Investasi

4 Jenis Investasi yang Menguntungkan Wajib Dimiliki Sejak Muda

4 Jenis Investasi yang Menguntungkan Wajib Dimiliki Sejak Muda

Investasi memberikan hasil terbaiknya dengan pengaruh waktu. Semakin lama jangka waktu kamu menanamkan modal maka semakin baik pula imbal hasil yang kamu dapatkan. Itulah alasannya kamu harus mulai berinvestasi sejak muda dan pandai memilih jenis investasi yang diperlukan.

Bagi generasi muda saat ini, investasi bukan lagi hal yang asing. Banyak yang sudah mendengarnya, membaca mengenai hal ini dan mencari tahu bagaimana melakukannya. Namun belum banyak yang sudah mulai melakukannya. Bagi investor pemula, memang butuh waktu panjang untuk mulai berinvestasi dan berani untuk membeli instrumen investasi.

Sebenarnya, investasi adalah satu-satunya solusi untuk menjaga nilai mata uangmu hingga di masa mendatang. Dengan laju inflasi global yang tak terbendung, penting sekali memilih jenis investasi yang bisa menandingi kenaikan inflasi ini. Namun, ada banyak faktor yang menentukan apakah instrumen tersebut cocok untukmu atau tidak.

Pertimbangan yang penting misalnya saja jangka waktu investasi, besaran modal, tingkat risiko sampai dengan kecenderunganmu terhadap investasi tertentu. Untuk yang lebih suka investasi jangka pendek, mungkin obligasi dan peer to peer lending (P2P Lending) via fintech lending lebih cocok.

Sedangkan yang merasa dana daruratnya sangat aman bisa memilih untuk investasi berisiko tinggi misalnya saham atau trading forex. Beberapa lainnya lebih cenderung pada investasi properti atau berinvestasi emas dengan latar belakangnya masing-masing. Sebenarnya, tidak ada takaran pasti soal jenis investasi apa yang seharusnya kamu miliki.

Namun memang berbagai teori investasi menyebutkan jika sebelum berinvestasi maka wajib memiliki simpanan dana darurat dan asuransi. Namun dengan kemudahan akses investasi saat ini, rasanya kita wajib menyisihkan uang untuk mulai berinvestasi. Saat ini ada banyak sekali program maupun layanan keuangan yang memungkinkan kita berinvestasi dengan dana terjangkau.

Karena itu rasanya tak ada alasan lagi untuk menunda langkahmu berinvestasi. Apalagi di usia yang relatif masih muda, kamu tergolong maish sangat produktif dan belum memiliki terlalu banyak beban keuangan. Kelonggaran ini seharusnya bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi lebih banyak.

Berbeda dari banyak yang dipahami orang, bertambahnya usia tidak berarti kebutuhanmu akan berkurang. Bisa saja kebutuhanmu bertambah misalnya saja untuk pendidikan anak atau biaya cicilan rumah sedangkan sumber penghasilan masih itu-itu saja. Sebelum kamu tiba pada fase itu, pastikan kamu berinvestasi dan mendapatkan imbal hasilnya ketika tiba saatnya nanti.

Jenis Investasi yang Bisa Kamu Miliki, Sesuikan dengan Tujuan Keuangan dan Profil Risikomu

Saat ini sudah banyak jenis investasi yang bisa dipilih untuk jadi sumber pendapatan. Tak hanya beragam, kini juga banyak investasi yang hanya butuh modal awal yang tidak terlalu besar. Hal ini menjadi mungkin dengan hadirnya berbagai start up yang bergerak dalam hal finansial alias fintech.

Layanan baru ini memberikan solusi bagi masyrakat yang selama ini sulit mendapatkan akses keuangan termasuk dalam hal perbankan dan investasi. Oleh karena itu, siapa saja bisa melakukan investasi termasuk bagi kamu yang masih muda. Dengan melakukan investasi sejak muda, kamu bisa menikmati hasilnya saat tua nanti.

Tak ada salahnya juga memiliki jenis investasi yang berbeda dengan tujuannya masing-masing. Misalnya saja memilih jenis investasi yang berjangka panjang seperti saham untuk mengumpulkan dana hari tua dan membeli obligasi untuk tujuan bisa berangkat umroh dalam kurun waktu 3 tahun mendatang.

Dahulu, investasi juga terasa sulit akan akses informasi yang terbatas sehingga pengetahuan untuk melakukannya juga minim. Namun kini, investor bisa memilih jenis investasinya tanpa harus bertanya pada perencana keuangan langsung. Sudah banyak saran, rekomendasi maupun tips yang bisa didapatkan cuma-cuma asal jeli mencarinya.

Nah bagi para anak muda, ada 4 jenis investasi yang wajib dimiliki agar bisa menguntungkan nantinya. Berikut jenis investasi yang menguntungkan tersebut.

1. Investasi Emas

Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang menguntungkan. Selain mudah untuk dicairkan, saat ini investasi emas juga bisa dilakukan dengan modal yang kecil misalnya dengan program menabung emas. Kamu juga bisa membeli emas batangan ukuran kecil seperti 1 gram atau 3 gram untuk menyesuaikan dana yang kamu miliki.

Emas kerap dibeli sebagai aset yang aman karena kenaikannya stabil meskipun tidak mencengangkan. Namun hal ini terbukti salah dengan penguatan harga emas selama awal Maret 2020. Harga emas naik melebihi rekor sebelumnya yang menjadi keuntungan bagi investor emas yang mungkin tidak disangka-sangka.

Kenaikan ini memang dikarenakan banyak sentimen negatif yang muncul namun paling tidak membuktikan jika investasi paling sederhana pun tetap akan memberikan keuntungan. Yang penting kamu siap untuk mencicil sedikit demi sedikit agar bisa tercapai target investasi emas yang diinginkan. 

Bahkan kini untuk mulai investasi emas pun sangat mudah. Kamu bisa membelinya dari beberapa platform seperti Tokopedia, Bukalapak, hingga Pegadaian. Nantinya setelah dirasa cukup, kamu bisa meminta emas tersebut untuk dicetak sesuai kebutuhan.

2. Investasi Reksa Dana

Reksa dana adalah investasi yang belakangan naik daun karena terjangkau. Harganya maupun instrumen keuangannya juga sangat menguntungkan bagi investor pemula. Reksa dana juga memungkinkan adanya diversifikasi investasi sekaligus dengan modal terbatas. Diversifikasi sendiri adalah cara paling dasar untuk mengamankan uangmu dalam berinvetasi.

Kamu bisa berinvestasi reksa dana lewat aplikasi Ajaib untuk pilihan yang meuntungkan dan dijamin aman. Bahkan dana yang dibutuhkan juga sangat terjangkau karena investasi lewat Ajaib hanya butuh modal Rp10.000 saja. Cukup murah bukan?

Selain itu, reksa dana adalah jenis investasi yang mudah karena kamu cukup menyetorkan uang dan nantinya uang tersebut akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman. Manajer investasi juga memiliki tugas untuk memilih jenis reksa dana yang menguntungkan. Dengan begitu, kamu cukup duduk diam sambil menunggu hasilnya.

3. Investasi Saham

Dalam dunia investasi, sudah pasti ada hukum risiko tinggi menghasilkan return atau pengembalian yang tinggi. Begitu pula sebaliknya. Nah, salah satu investasi yang bisa menghasilkan return tinggi ialah investasi saham. Maka dari itu sekarang banyak masyarakat yang terjun untuk mulai melakukan investasi saham tersebut. 

Bagi kamu yang ingin memulai investasi saham, usahakan pilih saham BUMN dan saham-saham blue chip. Pasalnya saham itu pergerakannya lebih stabil sehingga risiko yang dihadapi pun kecil.

Pemerintah juga mengajak masyarakat untuk ajtif berinvestasi dengan program menabung saham. Kini tak perlu jadi kaya raya untuk jadi investor saham, cukup dengan modal Rp100.000 saja dan kamu siap terjun ke pasar modal.

4. Peer to Peer Lending

Peer to peer lending adalah metode memberikan pinjaman uang kepada individu atau bisnis begitu juga sebaliknya dan pendana atau investor memberi pinjaman ke peminjam secara online. Nantinya, kamu sebagai investor akan mendapatkan return atau timbal balik dari usaha yang dimodali itu.

Konsep permodalan ini sebenarnya bukan hal yang baru namun keberadaan aplikasi lending itu membuatmu lebih selektif dan memilih usaha yang akan dimodali. Tak perlu repot merintis usahanya namun akan merasakan hasil manis profitnya.

Yang menarik, timbal balik yang diterima pergerakannya dari waktu ke waktu sangat kompetitif. Bahkan, return yang diterima bisa lebih tinggi dari deposito. Adapun untuk memulainya, kamu cukup menyiapkan dana minimal Rp100.000. 

Itulah beberapa jenis investasi yang bisa dipilih anak muda. Yang perlu diingat ialah, dengan berinvestasi kehidupanmu di masa yang akan datang akan lebih terjamin. Selain itu, kamu bisa menikmati hari tua dengan tenang dan tentram.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera mulai investasi sekarang!

Ajaib merupakan salah satu platform yang mempermudah kamu dalam memulai investasi, sangat cocok digunakan buat kamu yang masih pemula ataupun yang sudah sering berinvestasi. Di Ajaib, kamu akan mendapatkan saran investasi terbaik yang cocok dan sesuai kebutuhanmu. Jadi, segera investasi di Ajaib sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait