5 Kiat Keuangan Pernikahan Impian, Jangan Sampai Berutang!

Kiat Keuangan Pernikahan

Mereka mengatakan uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Tapi ketika hari pernikahan sudah dekat, masalah keuangan juga menentukan masa depanmu dan gelaran hajatmu. Untuk bersiap memulai pernikahan, inilah kiat keuangan yang dirancang untuk bisa membantumu dan pasangan menjalani pernikahan dengan hati yang tenang dan senang.

Kenali Keuangan Diri dan Pasangan

Banyak pasangan mungkin senang berbicara tentang uang sebelum menikah, tetapi mengetahuinya secara dangkal bisa sangat merugikan. Kesalahan masa lalu dapat memengaruhi masa depan kamu bersama. Kenali keuangan masing-masing, seperti jumlah kartu kredit yang kamu miliki dan bagaimana kamu membelanjakan uang kamu, termasuk hal-hal seperti apa yang kamu dapatkan, sebelum kamu menjalani pernikahan.

Memperoleh pemahaman tentang pengeluaran belanja dan ikhtisar keuangan pasangan, akan membantumu membuat keputusan tentang cara mengeluarkan uang setelah menikah.

Pahami Utang Pasangan Kamu

Ketahui seperti apa yang menjadi beban finansial terbesar pasangan kamu. Salah satunya adalah utang yang dimiliki pasangan. Jika perlu, kamu dapat bekerja sama untuk mendapatkan uang untuk membayar utang tersebut bersama-sama.

Sebelum itu terjadi, pisahkan keuangan kamu. Misalnya, hindari menggunakan rekening joint atau rekening bersama. Alasannya, agar poin riwayat kreditmu dan pasanganmu tidak tercampur. Lebih baik tetap menggunakan rekening tabungan berbeda namun tetap bersama melunasi utang itu bersama-sama.

Menabung untuk Pernikahan dan Lainnya

Setelah kamu mengumumkan pertunangan, buka rekening tabungan yang diperuntukkan bagi tujuan keuangan dan pengeluaran kamu di masa depan. Secara umum, banyak pakar yang setuju untuk mengumpulkan penghasilan setidaknya 10% dari penghasilan masing-masing pasangan. Jika menabung untuk pernikahan, kamu mungkin mempertimbangkan untuk meningkatkan jumlah yang diperlukan. Kamu dapat terus berkontribusi pada tabungan pribadi milikmu sambil tetap menyisihkan uang untuk hari besar (hari pernikahanmu).

Bagaimana pun jika kamu akan mendapatkan bantuan untuk membayar pernikahan dari keluarga, kamu masih perlu menyisihkan uang dari rekening tabungan pernikahan. Misal, untuk keperluan bulan madu atau uang muka rumah baru yang akan kamu tempati bersama pasangan.

Buat Anggaran untuk Kamu Berdua

Kumpulkan semua tagihan dan dokumen, lalu lengkapi semuanya di atas meja. Hitung berapa banyak kamu akan membayar utang setiap bulan, berapa banyak jumlah yang akan kamu terima. Jangan lupa pertimbangkan biaya pernikahan atau bulan madu. Selain itu, sangat membantu untuk menetapkan batas pengeluaran.

Sebelum semua berkata ‘sah’, sepakati jumlah batas uang untuk kebutuhan pribadi dari masing-masing, tanpa harus meminta izin setiap kali akan menggunakan uang. Harus ada batas maksimal pengeluaran per bulan yang sudah disepakati saat membuat anggaran bersama.

Tentukan Siapa yang Mengatur Apa

Ketika membahas kiat dalam mengendalikan keuangan pernikahan, cukup bagus jika pasangan memiliki perannya masing-masing. Sebagai contoh, pasanganmu akan mengatur keuangan harian atau mingguan. Sedangkan kamu akan mengelola keuangan jangka panjang, seperti membuat perencanaan pensiun dengan investasi.

Memilih investasi yang tepat untuk perencanaan hari tua bisa kamu percayakan ke platform investasi reksa dana, AJAIB, yang telah dilindungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, hari tuamu bisa aman dan terjamin. Jadi sudah siapkah kamu memulai pernikahan dan mulai berinvestasi?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait