Investasi Syariah

5 Pilihan Investasi Syariah, Halal dan Pasti Menguntungkan

5 Pilihan Investasi Syariah yang Halal dan Pastinya Menguntungkan

Sistem investasi syariah merupakan terobosan yang terbukti kuat bertahan di pasaran dan diminati oleh masyarakat. Mekanisme berbasis ekonomi Islam ini menjadi alternatif bagi sebagian kalangan yang merasa tidak cocok dengan sistem konvesional. Pilihan investasi syariah khususnya hadir bagi orang yang ingin imbal hasil yang halal dan bebas riba.

Dunia keuangan syariah di Indonesia cukup berkembang dimulai dengan adanya perbankan syariah pada tahun 1991 dan investasi syariah berupa reksadana syariah pada 1997. Hal ini tentunya tak lepas dari besarnya jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia yang juga sekaligus pelaku perekonomian dan investasi.

Masyarat banyak yang ragu jika uang yang diterimanya dari hasil investasi tidaklah didapat dengan jalan yang halal dan sesuai syariat Islam. Di luar sana banyak terdapat produk investasi yang menjanjikan return yang berlimpah, namun ternyata cara yang dilakukan tidak sesuai dengan prinsip Islam atau biasa yang disebut mengandung riba. Untuk hal inilah maka kemudian diberlakukan investasi ini yang dijamin kehalalannya karena dijalankan sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Untuk mendukung hal ini, MUI melalui Dewan Syariah Nasional (DSN) kemudian mengeluarkan fatwa yang berkaitan langsung dengan pasar modal dengan Nomor 20/DSN-MUI/IV/2001 tentang Pedoman Pelaksanan Investasi Untuk Reksa Dana Syariah. Tren positif ini kemudian dilanjutkan dengan jenis investasi syariah lainnya berupa obligasi syariah dan saham syariah.

Meski demikian, masih banyak yang kerap meragukan kehalalan dari imbal hasil yang didapat dari instrumen investasi syariah. Dikhawatirkan jika prinsip syariah hanya sekedar bahasa marketing belaka dan sistem yang berlaku di baliknya sama saja seperti investasi konvensional. Karena itulah banyak yang terus merasa ragu meskipun pemilik investasi syariah sudah semakin banyak.

Sebenarnya kamu bisa memantap memiliki pilihan investasi syariah dengan menambah wawasan soal jenis penanaman modal ini dan bukan hanya berdasarkan pendapat pihak lain saja. Semakin paham kamu membaca ulasannya mungkin bisa membantumu menetapkan pendapat soal investas ini.

Hanya saja sebenarnya pemerintah sudah menetapkan sejumlah kebijakan untuk melindungi masyarakat dari iming-iming investasi syariah semata. Caranya dengan adanya verifikasi dari MUI melalui DSN sampai dengan pengawasan ketat secara terus menerus sampai saat ini. Karena itu kamu tak perlu khawatir bahwa pilihan investasi syariah hanya sekedar lip service semata.

Pilihan Investasi Syariah yang Tersedia di Indonesia, Sudah Dijamin Kehalalannya Lho

Investasi saat ini sudah banyak dipilih masyarakat yang ingin menabung demi memperoleh keuntungan besar di masa depan. Buat kaum muslim, memilih investasi sesuai dengan syariat islam jadi kendala tersendiri. Dalam islam, investasi juga sangat dianjurkan untuk masa depan.

Sekarang ini ada beberapa pilihan investasi syariah yang menguntungkan, halal dan sudah disetujui oleh MUI. Jika dalam investasi tersebut mengandung riba, sangat tidak dianjurkan dalam prinsip islami. Perbedaan investasi syariah dan investasi konvensional terletak pada keuntungan yang didapat.

Umumnya investasi konvensional menerapkan aturan bunga secara sepihak oleh perusahaan, sedangkan investasi berbasis syariah menerapkan metode bagi hasil atau disebut nisbah. Bagi kamu yang ingin berinvestasi dengan dengan konsep syariah, berikut ini pilihan investasi syariah yang halal dan menjanjikan keuntungan. 

1. Reksa Dana Berbasis Syariah

Reksa dana termasuk salah satu jenis investasi syariah. Namun, tidak melibatkan praktik riba dalam pengelolaannya dan pemberian keuntungannya. Pada reksa dana syariah terdapat fitur cleansing yang tidak ada di reksa dana konvensional.

