5 Langkah Tetap Bugar Finansial, Jangan Sampai Lesu

Bugar Finansial

Ketika kamu masih muda, memeriksa status keuangan mungkin tampak seperti sesuatu yang bisa ditunda. Tetapi secara rutin memeriksa status keuangan kamu, bisa menguntungkan dan mengetahui posisi keuanganmu saat ini, apakah bugar atau lesu finansial.

Berikut langkah-langkah yang perlu dipertimbangkan untuk tetap bugar secara finansial:

Pahami Aset dan Kewajiban Kamu

Aset yang kamu miliki dan utang atau liabilitas yang kamu miliki menentukan nilai bersih kamu. Aset dapat mencakup uang tunai, tabungan, saham, obligasi, rekening pensiun, real estate, dan apa pun yang berharga seperti mobil atau barang koleksi. Kewajiban mungkin termasuk hipotek, pinjaman mobil, tagihan yang jatuh tempo dan utang kartu kredit.

Pertimbangkan menghitung kekayaan bersih kamu setiap tahun dengan menambahkan nilai semua aset yang kamu miliki dan cobalah mengurangi kewajibanmu. Ini dapat membantu kamu mengawasi keseluruhan gambaran keuanganmu saat ini.

Nilai Tujuan Kamu

Sekali setahun, pikirkan tentang tujuan jangka pendek, menengah dan panjang kamu. Apakah masing-masing masih relevan? Berapa biayanya? Apakah kamu berada di jalur yang tepat agar tujuanmu tercapai? Beberapa tujuan jangka panjang, seperti bepergian dalam masa pensiun, mungkin tidak berubah secara substansial dari tahun ke tahun.

Tujuan jangka pendek, seperti melunasi tagihan kartu kredit, dan tujuan jangka menengah, termasuk menabung untuk rumah, dapat berubah lebih sering. Kamu mungkin memutuskan untuk mengevaluasi kembali hal itu setiap tiga hingga enam bulan.

Periksa Laporan Kredit Kamu

Laporan kredit kamu berisi informasi tentang status akun kredit dan riwayat pembayaran tagihan. Skor kredit yang baik sangat penting untuk memenuhi syarat untuk pinjaman pada tingkat terbaik. Cobalah memerika setidaknya sekali dalam setahun untuk memastikan kebenaran laporan kreditmu.

Beri Nama Penerima Manfaat Kamu

Ketika kamu membuka rekening pensiun atau membeli polis asuransi, kamu mungkin akan diminta untuk menyebutkan nama penerima bantuan, atau orang yang akan mengambil dari rekening jika terjadi kematian yang menimpamu. Pernikahan, kelahiran anak-anak, perceraian, dan kematian dapat memengaruhi pilihan kamu.

Biasanya pasanganmu adalah ahli waris otomatis, tetapi kamu juga mungkin ingin menunjuk anak-anak atau orang lain. Meskipun penunjukan kemungkinan tidak akan sering berubah, itu masih merupakan ide yang baik untuk memeriksa pemilihan kamu setiap tahun untuk memastikan mereka masih sesuai.

Periksa Apakah Investasi dan Tujuan Kamu Selaras

Kemungkinan investasi kamu, apakah dalam program pensiun atau rekening broker yang terkena pajak terdiri dari reksa dana yang menyimpan berbagai jenis investasi. Pertimbangkan memeriksa triwulanan, Januari, April, Juli, dan Oktober, untuk memastikan pilihan kamu sesuai dengan usia dan sasaran keuangan kamu.

Coba periksa apakah uang yang telah kamu investasikan sesuai dengan tujuan yang kamu miliki. Jika kamu belum menentukan pilihan saat berinvestasi, maka buatlah tujuan sebelum tujuanmu jadi kacau.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait