Banking, Investasi

4 Tabungan Berjangka Terbaik Buat Si Boros

tabungan berjangka

Ajaib.co.id – Saat ini, tabungan berjangka banyak dilirik oleh masyarakat. Apalagi buat mereka yang boros tetapi ingin menabung. Karena di produk tabungan ini mereka tidak bisa mengambil uang seenaknya. Jadi, bagi kamu yang susah menyimpan uang, produk ini sangat cocok buat kamu yang boros dan sering ‘gatel’ jajan online di luar.

Apa itu Tabungan Berjangka?

Tabungan ini merupakan salah satu jenis simpanan yang menerapkan sistem tenor. Sistem tabungan ini mirip seperti deposito. Hanya saja setoran deposito minimal produk investasi ini sebesar Rp10.000.000. Tabungan ini punya banyak fitur kemudahan. Kamu bisa menabung setiap bulan, mulai kelipatan Rp100.000, tetapi dana yang terkumpul hanya bisa diambil ketika jatuh tempo. Cocok buat si boros, nih.

Fitur lain yang menarik adalah suku bunganya yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Sehingga hasil lebih banyak dan bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Meski demikian kamu harus punya tabungan utama di bank tersebut.

Tabungan Berjangka Terbaik ada di Bank Ini!

Berminat menyimpan uang dengan tabungan berjangka? Kamu bisa mempercayakan uang kamu ke empat bank terpercaya ini. Karena mereka punya tabungan berjangka terbaik. Berikut fitur produk mereka:

1. Tabungan Berjangka BNI

Perusahaan BUMN memiliki tabungan berjangka dengan nama BNI Tapenas. Untuk memiliki tabungan ini, kamu sudah terdaftar menjadi nasabah bank, yaitu punya tabungan BNI Taplus atau sejenisnya.

Kemudahan BNI Tapenas antara lain:

  • Setoran per bulan Rp100.000 – Rp5.000.000, dengan kelipatan Rp50.000. Setoran utama hanya bisa diambil kalau jatuh tempo.
  • Sistem auto debet dari tabungan utama.
  • Bisa melakukan setoran tambahan. Jenis setoran ini bisa diambil sewaktu-waktu.
  • Jangka waktu 2 tahun – 18 tahun.
  • Memperoleh manfaat asuransi jiwa bebas premi.
  • Bunga per tahun cukup menjanjikan, sekitar 4 persen.

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank dengan aset terbesar di Indonesia tak mau ketinggalan. BRI punya tabungan berjangka, Britama Rencana, yang cocok untuk si boros. Kemudahan tabungan rencana ini:

  • Memungkinkan nasabah memiliki tabungan berjangka sekaligus asuransi jiwa dengan premi sesuai keinginan.
  • Uang pertanggungan asuransi jiwa hingga Rp1.000.000.000.
  • Setoran per bulan Rp100.000 – Rp5.000.000 dengan sistem auto debet, kelipatan setoran Rp50.000.
  • Jangka waktu 1 tahun – 20 tahun. Sebelum jatuh tempo, hasil setoran utama tidak bisa diambil.
  • Bunga per tahun 3,25 persen.

3. Tabungan Berjangka Bank Mandiri

Solusi lain untuk si boros adalah Mandiri Tabungan Rencana. Adalah tabungan berjangka dengan setoran bulanan, jangka waktu fleksibel sesuai kebutuhan nasabah, serta fasilitas autodebet. Sehingga nasabah dapat mempersiapkan dan mewujudkan rencana masa depannya. Untuk fitur tabungannya sama seperti bank pemerintah lainnya.

4. Bank Central Asia (BCA)

Tak hanya bank negeri, bank swasta juga punya tabungan berjangka. Salah satunya, BCA dengan Tahapan Berjangka. Seperti tabungan bank-bank lainnya, BCA mengharuskan nasabah memiliki rekening utama untuk proses auto debet. Bedanya, setoran per bulan untuk tabungan ini mulai Rp500.000, dengan kelipatan Rp50.000.

Sebelum membuka rekening tabungan berjangka, pastikan dua hal. Pertama, tentukan setoran bulanan yang tidak memberatkan dan pilih jangka waktu sesuai kebutuhan. Jangan sampai kamu memasang setoran terlalu tinggi dan jangka waktu lama, jika kondisi keuangan tidak memungkinkan.

Kedua, pahami sistem auto debet. Tabungan berjangka akan melakukan pendebetan dari rekening utama, jadi pastikan dana selalu tersedia untuk untuk di debet secara otomatis oleh bank. Jika dana tidak mencukupi:

  • Pihak bank akan mendebet ulang pada bulan berikutnya. Jika gagal, nasabah akan dikenakan denda.
  • Kalau pendebetan gagal 3 kali berturut-turut (saldo rekening tidak mencukupi), tahapan berjangka otomatis ditutup, dan dana akan dikembalikan ke rekening utama.
  • Jika menarik dana atau menutup rekening sebelum jatuh tempo, nasabah akan dikenakan biaya penutupan rekening.

Keuntungan Menabung di Tabungan Berjangka

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memilih tabungan berjangka untuk investasi. Apa saja keuntungan dan alasan kamu harus mulai menabung di tabungan berjangka?

1. Suku Bunga Menguntungkan

Berbeda dengan tabungan biasa, tabungan berjangka memiliki suku bunga yang lebih tinggi. Di mana, setiap bulan bank akan menerapkan angka suku bunga tertinggi, sehingga keuntungan tabungan kamu semakin bertambah seiring waktu. Semakin lama menabung, semakin tinggi juga hasilnya. Rata-rata, suku bunga tabungan ini di beberapa produk bank bisa mencapai 4%-5% per tahun, lebih tinggi dari tabungan konvensional.

2. Melatih Kedisiplinan Menabung

Nah bagi kamu yang susah menabung, kamu bisa memanfaatkan produk investasi ini. Di mana, dengan memilih investasi ini, kamu bisa mendapatkan fasilitas auto debit. Sehingga, bank akan melakukan penarikan dana untuk setoran rutin bulanan. Jadi, tidak ad alasan lagi lupa menyetorkan uang. Selain itu, kamu juga bisa mengatur tanggal penarikan sesuai yang kamu inginkan, misalnya 1 hari setelah tanggal gajian.

3. Dana Tabungan Aman

Dengan menabung di bank, kamu juga tidak perlu khawatir masalah keamanannya. Selain itu, dengan produk tabungan berjangka kamu juga tidak perlu membawa-bawa uang tunai dalam jumlah besar, karena aktivitas auto debit plus teknologi membuat proses menabung bisa dilakukan tanpa meninggalkan rumah, dan bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Bank tepercaya biasanya merupakan peserta program Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Menabung lewat program tabungan berjangka berarti menjaga dana tetap aman. Hal ini berguna untuk mengantisipasi keamanan uang ketika terjadi masalah atau perubahan ekstrem seperti likuidasi. Jika hal ini terjadi, LPS akan menjamin uang kamu kembali.

4. Menabung dengan Setoran Rendah

Untuk membuka tabungan berjangka, kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak uang. Biasanya mulai dari Rp100 ribu hingga Rp500 ribu. Angka ini tentu jauh lebih murah dibanding kamu investasi emas misalnya. Selain itu, setorannya pun ringan dan dapat disesuaikan dengan kemampuan kamu, biasanya mulai dari Rp100 ribu dan kelipatan Rp100ribu. Meski setorannya kecil, jika dilakukan secara rutin dan ditambah suku bunga, hasilnya pun lumayan untuk mempersiapkan masa depanmu.

5. Bisa Mendapat Asuransi

Tabungan berjangka biasanya juga akan menawarkan layanan asuransi, dengan rincian yang berbeda setiap bank. Di mana, asuransi ini akan menawarkan asuransi jiwa untuk peristiwa seperti cacat total tetap atau meninggal dunia. Ada juga yang memberi jaminan untuk meneruskan setoran hingga periode berakhir jika kamu sebagai nasabah tidak bisa meneruskannya karena suatu hal.

Rencanakan keuanganmu dengan tepat dan sesuai kebutuhan. Sesekali boros boleh, tetapi jangan lupa nabung. Nah, bagi kamu yang ingin berharap keuntungan lebih besar dari tabungan berjangka, kamu bisa memilih investasi reksa dana ataupun saham. Di mana, keuntungan dari investasi ini tidak tetap seperti deposito, namun angkanya jauh lebih tinggi mulai dari 5% untuk reksa dana dan 10% untuk saham.

Meski begitu, kamu harus pintar-pintar mengecek kinerja dari perusahaan tersebut dan membaca laporan kinerja perusahaan dengan baik. Nah, untuk memulai invetasi reksa dana ataupun saham, kamu bisa memulainya dengan mudah hanya dengan 1 aplikasi yaitu Ajaib.

Ajaib merupakan platform investasi yang dapat membantu kamu memulai investasi reksa dana dan saham, kapan dan di mana saja secara online. Di Ajaib, kamu juga bisa memulai investasi dengan setoran awal yang murah, yaitu mulai Rp10 ribu untuk investasi reksa dana dan Rp100 ribu untuk investasi saham.

Nah, bukan hanya itu, kamu juga tidak perlu ragu masalah keamanannya, karena Ajaib telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga seluruh dana yang kamu investasikan akan aman dan terjamin. Jadi, investasi apa yang kamu pilih? Apapun investasinya jangan tunggu nanti ya! Mulai sekarang juga dan dapatkan keuntungannya sekarang!

Artikel Terkait