Bisa Investasi, Yuk Kenali 8 Jenis Tabungan Berjangka Ini

jenis-tabungan-berjangka

Tujuan keuangan yang berbeda mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda dalam hal menabung. Ketika kamu berencana untuk menggunakan uang yang kamu tabung dalam waktu dekat, rekening tabungan berjangka pendek dapat membuat kamu mendapatkan bunga, sambil menjaga agar dana itu dapat diakses.

Jika ada tujuan uang yang ingin kamu capai yang memiliki tenggat waktu lebih lama, rekening tabungan berjangka panjang kemungkinan menjadi investasi yang lebih masuk akal.

Apa itu Tabungan Berjangka?

Bagi kamu yang sulit menyimpan uang dan sering ‘gatel’ inging menggunakan uang, kamu bisa mulai menabung dengan produk perbankan bernama tabungan berencana atau tabungan berjangka. Di mana, dengan produk ini, kamu bisa menabung secara rutin melalui penarikan dana otomatis (autodebet) dari rekening tabungan induk tiap bulannya.

Jenis tabungan ini juga memiliki ketentuan jangka waktu atau tenor yang disepakati. Biasanya berkisar antara 1 -20 tahun. Namun, ketika uang yang tersimpan dalam tabungan berjangka diambil sebelum masa jatuh tempo, maka kamu akan dikenakan biaya penalti. Selain itu, tabungan jenis ini menawarkan bunga yang lebih tinggi dibandingkan jenis tabungan biasa. Selain itu,, kamu juga bisa mendapatkan fasilitas perlindungan asuransi jiwa.

Jenis Tabungan Berjangka

Saat kamu sedang mempertimbangkan tempat untuk menabung, jenis tabungan ini akan sangat membantu untuk memahami perbandingan opsi rekening tabungan berjangka.

#1 Deposito

Produk investasi ini adalah salah satu tabungan berjangka yang paling populer. Perbedaan utamanya adalah deposito hanya bisa diambil sesuai dengan jangka yang telah disepakati. Jika kamu memilih satu bulan, maka selama satu bulan tersebut kamu tidak bisa mengambil tabunganmu. Di beberapa bank akan mengenakan biaya penalti jika kamu mengambil danamu sebelum waktu yang ditentukan.

Untuk investasi berjangka ini membutuhkan komitmen dari kamu untuk bisa membiarkan tidak mengambil uang kamu sebelum jatuh waktu yang telah disepakati. Untuk jangka waktu menabung pun bervariasi dan bisa disesuaikan dengan pilihanmu, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, hingga 2 tahun. Semua tergantung lembaga yang kamu gunakan dan jenis deposito yang kamu pilih, ada yang memiliki jangka pendek dan ada juga jangka panjang hingga 20 tahun.

#2 Rekening Pensiun

Menikmati hari tua adalah impian banyak orang. Salah satu jenis tabungan yang populer adalah pembukaan rekening untuk hari tua. Biasanya, pada usia dewasa dan pekerjaan dengan penghasilan tetap, para nasabah akan mulai menabung untuk hari tuanya nanti. Beberapa bank telah menyediakan layanan ini dengan pembayaran auto-debet yakni penagihan otomatis dari rekening tabungan yang sudah ada. Selain tidak terasa, jenis ini sangat bermanfaat!

Rekening pensiun bisa menjadi investasi di masa tua kamu. Walaupun sering disepelekan dan dirasa belum mebutuhkan, kamu harus sudah memulai membuka rekening pensiun untuk menjamin masa depan kamu di hari tua.

#3 Tabungan Pendidikan Kuliah

Jenis tabungan berjangka ini sering diikuti oleh orang tua yang memiliki anak yang tengah duduk di bangku SD sampai SMA. Biaya pendidikan kuliah yang tidak sedikit menjadi alasan untuk mengikuti jenis tabungan berjangka yang satu ini. Dengan biaya bulanan yang rendah dan jangka waktu yang menyesuaikan pendidikan saat ini, jenis tabungan berjangka untuk pendidikan kuliah terasa menenangkan bagi kebanyakan orang tua.

#4 Tabungan Pendidikan Anak

Tabungan berjangka untuk pendidikan masa depan anak juga disediakan oleh bank untuk menjamin kesejateraan ekonomi untuk anak yang duduk di bangku sekolah. Biasanya program ini diikuti sejak anak tersebut masih balita, dan dana-nya bisa ditarik secara berjangka mengikuti usia dan pendidikan anak saat ini. Program ini menjamin anak untuk tetap bersekolah dan memenuhi biayanya selama di sekolah sejak SD sampai lulus SMA.

#5 Tabungan Dana Darurat

Tidak ada orang yang berharap terjadi hal-hal buruk di kehidupannya. Namun, untuk berjaga-jaga, ada baiknya kamu mulai memikirkan untuk menabung tabungan darurat yang bisa kamu cairkan kapan saja ketika kamu membutuhkan dana darurat, misalnya ketika keluarga terserang penyakit, ban bocor, dan sebagainya. Dengan dana darurat inilah kamu bisa melakukan penarikan dana kapan saja, sehingga dapat diandalkan ketika kamu membutuhkan.

Dengan menabung dana darurat, kamu juga bisa terhindar dari utang di tengah jalan. Misalnya saja ketika suatu saat nanti ada hal mendesak seperti keluarga masuk rumah sakit. Jika kamu memiliki dana darurat, kamu bisa menggunakannya tanpa harus melakukan pinjaman atau utang yang justru bisa merugikan.

Selain dengan dana darurat, untuk menjaga kesehatan, kamu juga bisa memanfaatkan asuransi kesehatan. Dengan membayar premi setiap bulannya kamu bisa lebih aman dan nyaman ketika terjadi hal yang tidak diinginkan di suatu hari nanti.

#6 Tabungan Rencana

Setiap orang pasti memiliki rencana dalam hidupnya, misalnya saja rencana untuk jalan-jalan ke luar negeri, rencana untuk umrah atau haji, hingga rencana untuk menikah. Nah, untuk mencapai rencana ini dengan baik dan tanpa hambatan, ada baiknya kamu mulai menyisihkan uang yang kamu miliki dengan mengikuti tabungan rencana. Ada banyak bank yang bisa kamu manfaatkan untuk membuka rekening tabungan ini, misalnya saja Bank Mandiri Tabungan Rencana, Bank CIMB Niaga dengan tabungan mapan, BRITAMA Rencana, BCA dengan tahapan berjangka, dan sebagainya.

Untuk membuka rekening ini pun kamu hanya perlu melakukan setoran awal mulai dari Rp 100 ribu dengan melakukan setoran tetap bulan. Untuk membuka rekening ini kamu bisa mendapatkan suku bunga lebih tinggi dibanding tabungan pada umumnya, biasanya kamu juga akan diberikan manfaat asuransi yang menjamin keamanan kamu selama masa tanggungan.

Di mana, jika suatu hari nanti terjadi hal yang tidak diinginkan, dengana asuransi inilah pihak bank akan membantu kamu meneruskan setoran hingga jangka waktu selesai.

#7 Investasi Reksa Dana

Selain beberapa tabungan di atas, kamu juga bisa mendapatkan dan menyimpan uang yang kamu miliki untuk keperluan masa depan dengan memulai investasi reksa dana. Dengan reksa dana inilah kamu bisa dengan aman menyimpan uang beserta return yang kamu dapatkan. Reksa dana sendiri memiliki beberapa jenis, mulai dari reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan juga reksa dana saham.

Di mana, masing-masing jenisnya memiliki tujuan investasi yang berbeda dan juga return dan risiko yang berbeda juga. Semakin besar return yang ingin kamu dapatkan, semakin besar juga risiko yang mungkin kamu dapatkan. Sedangkan, semakin kecil risiko yang kamu inginkan, maka semakin kecil juga return yang bisa kamu dapatkan.

Jadi, ketika kamu ingin memulai investasi ini, pastikan terlebih dulu kamu mengetahui apa tujuan yang ingin kamu capai, apakah untuk dana darurat, tabungan rencana, umrah, pendidikan, pensiun, dan sebagainya. Setelah itu semua kamu tentukan, kamu bisa lebih mudah menentukan reksa dana mana yang mungkin bisa cocok dengan tujuan investasimu.

Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana online yang dapat membantu kamu memulai investasi kapan dan di mana saja. Selain itu. kamu juga tidak perlu melakukan analisis secara mendalam, karena dana yang kamu simpan akan dikelola dengan baik sesuai tujuan investasimu dengan manajer investasi profesional dan tepercaya. Kamu hanya perlu memilih manajer investasi terbaik dan juga jangan lupa cek portfolio dari manajer investasi tersebut ya. Karena dengan melihat portfolio mereka, kamu bisa dengan mudah mendapatkan return terbaik.

Selain itu, pastikan kamu juga memilih jenis reksa dana sesuai dengan tujuanmu ya. Karena dengan tujuan yang tepat, kamu juga bisa dengan mudah memilih jenis reksa dana yang tepat. Yuk mulai buka rekening reksa dana kamu sekarang juga di Ajaib dan dapatkan return terbaikmu mulai hari ini!

Itu dia beberapa jenis tabungan berjangka yang ada di Indonesia. Selain menyiapkan biaya pendidikan dan hari tua, tabungan berjangka juga mengajarkan kepada nasabah untuk rajin menabung dengan jumlah yang sedikit namun memiliki keuntungan yang banyak. Tabungan berjangka juga menjadi solusi untuk nasabah yang ingin rajin menabung untuk tujuan tertentu.

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menabung? Yuk, sisihkan tabunganmu demi masa pensiunmu nanti. Jangan lupa juga untuk menabung secara rutin ya. Meski sedikit, kamu harus selalu konsisten menyetorkan uangmu. Dengan begitu, kamu bisa menjamin masa depanmu lebih baik lagi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait