Tugas Fund Manager & Alasan Memborong Saham BRIS?

Apa Tugas Fund Manager & Bagaimana Bisa Memborong Saham BRIS?
Apa Tugas Fund Manager & Bagaimana Bisa Memborong Saham BRIS?

Pada Mei lalu, Saham BRIS sempat dirumorkan akan mengalami share swap, sehingga banyak fund manager yang memborong saham BRIS. Meskipun rumor ini sampai saat ini tidak terbukti, penting untuk memahami apa itu fund manager dan perannya dalam dunia investasi, termasuk investasi saham.

Pengertian fund manager

Fund manager bertanggung jawab untuk menerapkan modal strategi investasi dan mengatur aktivitas portofolio perdagangan. Modal yang ada bisa diatur oleh satu orang, dengan dua orang sebagai co-manager, atau tim dengan tiga orang atau lebih.

Fund manager dibayar sejumlah uang atas kerja mereka, biasanya persentase dari rata-rata aset di bawah management atau asset under management (AUM). Fund manager bisa ditemukan bekerja di manajemen investasi termasuk reksa dana, dana pensiun, dana asuransi hingga investasi saham.

Seorang investor harus mengulas secara menyeluruh gaya investasi dari fund manager sebelum membertimbangkan untuk menginvestasikan modal mereka.

Memahami fund manager

Salah satu keuntungan dari berinvestasi dengan menggunakan jasa fund manager adalah memercayakan manajemen investasi beserta keputusannya kepada para tenaga profesional. Atas alasan inilah fund manager memiliki peran penting dalam dunia investasi dan finansial. Mereka memberikan investor ketenangan, mengetahui bahwa uang investor tersebut berada di tangan para ahli.

Meskipun modal investasi sangat dipengaruhi oleh tenaga pasar, tapi keterampilan manager fund juga mempunyai kontribusi yang bsar. Seorang fund manager yang telah terlatih bisa membuat modal klien mereka mengalahkan kompetitor dan indeks yang ada. Fund manager tipe ini dikenal juga sebagai manager fund aktif atau alfa, sementara mereka yang mengambil pendekatan yang lebih pasif disebut fund manager pasif.

Tugas fund manager

Fund manager biasanya mengawasi reksa dana atau dana pensiun dan mengatur kemana arahnya. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengatur tim analis investasi. Ini berarti seorang fund manager harus memiliki keterampilan berbisnis, matematika dan sosialisasi yang baik.

Tugas fund manager sendiri termasuk rapat dengan tim, dan juga peka dalam melihat klien potensial. Karena fund manager bertanggung jawab terhadap modal yang ada, dia juga harus melakukan riset terhadap perusahaan, melakukan studi industri finansial dan juga ekonomi. Mengetahui tren terbaru di dalam industri di atas juga membantu fund manager untuk melakukan keputusan penting yang konsisten dengan tujuan dari modal atau dana yang ada.

Melihat betapa pentingnya tugas seorang atau sebuah fund manager maka penting bagi kamu untuk mulai mempertimbangkan menggunakan jasa fund manager, apalagi jika kamu merupakan investor baru yang memiliki modal yang cukup, namun masih sedikit berhati-hati untuk terjun ke dunia investasi secara langsung. Meningat betapa naik-turunnya dunia investasi, apalagi investasi saham, maka tak mengherankan bahwa fund manager adalah pilihan yang paling rasional untukmu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait