Investasi Reksa Dana Syariah: Mengapa & Apa Bedanya?

Investasi reksa dana syariah Ajaib

Mengapa Reksa Dana Syariah?

Zaman sekarang, baik kaum milenial sudah semakin menyadari akan pentingnya investasi. Tidak hanya mengetahui produk-produk investasi saja, tetapi sudah banyak dari kalangan millennial yang memulai investasi. Bisa dilihat dari jumlah investor yang telah mengalami kenaikan signifikan lebih dari 30% dan dari sisi penambahan ini 70% merupakan millennial. Jumlah investor reksa dana di akhir tahun 2018 hampir mencapai 1 juta investor, dimana pada tahun 2017 hanya sebanyak 670 ribu investor yang berinvestasi di reksa dana.

Salah satu faktor banyak investor yang lebih tertarik untuk berinvestasi di reksa dana adalah karena banyaknya pilihan produk yang diinvestasikan dalam suatu reksa dana. Dari pilihan risiko rendah, seperti reksa dana pasar uang, risiko sedang yaitu reksa dana pendapatan tetap dan campuran, hingga pilihan investasi risiko tinggi, yaitu reksa dana saham.

Oleh karena demografi masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim, maka muncul pilihan investasi baru yaitu reksa dana Syariah.

Bedanya Reksa Dana Syariah Dan Reksa Dana Konvensional

Hal utama yang membedakan antara kedua jenis reksa dana ini adalah dari sisi pengelolaan dana yang diinvestasikan. Untuk produk reksa dana Syariah, dana yang ada hanya boleh diinvestasikan ke produk saham, obligasi, dan instrumen pasar uang yang sesuai dengan prinsip Syariah Islam. Salah satu contoh produk Syariah adalah saham Syariah (yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia/ISSI) dan Sukuk. Apabila lebih dipersingkat, hal pembeda antara kedua jenis reksa dana tersebut adalah akad. Akad yang sesuai dengan mekanisme kegiatan reksadana syariah meliputi akad kerjasama (musyarokah), sewa menyewa (ijarah), dan akad bagi hasil (mudharabah). Hal ini juga telah tercantum pada Fatwa MUI No 20/DSN-MUI/IV/2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi untuk Reksa dana Syariah.

Untuk memperketat pengawasan ini, manajer investasi yang mengelola produk reksa dana Syariah tidak hanya diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tetapi juga langsung diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah Majelis Ulama Indonesia (DPS MUI). Oleh karena itu, bagi Anda yang beragama Islam, tidak perlu khawatir lagi karena investasi reksa dana syariah sudah pasti terjamin dan sesuai dengan Fatwa MUI.

Cara Mencapai Tujuan Finansial

Apabila Anda ingin mencapai tujuan finansial Anda dengan cepat, maka berinvestasi di reksa dana merupakan salah satu pilihan yang tepat. Anda harus mulai memindahkan investasi (tabungan) Anda di bank ke produk reksa dana. Selain karena bunga yang didapatkan kemungkinan besar akan jauh lebih tinggi dibandingkan bunga bank maupun deposito, investasi Anda juga menjadi lebih terdiversifikasi melalui investasi reksa dana ini. Seperti yang telah saya sebutkan di atas, ada 4 jenis reksa dana yang dapat Anda pilih sesuai dengan tujuan finansial dan profil risiko yang sesuai dengan diri Anda: reksa dana pasar uang (berupa deposito, cash, obligasi dengan tenor kurang dari 1 tahun), reksa dana pendapatan tetap (obligasi pemerintah, seperti sukuk maupun yang diterbitkan oleh perusahan swasta), reksa dana campuran (yang terdiri dari produk pasar uang, obligasi, dan saham), dan yang terakhir reksa dana saham.

Pada dasarnya untuk tujuan finansial jangka panjang, akan lebih sesuai apabila produk investasi yang dipilih berupa produk investasi dengan risiko tinggi seperti reksa dana saham maupun reksa dana campuran. Produk investasi dengan risiko yang tinggi biasanya juga diikuti dengan kemungkinan return yang tentunya tinggi juga. Apabila memiliki tujuan finansial jangka pendek, seperti membeli gadget baru ataupun liburan, alangkah lebih bijak untuk diinvestasikan di produk investasi dengan risiko rendah seperti reksa dana pasar uang.

Oleh karena itu, tentukanlah tujuan finansial Anda sekarang juga, karena tidak ada alasan untuk tidak memulai investasi Anda sekarang juga!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Share to :
Tags: , , , , ,
Artikel Terkait