Mekanisme cleansing ini diterapkan karena bank syariah tidak mengenal konsep ‘bunga’. Dengan kata lain cleansing merupakan pembersihan “pendapatan” reksa dana yang tidak sesuai dengan prinsip islam. Reksa dana ini dikelola secara transparan dan ditangani langsung oleh manajer investasi.

eksa dana syariah ini tentu telah melalui pengawasan ketat dari pihak Dewan Pengawas syariah Majelis Ulama Indonesia (DPS MUI). Pada reksa dana syariah ini, pengelolaan uang kamu akan dilakukan dengan transparan. Proses pengelolaan dana yang ada pun bebas dari unsur masyir, Riba, dan Ghahar.

Kamu bisa memiliki produk reksa dana syariah dengan membelinya lewat aplikasi Ajaib lho. Banyak pilihan terbaik yang sesuai dengan portofolio investasimu. Selain biayanya terjangkau, membeli reksa dana lewat Ajaib memungkinkan kamu untuk mendapatkan rekomendasi dari ahli perencanaan keuangan lho.

2. Investasi Syariah Berbentuk Properti

Investasi berbentuk tanah atau bangunan termasuk investasi halal dalam prinsip syariah. Kamu tidak perlu pertimbangan yang rumit untuk berinvestasi syariah berupa properti. Dengan investasi ini, kamu tidak hanya mendapatkan keuntungan saja tetapi juga menyewakan atau dijual kembali. Terlebih dari tahun ke tahun, nilai properti selalu mengalami peningkatan.

Apapun bentuk propertinya, baik itu ruko, rumah, maupun tanah, investasi properti termasuk salah satu investasi yang sesuai dengan syariat Islam. Investasi berbentuk tanah atau bangunan termasuk investasi halal dalam prinsip syariah.

Sesuai konsep syariah, kamu bisa membelinya secara tunai atau mengambil KPR berbasis syariah. Metode KPR ini memakai sistem margin, bukan bunga kredit. Artinya pada saat pengajuan KPR, pihak bank akan menetapkan margin yang harus dibayarkan dan sifatnya tetap sampai cicilan terakhir.

3. Deposito Bagi Hasil

Deposito syariah ini punya sistem berbeda dengan deposito pada umumnya yaitu pada penetapan hasil keuntungannya. Keuntungan yang didapat dari deposito syariah adalah bagi hasil sesuai dengan laba bersih dari pengelolaan dananya. Adapun perjanjian tersebut dinamakan akad Mudharabah, yakni kesepakatan antara pemilik dana modal dengan pengelola. Dana yang sudah didepositokan biasanya baru bisa diambil selama periode 5 hingga 10 tahun sesuai kesepakatan.

Ada banyak perbankan syariah yang kini menawarkan produk deposito syariah dengan imbal hasil yang cukup menjanjikan. Jika berminat, kamu bisa memilih salah satunya sebagai pilihan investasi syariah favoritmu.

4. Investasi Emas

Selain dianjurkan oleh syariat islam, kamu tidak butuh metode bermacam-macam untuk berinvestasi emas. Kamu bisa memiliki tabungan emas dengan membeli di toko resmi Antam ataupun Pegadaian. Namun, buat yang tidak memiliki modal cukup membeli emas jangan khawatir akan status kehalalannya.

Fatwa MUI memperbolehkan melakukan jual-beli emas secara kredit dan dalam agama islam disebut mubah. Asalkan harga jual emas tersebut nilainya tetap sama dan tidak bisa dijadikan objek akad lain yang bisa berakibat pindah kepemilikan.

Investasi emas sendiri terbukti terus menunjukkan tajinya selama periode pertengahan 2019 sampai dengan awal tahun 2020 ini. Bahkan harga emas mencapai nilai tertinggi sepanjang sejarah dengan kisaran Rp840.000 per gram pada awal Maret. Bukan hanya halal dan bebas riba, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan pilihan investasi syariah ini.

5. Surat Berharga Syariah Negara

Ini adalah bentuk obligasi yang dikelola menggunakan metode syariah. Jadi, surat-surat yang diperjualbelikan tidak berasal dari produk-produk haram. Data yang diberikan pun harus transparan, jadi aman dan sesuai dengan prinsip islam.

Ketika artikel ini ditulis (16 Oktober 2019), OJK mengemukakan bahwa aset keuangan syariah tembus Rp1,359 triliun. Pasar modal syariah berkontribusi paling besar dengan capaian hingga 56,2%. Obligasi syariah alias sukuk merupakan pilihan investasi syariah terbaik bagi kamu yang ingin kinerja keuangan yang stabil dan tidak berisiko tinggi.

Tidak perlu repot-repot mencari dan menganalisa aneka reksa dana di luar sana. Jika kamu memiliki aplikasi Ajaib, kamu bisa memilih aneka reksa dana syariah yang tidak hanya sesuai dengan syariat Islam, tapi juga mampu memberikan pengembalian yang sepadan. Pilihan investasi syariah yang kamu miliki juga jauh lebih beragam lewat reksa dana.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait