Pengertian Syariah dalam Dunia Investasi yang Harus Kamu Tau!

Pengertian Syariah dalam Dunia Investasi yang Harus Kamu Tau!
Pengertian Syariah dalam Dunia Investasi yang Harus Kamu Tau!

Tidak dapat dipungkiri, agama masih menjadi aspek penting bagi kehidupan banyak orang, termasuk dalam aspek sosial. Salah satunya adalah dengan adanya hukum syariat yang ada di beberapa provinsi di Indonesia serta investasi syariah yang semakin terus berkembang. Memahami pengertian syariah bukan hanya tentang menjalankan hubungan antara manusia ke manusia dan manusia kepada Allah SWT, namun lebih kompleks daripada hal tersebut, terutama dalam dunia investasi syariah. Agar Anda tak salah kaprah, berikut pengertian syariah dalam dunia investasi.

Apa itu investasi syariah?

Pengertian syariah dalam dunia investasi adalah investasi yang mengikuti ketentuan hukum syariah dan prinsip di masyarakat Muslim. Investasi syariah dianggap sebagai investasi yang bertanggung jawab secara sosial dan alternatif dari investasi konvensional.

Memahami investasi syariah

Investasi syariah adalah salah satu kategori investasi yang ada di indonesia, dengan kecenderungan lebih kepada tanggung jawab sosial. Jumlah investasi hingga portofolio yang ada tentunya mengikuti ketentuan hukum syariah yang ada di agama islam.

Investasi syariah serta pengertian syariah di telah berkembang dalam beberapa tahun kebelakang, meskipun konsep ini sudah ada pada tahun 1960an, Menurut laporan tahun 2011, investasi syariah berkembang hingga 26% selama 10 tahun pertama abad ini. 

Konsep Investasi syariah

Konsep investasi syariah sendiri membutuhkan banyak upaya untuk diterapkan, alasan di baliknya adalah karena ini berhubungan langsung dengan peraturan dan ketentuan hukum yang sudah ada semenjak dahulu.

Investasi syariah membutuhkan banyak persyaratan untuk menjadi acuan. Beberapa di antaranya adalah investasi syariah harus menghilangkan sumber pemasukan dari penjualan alkohol, produk mengandung babi, pornografi, judi, peralatan militer hingga senjata.

Karakter investasi syariah

Karakter lain dari investasi syariah adalah ditentukannya jajaran pengurus syariah, auditor syariah dan menyucikan investasi dari pendapatan yang dilarang, seperti bunga, dengan mendonasikannya kepada badan amal.

Beberapa persyaratan dan kerumitan investasi syariah tentunya membuat manajemen investasi syariah tidak murah. Sehingga, biaya untuk menjadi auditor syariah tidak murah dan karena sudah ada persyaratan hukum syariah yang mengikat, para manajemen investasi syariah biasanya sulit untuk melakukan penerapan terkait situasi yang mendadak.

Investasi syariah yang populer termasuk di dalamnya adalah properti dan dana yang diperdagangkan di bursa efek. Ekuitas pribadi juga dianggap sebagai investasi yang bagus namun karena menghasilkan bunga maka dianggap sebagai investasi yang bermasalah dalam investasi syariah.

Memang ada perbedaan yang signifikan antara investasi konvensional dan investasi syariah, terutama ketika berbicara bunga. Namun, keduanya masih menjalankan fungsi utama dari investasi yaitu memberikan keuntungan. Dengan memahami pengertian syariah, maka Anda semakin tahu variasi investasi yang ada di luar sana. Perkaya pengetahuan Anda tentang dunia investasi dan finansial lainnya dengan mengunjungi blog milik Ajaib Indonesia.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait