Pensiun

Menyadari Pentingnya Peran Dana Pensiun Bersama Ajaib

Kesadaran masyarakat Indonesia mengenai peran vital dana pensiun di hari tua nanti masih sangat minim. Dapat dilihat dari hasil survei yang dilakukan oleh HSBC di awal tahun 2019 yang bertajuk Future of Retirement, Bridging the Gap. Survei ini menunjukan bahwa 68 persen dari 1.050 responden menginginkan masa tua yang aman secara finansial tapi hanya 30 persen yang telah berinvestasi untuk merealisasikan keinginan tersebut.

Minimnya persiapan pengelolaan dana pensiun sedari dini membuat banyak orang Indonesia yang masih berpikir untuk mencari uang di usia senja. Hal yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah banyaknya orang yang berpikir untuk menerima pemasukan dari anak-anaknya di masa tua nanti. Artinya, pola pikir masyarakat Indonesia belum terbentuk untuk dapat menikmati kebebasan finansial dan menikmati hidup di hari tua dengan usaha sendiri yang ditanam sedari dini.

Melihat kesadaran masyarakat Indonesia yang masih minim dalam mempersiapkan masa pensiun yang sejahtera, bisa jadi kamu juga merupakan salah satu orang yang belum menyadari peran penting dana pensiun. Tentunya banyak pertanyaan-pertanyaan terkait dana pensiun yang belum terjawab di benakmu sehingga semakin memberatkan langkahmu dalam mengambil tindakan.

Mari kita bahas satu persatu pertanyaan-pertanyaan utama terkait dana pensiun.

Mengapa Mengoptimalkan Peran Dana Pensiun Sedari Dini?

Menunda persiapan dana pensiun membuat perencanaan keamanan masa depan menjadi lebih tidak pasti. Menurut survei dari GoBear Financial Health Index (FHI) di tahun 2019, kebanyakan orang Indonesia baru memikirkan uang pensiun ketika menginjak usia 40 tahun. Sedangkan di pertengahan umur 30an, jarang sekali ada yang mengambil tindakan untuk mempersiapkan dana pensiun.

Di usia muda, hal paling berharga yang kamu miliki adalah waktu. Artinya, kamu masih memiliki banyak waktu dan tenaga untuk memaksimalkan kemampuanmu dan mendatangkan keuntungan sebanyak-banyaknya selagi kamu muda. Ketika kamu mulai berinvestasi di usia muda maka semakin besar keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika kamu memasuki usia pensiun nanti. Dalam dunia investasi, semakin lama sebuah aset kamu investasikan maka nilainya akan semakin berlipat ganda, hal ini dikenal juga dengan compounding effect.

Efek compounding dikenal juga dengan istilah ‘bunga berbunga’Istilah ini memang lebih awam terdengar dalam dunia investasi. Secara sederhana, efek compounding adalah kemampuan sebuah aset untuk menghasilkan keuntungan ketika diinvestasikan, keuntungan ini bahkan dapat memberikan kamu keuntungan yang lebih besar lagi ketika diinvestasikan kembali.

Mari simulasikan dengan rumus matematika dasar. Jika di umur 45 tahun kamu berinvestasi sebesar Rp6.000.000 dengan jumlah return atau keuntungan saham sebesar 7% setiap tahunnya, keuntungan yang kamu dapatkan di usia pensiun yakni 65 tahun adalah sebesar Rp263.191.061.

Tapi jika kamu mulai berinvestasi di umur 35 tahun, keuntunganmu di umur 65 tahun sebesar Rp606.438.248. Bayangkan jika kamu berinvestasi di umur 25 tahun, dana pensiun yang akan kamu miliki di umur 65 tahun mencapai Rp1.281.657.419!

Dari simulasi di atas, jelas terlihat bahwa dengan telat berinvestasi 10 tahun untuk persiapan dana pensiun akan membuatmu merugi sebesar Rp675.219.171‬. Jumlah yang tidak sedikit kan! Inilah kenapa persiapan dana untuk masa pensiun sebaiknya dilakukan dengan berinvestasi dibandingkan menabung karena kamu akan mendapat keuntungan yang lebih besar dari efek compounding.

Kenapa harus mempersiapkan dana pensiun dengan berinvestasi? Sebab tabunganmu rentan terhadap inflasi. Jika nanti suku bunga di tabunganmu lebih rendah dari tingkat inflasi, nilai uang di tabungan tersebut akan mengalami penurunan. Hal ini berarti kamu kehilangan sejumlah uang di tabunganmu karena naiknya tingkat inflasi setiap tahunnya akan terus memangkas nilai uang yang kamu miliki hari ini. Dengan kata lain, bisa saja Rp100.000 yang kamu miliki hari ini akan senilai dengan Rp50.000 ketika kamu pensiun nanti.

Ditambah lagi, saat ini masih jarang ada lembaga perbankan yang mampu menawarkan suku bunga lebih tinggi dari tingkat inflasi.

Bukankah Bisa Mengandalkan Anak-anak Nanti?

Seperti yang telah dibahas di atas, banyak masyarakat Indonesia yang masih berharap dapat mendapatkan pemasukan finansial dari anak-anak mereka ketika memasuki usia tidak produktif nanti. Apakah kamu salah satunya? Hmm.. jangan sampai deh. Kenapa? Memasuki masa pensiun berarti kamu memiliki peluang untuk melakukan banyak hal yang sebelumnya tidak sempat kamu lakukan karena padatnya tuntutan pekerjaan.

Mari belajar dari warga negara Denmark. Sebagai salah satu negara dengan sistem pensiun terbaik di dunia, banyak warganya merencakan retirement tourism sebagai aktivitas untuk dinikmati di hari senja. Ini adalah perjalanan wisata panjang yang memungkinkan penikmatnya mengunjungi banyak negara dalam satu perjalanan. Biaya untuk menikmati perjalanan ini tentu saja tidak murah, namun hal ini bukanlah masalah bagi mereka yang sudah merencanakan dengan baik persiapan pensiun nanti.

Rencana apapun yang kamu idamkan untuk mengisi hari senja yang pasti kamu akan memasuki usia yang sudah tidak produktif lagi, tentunya tanpa pendapatan bulanan seperti sekarang. Bergantung kepada anak-anakmu hanya akan memberatkan kehidupan mereka yang juga memiliki kebutuhan bulanan untuk dipenuhi. Selain itu, ketergantungan finansial di hari senja hanya akan membatasi gerak langkahmu untuk menikmati masa tua dengan tenang.

Mengapa Mempersiapkan Dana Pensiun Bersama Ajaib?

Menyadari pemahaman terbatas masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan persiapan dana pensiun, Ajaib mempersiapkan investasi bertujuan khusus yang spesifik mengatur skema investasimu untuk persiapan dana pensiun.

Investasi bertujuan dana pensiun di Ajaib ini akan meminimalisir kerugianmu karena menggunakan sistem diversifikasi yang menyebarkan danamu di lebih dari satu portofolio investasi. Selain itu, kamu tidak perlu bingung dalam menentukan setoran bulanan atau capaian angka yang harus kamu penuhi untuk dapat mempersiapkan dana pensiun yang sesuai bagimu. Ajaib akan melakukan kalkulasi dana pensiun yang harus kamu capai berdasarkan umurmu sekarang dan jumlah simpananmu saat ini. Di samping itu semua, berinvestasi di Ajaib bebas biaya transaksi dan tanpa biaya administrasi.

Lantas bagaimana rincian kalkulasi persiapan dana pensiun bersama Ajaib?

Pertama-tama, kamu harus memasukkan data-data yang dibutuhkan, antara lain:

  • Usia kamu saat ini
  • Usia yang kamu targetkan untuk pensiun
  • Pengeluaran bulanan saat ini
  • Jumlah simpanan saat ini

Lalu, dengan mempertimbangkan aspek seperti angka harapan hidup di Indonesia, pertumbuhan tingkat inflasi di Indonesia, peningkatan pengeluaran bulananmu, dan return tahunan dari investasimu, maka Ajaib akan merekomendasikan jumlah target dana pensiunmu, kebutuhan bulanan di usia pensiun nanti, dan jumlah yang disarankan untuk diinvestasikan setiap tahunnya.

Di dalam aplikasi Ajaib, tampilan investasi bertujuan dana pensiun akan terlihat seperti berikut:

Investor perlu mengisi beberapa pertanyaan dasar ketika baru pertama kali berinvestasi untuk persiapan dana pensiun di Ajaib

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, di awal tahap investasi perencanaan dana pensiun, kamu perlu mengisi beberapa data yang akan dibutuhkan untuk menghitung kebutuhan dana pensiun kamu.

tampilan investasi dana pensiun di Ajaib

Jika sudah terisi dengan benar, Ajaib akan memberikan rekomendasi jumlah dana pensiun yang harus kamu capai. Selain itu, akan ada jumlah investasi bulanan yang disarankan oleh para ahli di Ajaib. Tenang saja, Ajaib juga akan memberikan rincian reksa dana pilihan berikut jumlah return tahunannya agar kamu memahami ke mana uangmu diinvestasikan.

Mudah dipahami, kan?

Masih bingung atau belum yakin mengenai peran penting persiapan dana pensiun untuk masa depan yang sejahtera? Ajaib siap membantu kamu, cukup dengan hubungi [email protected] saja.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait