Seberapa Sering Kamu Harus Mengevaluasi Tujuan Investasimu?

Langkah pertama dalam membuat masa depan finansial secerah mungkin di masa mendatang adalah dengan menetapkan tujuan keuangan yang dicapai. Beberapa tujuan keuangan yang kerap diinginkan orang banyak seperti memiliki rumah, mobil, atau bahkan bisa jalan-jalan keliling dunia. Dari goal tersebut, paling tidak kamu harus mengeliminasinya kembali menjadi tujuan investasi.

Dengan demikian, kamu bisa memetakan mana yang bisa dicapai dengan menabung dan mana yang bisa didapatkan melalui investasi yang dilakukan sedini mungkin. Mempersiapkan dana pernikahan mungkin lebih cocok didapatkan dengan cara ditabung atau memanfaatkan suku bunga deposito. Sedangkan dana pensiun mungkin lebih baik dikumpulkan dengan jenis investasi jangka panjang.

Menetapkan tujuan investasi beserta cara mencapainya secara rinci akan membantumu mempersiapkan hidup di masa yang akan datang. Contohnya kamu sadar harus mengeluarkan dana pendidikan anak dalam 10 tahun maka bentuk investasi yang cocok mungkin saja dengan menanamkan modal pada saham.

Contoh yang belum lama ini menghebohkan publik adalah menjadikan pensiun dini sebagai tujuan investasi. Seorang wanita Jepang menjadi pembicaraan beberapa waktu lalu karena berhasil pensiun dini sebelum usia 35 tahun. Ia bisa melakukannya karena gaya hidup hemat yang dilakoni selama belasan tahun.

Meski terdengar hebat, tapi rasanya sulit diwujudkan jika kamu tipe yang masih suka nongkrong sana sini atau traveling ke berbagai lokasi. Tapi kamu juga enggak mau harus kerja keras sampai tua kan?

Karena itu, kamu harus jeli memanfaatkan uangmu agar bisa berlipat ganda. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan berinvestasi. Jadikan pensiun dini sebagai tujuan investasi dan motivasi mencari peluang.

Investasi bisa dilakukan dengan banyak cara yang sesuai dengan kemampuan. Dengan cara ini, kamu tetap bisa hidup nyaman sembari menyiapkan dana pensiun.

Kalau beban kantor terasa terlalu menyita waktu maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi Ajaib untuk melakukan investasi terbaikmu. Ketika kamu bekerja mengumpulkan uang, danamu juga dikelola supaya bisa berkembang. Hasil yang didapat bisa berkali lipat sehingga pensiun dini sebagai tujuan investasi bukan sekedar wacana.

Tiga Moment Tepat Untuk Meninjau Kembali Tujuan Investasi yang Ingin Dicapai

Seiring berjalannya waktu, kamu harus meluangkan waktu untuk meninjau kembali perjalanan finansialmu dan manfaat investasi yang telah dilakukan. Hasil investasimu mungkin salah satu yang bisa digunakan sebagai indikator untuk mengetahui kesuksesan penanaman modal yang telah kamu lakukan.

Apakah langkah yang diambil selama ini sudah tepat untuk meraih tujuan investasi yang kamu tetapkan sebelumnya. Jika dirasa kurang tepat, kamu bisa mencari tahu penyebab masalahnya dan kemudian melakukan perbaikan. Sedangkan jika hasilnya sudah baik maka kamu bisa melakukan peningkatan tujuan investasi yang ingin dicapai untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik.

Bisa pula meningkatkan investasimu, misalnya jika sebelumnya hanya berinvestasi pada reksa dana, mungkin ingin menambah dengan investasi surat berharga atau saham yang pengembaliannya lebih baik. Meskipun mungkin menarik untuk menetapkan tujuan yang tinggi dan bekerja untuk jangka panjang, kamu masih perlu meninjau tujuan tersebut secara berkala untuk memastikan berada di jalur yang benar.

Bukan hanya itu, waktu untuk melakukan evaluasi dan seberapa penting melakukannya juga penting. Ada waktu-waktu tertentu kamu harus melakukan evaluasi investasimu. Waktu tersebut dianggap paling pas dan memberikan gambaran kondisi finansialmu dan nilai investasimu.

Jadi seberapa sering kamu harus mengevaluasi dan memperbarui tujuan tabungan dan investasimu? Meskipun jawaban untuk pertanyaan ini berbeda-beda untuk semua orang, tergantung pada kebutuhan dan keadaan Kamu, ada beberapa tonggak pencapaian umum yang akan kita semua alami.

Di bawah ini adalah tiga waktu penting dalam hidup ketika kamu harus meninjau kembali tujuan tabungan dan investasimu.

# Peristiwa Besar yang Kamu Alami

Jika kamu menghadapi perubahan besar dalam hidup, saatnya untuk meninjau tujuan tabungan dan investasimu. Perhatikan dengan cermat tujuan finansialmu saat memiliki anak, anak-anakmu mulai sekolah atau kuliah, kamu dan keluarga pindah ke kota baru. Peristiwa penting lainnya juga mencakup pernikahan atau perceraian, menerima kenaikan gaji besar atau bonus besar, memulai pekerjaan baru dan menambah keluarga.

Memiliki anak memang menyenangkan tetapi membutuhkan biaya yang tinggi. Semua biayamu akan bertambah, mulai dari tagihan rumah sakit, dekorasi kamar bayi, furnitur bayi, pakaian dan aksesoris. Sisihkan dana untuk menutupi pengeluaran ini, sehingga kamu bisa mengkhawatirkan hal-hal lain selain uang ketika bayimu baru lahir.

Anak-anak akan tumbuh dewasa. Anakmu membutuhkan biaya yang jauh lebih besar untuk biaya pengasuh sebelum mereka mulai sekolah. Setelah mereka bersekolah, kamu dapat mengalihkan aliran pembayaran pengasuhan anak tersebut ke dalam tabungan perguruan tinggi mereka.

Jika rumah tanggamu memiliki orang tua yang tinggal di rumah sementara anak-anak masih balita, pertimbangkan apakah masuk akal secara finansial bagi pasangan yang tidak bekerja untuk kembali memasuki dunia kerja. Lalu, anak-anakmu mulai kuliah. Mulailah menabung ketika mereka masih muda dan biarkan tabunganmu berlipat gandamu selama bertahun-tahun untuk mengurangi biaya untuk membayar untuk kuliah anak.

Setiap kali kamu mengubah hidup secara drastis, periksa kembali tujuan keuanganmu. Pernikahan, perceraian, atau pindah ke kota baru semuanya memiliki dampak besar pada kehidupan pribadimu dan kehidupan keuanganmu.

Bagi mereka yang akan menikah, cari tahu tujuan bersama yang harus kamu tabung seperti uang muka rumah. Bagi mereka yang sedang mengalami perceraian, perhatikan dengan saksama bagaimana kamu dapat mengatur ulang tujuanmu sekarang karena kamu sendiri. Terkadang pernikahan berakhir karena perbedaan pendapat tentang keuangan. Jika mantan pasanganmu adalah pemboros besar sementara kamu rajin menabung, sekarang saatnya untuk menetapkan beberapa tujuan untuk dirimu yang sebenarnya dan dapat kamu capai sekarang.

Saat kamu pindah tempat kerja, lihatlah biaya perumahan dan transportasi sebelum kamu menetap di lingkungan tertentu. Membeli rumah di area yang tepat dapat membebaskan kamu dari biaya-biaya yang akan menghambat tujuan tabungan dan investasi lainnya.

Jika kamu mendapati dirimu memiliki surplus dana karena promosi besar atau bonus, cari tahu di mana uang itu cocok dengan sasaran keuanganmu secara keseluruhan. Rejeki nomplok ini jarang terjadi dalam hidup, dan bisa saja hal yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan tujuan finansialmu.

Saat memulai pekerjaan baru, lihatlah paket tunjanganmu. Kamu mungkin melihat opsi tabungan baru yang mengharuskanmu mengunjungi kembali tujuan penghematan tertentu.

# Sebelum Melakukan Pembelian Besar atau Hutang

Jangan melakukan pembelian besar-besaran. Jangan melihat pembayaran bulanan kecil dan berpikir kamu mampu membelinya. Mungkin kamu bisa, tetapi mungkin pembayaran itu akan mengacaukan tujuan keuanganmu yang lain. Cari tahu sebelumnya dana apa yang akan kamu gunakan untuk membayar hutang besar pada rumah atau mobil baru yang ingin dibeli.

Seluruh anggaranmu dan semua tujuan tabungan dan investasimu untuk mencari tahu jika itu berarti memerlukan sebagian besar dari pendapatan bulananmu. Tanyakan pada diri sendiri berapa tahun akan mengatur pensiunmu atau tujuan penting lainnya. Apakah ada tujuan penghematan jangka pendek lain yang lebih mendesak yang ingin kamu capai seperti dana atap baru atau liburan keluarga besar?

Mengetahui dampak penuh dari pengeluaran besar dan hutang dapat mencegahmu dari penyesalan di kemudian hari jika kamu tahu benar-benar tidak mampu untuk pengeluaran besar tersebut.

# Setidaknya Setiap Tahun

Seiring waktu, kamu dapat keluar dari anggaran yang kamu buat. Pengeluaran terlalu banyak dapat menghancurkan tujuan tabungan jangka panjang dan mencegahmu berinvestasi untuk masa pensiun atau tujuan hidup lainnya. Sebaliknya, membelanjakan terlalu sedikit, berarti kamu dapat mempercepat tujuan menabung dan berinvestasi dengan memberikan kontribusi ekstra setiap bulan.

Butuh bertahun-tahun untuk mencapai jumlah tabungan yang besar. Seiring waktu, tujuanmu menabung dapat berubah. Kamu mungkin sudah mulai menabung untuk uang muka di rumah kedua, kemudian menyadari bahwa akan lebih senang dengan mengajak keluarga liburan setiap tahun.

Misalnya, biaya kuliah meroket akhir-akhir ini. Sasaran tabungan perguruan tinggi yang ditetapkan bertahun-tahun lalu mungkin tidak memadai untuk menutupi biaya kuliah hari ini. Pastikan penghematan tahunanmu mencukupi untuk biaya perubahan tujuan keuangan dan tujuan investasimu.

Untuk investasi, kamu harus secara berkala memeriksa investasimu untuk memastikan bahwa investasi tersebut tetap menjadi pilihan terbaik. Banyak investor ingin menjadi lebih konservatif dengan perlahan-lahan beralih ke uang tunai dan obligasi ketika mereka mendekati usia pensiun. Sedangkan investor yang lebih muda mungkin ingin mengambil lebih banyak risiko dan meningkatkan alokasi ekuitas mereka.

Semua investor harus meninjau saham, emas batangan, reksa dana, dan menukar dana yang digunakan untuk portofolio mereka setidaknya setiap tahun untuk memastikan investasi yang telah dipilih tetap sesuai dan tepat. Rasio biaya investasimu dapat merayap naik seiring berjalannya waktu, membuat investasi lain lebih menarik. Manajer reksa dana dapat berubah seiring waktu dan tidak selalu menjadi lebih baik.

Cermati tujuan finansialmu secara berkala ketika peristiwa baru terjadi dalam hidup. Pastikan kamu tetap berada di jalur yang benar untuk menciptakan masa depan finansial yang diinginkan.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Artikel Terkait