namun juga menjadikan investasi sebagai salah satu kebiasaan finansial yang paling utama dalam perencanaan kondisi keuangan di masa depan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait